Ingin Membeli Pompa Air Panasonic? Cari Tahu Dulu Informasinya

Ingin Membeli Pompa Air Panasonic? Cari Tahu Dulu Informasinya

Ada banyak pilihan pompa air. Salah satunya adalah pompa air Panasonic. Lantas, berapa harga pompa air?

Sebelum membahas lebih jauh soal pompa air Panasonic, tak ada salahnya mencari tahu apa itu pompa air. Adapun penjelasan selengkapnya terkait pompa air adalah sebagai berikut.

Pengertian Pompa Air

Apa itu pompa air? Pompa air merupakan alat yang berperan penting dalam proses pengolahan air. Fungsi pompa air adalah mendistribusikan air, dari sumber air ke tempat pengolahan air. Setelah itu, pompa air menyalurkan air ke konsumen.

Perlu diketahui, ada beragam pompa air. Bukan hanya pompa air Panasonic, melainkan ada juga pompa air lainnya. Jenis-jenis pompa air terbagi berdasarkan kegunaannya. Namun kali ini tak ada salahnya untuk mengenal jenis air berdasarkan tenaga penggeraknya.

Lantas, apa saja jenis pompa air berdasarkan tenaga penggeraknya? Adapun penjelasan selengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Pompa Air Manual

Salah satu jenis pompa air manual yang terkenal adalah pompa air dragon. Pompa air dragon ini merek yang sangat terkenal pada 70-an. Jenis pompa air ini digunakan di daerah-daerah yang belum terjangkau listrik.

Bagi warga yang mempunyai sumur, pompa berguna untuk menggantikan cara tradisional, yakni menimba air dari sumur. Sesuai dengan namanya, pompa air manual ini bekerja secara manual.

Cara kerjanya, ketika tuas pompa ditarik ke atas maka piston bergerak ke bawah ke dasar ruangan pompa. Kemudian air yang terdapat di dalam pompa akan masuk ruangan di atas pinton melalui klep.

Lalu, jika tuas pompa didorong ke bawah maka piston bergerak naik bersamaan dengan tertutupnya klep piston. Hal ini membuat air yang ada di atas piston ikut terdorong ke atas. Dan akhirnya air tersebut keluar melalui corong pompa. Pada saat yang bersamaan, piston menyedot air dari sumur dan air memasuki ruangan di bawah piston melalui klep di dasar pompa yang terbuka saat piston bergerak ke atas.

2. Pompa Listrik

Seiring berjalannya waktu, aliran listrik sudah banyak masuk ke daerah-daerah. Hal ini juga berimbas pada perkembangan pompa air. Pompa air tenaga listrik menjadi pilihan menggantikan pompa air manual.

Saat ini, sudah cukup banyak merek pompa air yang beredar dengan teknologi beragam. Namun, teknologi yang terkenal adalah Centrifugal Pumps. Apa itu centrifugal pumps?

Centrifugal Pumps merupakan pompa air yang bekerja berdasarkan daya centrifugal yang dihasilkan oleh kipas yang diputar oleh motor listrik. Hal ini dikarenakan, daya centrifugal akan menyedot air dari sumur dan air akan terdorong keluar secara kontinyu.

3. Pompa Air Bensin atau Solar

Pompa air jenis bensin atau solar merupakan pompa air yang menggunakan motor berbahan bakar solar atau bensin. Cara kerja pompa air bensin atau solar hampir sama dengan pompa air listrik. Perbedaannya hanya pada motor penggerak kipas yang menggunakan bahan bakar solar atau bensin.

Umumnya, pompa air jenis ini dipakai untuk memompa air dengan volume debit yang besar. Hal ini terlihat dari besaran ukuran selang atau pipa dengan diamater yang cukup besar.

4. Pompa Air Celup

Sesuai dengan namanya, pompa air listrik ini cara penggunaannya adalah dicelupkan ke dalam air. Umumnya pompa ini dipakai di dalam aquarium untuk mengalirkan ke tempat penyaringan air, agar air aquarium terjaga kejernihannya.

Cara kerja pompa air ini sama dengan pompa air listrik pada umumnya. Dengan kata lain, memanfaatkan gaya sentrifugal dari perputaran kipas impeller mendorong air ke atas.

Itu dia beberapa jenis pompa air. Sebenarnya, masih banyak lagi jenis pompa air berdasarkan tenaga penggeraknya. Seperti halnya pompa air tenaga angin dan pompa air tenaga surga, dan masih banyak lagi.

Lantas, bagaimana cara memilih pompa air yang benar? Usahakan memilih pompa air yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Adapun tipsnya adalah sebagai berikut.

Tips Memilih Pompa Air

Langkah pertama adalah ketahui terlebih dahulu sumber airnya, apakah dari sumur bor, sumur gali, penampungan air, atau sumber lainnya. Setelah itu, ukur berapa tinggi permukaan air dengan pompa.

Perkirakan berapa jarak antara pompa ke permukaan air. Selain itu, juga jangan lupa perkirakan waktu musim hujan atau musim kemarau. Pada saat musim hujan permukaan air naik, hati-hati penempatan pompa jangan sampai terendam air. Sebaliknya, jika musim hujan air akan surut, jarak pompa menjauh.

Poin penting lainnya adalah perhatikan juga daya hisap dan daya dorong pompa. Kemudian juga perhatikan daya listrik. Usahakan memilih daya listrik pompa air yang lebih rendah agar hemat.

Hal lain yang tak luput dari perhatian adalah soal kualitas dan harga. Kualitas pompa air ditentukan oleh penggunaan bahan. Bahan yang anti karat, seperti halnya stainless steel.

Dan biasanya, bahan mempengaruhi harga pompa tersebut. Untuk pompa air Panasonic sendiri harganya sedang, tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi.

Lantas, apakah tertarik untuk membeli pompa air Panasonic? Tak ada salahnya mengintip harganya terlebih dahulu.

Harga Pompa Air Merk Panasonic

Pompa air merk Panasonic beragam, bergantung pada jenisnya. Misalnya untuk pompa air dangkal Panasonic GP-129 JXK dijual seharga 380 ribu rupiah. Kemudian pompa air Panasonic GA-200 JAK dijual seharga 800 ribu rupiah.

Kemudian, harga pompa air auto dan non auto juga berbeda. Untuk Panasonic GP129-JXK non-auto dijual seharga 300 ribu rupiah. Lalu untuk Panasonic GP-200 JXK non-auto seharga 530 ribu rupiah. Sementara itu, untuk Panasonic GA130 JAK auto dijual seharga 430 ribu rupiah.

Atau mungkin Anda lebih memilih pompa air Panasonic Jet Pump. Panasonic GN-130H dijual seharga 1.3 juta rupiah. Kemudian untuk Panasonic GN-205 HX dijual seharga 1.5 juta rupiah. Lalu untuk Panasonic GF-205HCX dijual seharga 2.3 juta rupiah. Dan untuk Panasonic GF-255 HCX dijual seharga 3.1 juta rupiah.

Jadi, pompa air Panasonic mana yang Anda pilih? Usahakan memilih pompa air yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, juga pertimbangkan dengan kemampuan membeli.

Karena perlu disadari bahwa pengeluaran bukan hanya pada saat membeli pompa air, melainkan juga untuk daya listrik dan perawatannya. Iya, Anda harus rajin melakukan perawatan, agar pompa awet atau tahan lama.

Dan sebaiknya, jika ingin membeli pompa air pahami dulu spesifikasinya, agar tak salah pilih. Setelah itu, usahakan menggunakan jasa pasang pompa air yang memang mengerti benar bongkar pasang pompa air. Tujuannya tidak lain, untuk memastikan bahwa pemasangan pompa air sudah benar.

Jadi kesimpulannya, dari segi kualitas pompa air Panasonic tidak diragukan lagi. Selain itu, dari segi harga masih terjangkau. Tak heran, jika banyak orang yang memilih pompa air Panasonic.

Itu dia ulasan singkat seputar pompa air Panasonic. Mulai dari pengertian pompa air, jenis-jenis pompa air, sampai dengan harga pompa air. Semoga ulasan yang disajikan bermanfaat bagi para pembaca.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama