Tips Memilih dan Merawat Pompa Air untuk Rumah Anda

Tips Memilih dan Merawat Pompa Air untuk Rumah Anda

Kebutuhan air bersih di rumah keberadaannya sangat tergantung dengan bagaimana kualitas pompa air. Minimal dibutuhkan satu buah pompa air untuk mendistribusikan air dari sumbernya ke penampungan air di rumah atau langsung menuju saluran penyaluran air yang tersedia. Mungkin tidak semua perumahan membutuhkan pompa air.

Ada yang memakai PDAM dalam mencukupi kebutuhan air bersih. Namun bilamana Anda memanfaatkan pompa air dalam menyediakan stok air bersih di rumah, mungkin ulasan ini berguna.

Sekarang banyak pompa air yang beredar di pasaran. Pompa air hadir dalam pelbagai merek dan tipe juga kemasan. Ada yang model Jepang, Eropa, Korea, China, maupun produksi dalam negeri. Dalam memilih pompa air air tersebut sejatinya tidaklah sulit. 

Asalkan Anda tahu dan mengerti serta memiliki informasi yang kuat sebelum memutuskan untuk membeli. Jika Anda tak memiliki informasi yang kuat, jangankan Anda, penjual pun juga akan bingung. Mereka akan sulit memutuskan pompa air apa yang cocok buat rumah Anda.

Tip Memilih Pompa Air - Kedalaman Air

Pertama-tama ukurlah kedalaman air yang akan dipasang sebuah pompa air. Ingat kedalaman permukaan air dari permukaan tanah bukan kedalaman air sumur. Seringkali konsumen salah dalam informasi seperti ini. 

Pipa pompa air bahkan dapat dibenamkan hingga 30 meter meskipun kedalaman sumur hanya 3 meter. Langkahnya sangat mudah. Gunakan paku dengan benang. Jangan lupa untuk menambahkan 1-2 meter pada musim penghujan. Jika musim kemarau pengukuran biasa dapat dilakukan.

Tip Memilih Pompa Air - Jenis Pompa

Jenis-jenis pompa air yang akan digunakan sangat penting untuk diketahui. Mengapa? Sebab jenis pompa air akan memiliki tipe yang berbeda sesuai dengan kedalamannya. Apabila kedalaman air kurang dari 7 meter menggunakan pompa air sedang. Jika kedalaman air antara 7-9 meter, menggunakan pompa air yang berjenis jet pump. 

Tip Memilih Pompa Air - Voltase

Tiap rumah memiliki voltase atau daya listrik yang berbeda-beda. Sesuaikan dengan daya kekuatan listrik rumah Anda. Jangan sampai melebihi muatan. Sering bukan ketika pompa air hidup dan televisi nyala atau mesin cuci bekerja tiba-tiba listrik padam karena kelebihan muatan? Sesuaikan daya listrik pompa air sesuai dengan kemampuan listrik rumah Anda.

Tip Memilih Pompa Air - Spesifikasi Pompa

Alangkah baiknya Anda menyesuaikan daya hisap pompa air dengan kedalaman air. Standar yang diberlakukan oleh produsen pompa air biasanya adalah kedalaman permukaan air maksimal. 

Daya hisap maksimal belum tentu akan menghasilkan tenaga yang optimal. Bisa saja Anda hanya mendapatkan 1 liter hanya dalam 1 jam. Sangat tidak efisien bukan? Misalnya saja informasi dari produsen daya hisap untuk jet pump adalah 11 meter di kedalaman 7- 9 meter.

Tip Memilih Pompa Air - Daya Listrik

Daya listrik besar belum tentu akan menghasilkan tenaga besar atau dapat mengisap lebih lama dan kuat. Pompa air sumur dangkal biasanya akan berdaya 125 hingga 200 watt, sedangkan semi jet pump akan berdaya 100 hingga 250 watt. 

Misalkan pompa air yang berdaya 200 watt volume air yang akan dikeluarkan per jam akan jauh lebih maksimal daripada 125 watt. Namun akan sangat berbeda dengan pompa air bertipe jet pump. Pompa air yang berdaya listrik besar akan memiliki kekuatan hisap yang besar pula.

Tip Memilih Pompa Air - Tinggi Tower

Daya dorong air akan sangat dipengaruhi oleh kedalaman daya hisap pompa air. Semakin pendek jarak daya hisap, maka akan semakin jauh atau lama daya dorongnya. Dengan demikian, Anda harus menempatkan pompa air pada sumur yang serendah mungkin.

Tip Memilih Pompa Air - Pemutus Arus

Pilihlah pompa air yang memiliki fitur thermal protector atau circuit breaker. Fungsinya pompa air tersebut nantinya akan dapat memutus aliran listrik secara otomatis apabila beban berlebih. Sehingga pompa air akan otomatis mati jika terlampau panas dan tidak akan terbakar.

Tip Memilih Pompa Air - Debit

Setidaknya Anda harus menghitung seberapa besar debit air yang dibutuhkan setiap hari. Ini akan berguna sebagai patokan hidupnya pompa air di rumah. Pastinya Anda tak ingin pompa air tersebut akan hidup sepanjang hari bukan?

Pastikan label spesifikasi untuk melihat kapasitas air. Pilih pompa air yang memiliki kapasitas besar sehingga mampu menyedot air lebih banyak dan dapat diisikan ke toran lebih cepat. Imbasnya, listrik menjadi hemat.

Tip Memilih Pompa Air - Suara

Pilihlah pompa air yang minim mengeluarkan suara atau setidaknya carilah pompa air yang mengeluarkan suara halus. Tes dahulu pompa air tersebut sebelum Anda beli. Apabila suara yang terdengar kasar atau telinga Anda menangkap suatu kejanggalan, bisa jadi pompa air tersebut rusak atau bekas terpakai.

Tip Memilih Pompa Air - Biaya

Faktor ini yang paling penting. Pastikan estimasi biaya Anda yang disediakan untuk membeli pompa air. Biasanya perbedaan yang mencolok pada pompa air terletak pada usia pompa air (panjang pendek), kualitas bahannya, kualitas lilitan motor, serta layanan purna jual. Belilah pompa air dari merek terpercaya dan melayani layanan purna jual. Dan pastikan bergaransi baik itu service maupun spare part.

Perawatan Pompa Air

Ada harga ada rupa. Itu juga berlaku pada sebuah pompa air. Pompa air yang mahal akan cenderung memiliki kualitas dan ketahan yang maksimal. Jika murah, maka kualitas serta ketahanannya patut dipertanyakan. Namun pompa air yang mahal jika tidak dirawat dengan baik akan cepat rusak pula. Bagaimana merawat sebuah pompa air agar awet dan tahan lama?

Tip Merawat Pompa Air - Steker

Umumnya di sebuah steker yang menghubungkan listrik ke pompa air akan dibebani banyak stop kontak. Hindari kebiasaan tersebut. Mengapa? Hal ini akan menimbulkan panas berlebih pada steker. Usahakan satu steker hanya ditancapkan satu stop kontak saja, yakni stop kontak pompa air. Jika tidak maka akan timbul panas yang memicu kebakaran.

Tip Merawat Pompa Air - Pengoperasian

Jangan biarkan pompa air Anda kering. Pastikan selalu basah. Pendek kata, hindari penggunaan pompa air dalam kondisi tanpa air maupun kering. Apabila aktivitas ini kerap dilakukan maka dapat memperpendek usia pompa air. Dampaknya, maka akan dapat merusak motor.

Tip Merawat Pompa Air - Biarkan Terbuka

Terkadang pengguna pompa air kerap menutupi mesin pompa tersebut dengan sesuatu, misalkan saja dengan kain atau menutupinya dengan kayu (triplek) dan sebagainya. Hindari cara tersebut sebab dapat menimbulkan resiko kebakaran. Jika beban pompa berlebih atau api tersulut dari steker yang kelebihan muatan stop kontak, maka dapat membakar pembungkus atau selimut pompa air.

Tip Merawat Pompa Air - Perlindungan

Jangan menempatkan pompa air di wilayah terbuka yang langsung bersentuhan dengan sinar matahari atau percikan hujan. Namun jangan ditutupi atau dibungkus, ingat poin di atas. Letakkan pompa air di lokasi yang teduh. Hindarkan dari hujan dan sinar matahari. Sebab apabila itu terjadi dapat mengurangi umur pompa serta unsur kejutan listrik.

Tip Merawat Pompa Air - Filter

Terkadang tidak semua sumur itu bersih. Ada pula sumur yang kerap mudah terisi kotoran atau pasir. Pada pipa yang dipasang alangkah lebih baiknya diberi sebuah filter atau penyaring. Fungsinya jelas, untuk menyaring segala kotoran tersebut sebelum masuk ke pompa air. Jika kotoran (pasir) ini dihisap oleh pompa, maka akan menyebabkan kerusakan mesin pompa air.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama