Tips Mudah Berhijab Cantik

Tips Mudah Berhijab Cantik

Setiap muslimah tentunya berkewajiban untuk menutup seluruh auratnya. Termasuk rambutnya. Rambut merupakan mahkota setiap manusia. Karena rambut itulah raut wajah seseorang tampak lebih cantik atau tidak. 

Oleh karena itu, sangat wajar jika banyak wanita muslimah yang enggan mengenakan penutup kepala, sekalipun mereka sudah mengetahui bahwa menutup rambut merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan. Keengganan tersebut dapat disebabkan karena ketidaktahuannya tentang cara berhijab cantik.

Sekarang, seiring dengan semakin majunya dunia fashion dan semakin maraknya model dan cara berhijab cantik, semakin banyak wanita muslimah  yang mengenakan hijab untuk menutup auratnya. 

Jika pada zaman dahulu setiap karyawati maupun pegawai negeri dilarang mengenakan hijab, maka sekarang peraturan tersebut tidak berlaku lagi.

Sekarang, baik pada instansi pemerintah maupun swasta mengenakan hijab  sudah menjadi hal yang biasa. Bahkan karyawati yang mengenakan hijab tampak lebih cantik dan anggun. 

Pada zaman dahulu, tidak ada karyawati bank yang mengenakan hijab karena memang ada larangan dari pihak perusahaan. Sedangkan sekarang, justru akan sangat aneh jika masih ada perusahaan yang melarang karyawatinya untuk mengenakan hijab.

Tren mengenakan hijab tidak terbatas pada karyawati, anak-anak sekolah, dan ibu-ibu rumah tangga. Sekarang para artis muda dan senior pun banyak yang mengenakan hijab. Bahkan penyanyi juga ada yang mengenakan hijab. 

Apakah mereka masih terkenal? Sebagai contoh Inneke Koesherawati merupakan salah satu artis pionir yang mengenakan hijab. Karirnya tetap cemerlang di dunia keartisan Indonesia. Inneke tetap tampil cantik, malah ada kesan lebih terhormat daripada artis-artis lain yang senantiasa mengenakan pakaian terbuka. 

Nah, mengapa Inneke tetap eksis? Karena Inneke tahu cara berhijab cantik untuk mempertahankan penampilannya agar tetap cantik.

Indonesia sebagai negara dengan umat muslim  terbesar di dunia, telah dikenal sebagai pusat mode hijab dunia. Model, warna, dan kerumitan dalam pemakaian hijab telah menjadi kiblat bagi masyarakat muslim dunia untuk meniru gaya berhijab muslimah Indonesia.

Gaya dan model hijab muslimah Indonesia tampak elegan dan cantik untuk dikenakan pada berbagai acara. Oleh karena itu sangat wajar jika negara Indonesia menjadi pusat perhatian fashion hijab dunia.

Nah, dalam artikel berikut ini, penulis akan memberikan beberapa tips yang mudah tentang cara berhijab cantik, baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah, di kantor, maupun hijab untuk pergi ke pesta ulang tahun dan pernikahan.

Hijab Sesuai Warna Busana

Ada banyak cara untuk dapat tampil gaya dan elegan dengan tetap mengenakan hijab, di antaranya dengan memadupadankan warna. 

Langkah-langkah yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

Tidak harus selalu senada

Tentukan busana  warna apa yang akan Anda kenakan, kemudian pilih hijab dengan warna sesuai dengan busana Anda. Warna tidaklah selalu harus sama yang penting senada. 

Misalnya jika Anda akan mengenakan busana berwarna hitam, maka Anda dapat memilih hijab dengan warna hitam namun dikombinasikan dengan warna putih atau merah, sehingga menghasilkan padu padan yang serasi. 

Anda pun bisa mengenakan hijab dengan warna merah dominan yang dikombinasikan dengan warna hitam. Jika Anda mengenakan busana berwarna hitam dengan hijab berwarna hitam polos, maka akan terkesan monoton dan gelap.

Berani kontras

Jika Anda ingin menjadi pusat perhatian, misalnya ketika acara pesta pernikahan, Anda boleh memilih warna yang kontras atau saling bertabrakan. Tujuannya tentu saja selain Anda dapat tampil percaya diri, Anda Pun akan menjadi pusat perhatian karena keberanian Anda dalam memilih warna. 

Sebagai contoh, ketika Anda mengenakan busana dengan motif bunga-bunga berwarna merah, hitam, atau putih. Maka Anda dapat memilih hijab dengan warna kuning terang yang dipadu padankan dengan warna biru terang. 

Dengan kemampuan Anda membuat mode hijab yang cantik, maka Anda akan menjadi pusat perhatian dalam berpesta.

Ada yang harus selalu Anda kenakan ketika memakai hijab

Ciput! Sebaiknya Anda selalu mengenakan ciput, maksudnya agar rambut Anda tidak menerobos keluar dari hijab, sebab akan mengurangi keindahan dan tujuan utama Anda memakai hijab. Bukankah tujuan Anda untuk menutupi rambut Anda? 

Oleh karena itu, gunakanlah ciput sebagai alas hijab Anda. Sekarang, banyak tersedia ciput-cibut dengan model yang beragam dari mulai pilihan warna yang indah sampai kepada motif yang berenda-renda. 

Sebaiknya warna ciput yang Anda kenakan tidak senada dengan warna hijab, maksudnya agar penampilan Anda tidak terkesan monoton. Kecuali Anda mengenakan hijab yang menutupi keseluruhan ciput.

Hijab bermotif

Pilihan mengenakan hijab bermotif akan menambah keleluasaan Anda dalam memilih warna busana. Misalnya ketika Anda mengenakan hijab bermotif polkadot dengan paduan warna merah, ungu, hijau, dan hitam, maka Anda dapat memilih busana dengan warna yang terdapat pada hijab tersebut, hitam misalnya.

Hijab Sesuai Bentuk Wajah

Selain disesuaikan dengan warna busana, model, dan gaya hijab dapat disesuaikan dengan bentuk wajah Anda. Untuk mendapatkan penampilan yang menarik, sebaiknya Anda tidak hanya pandai membuat model dan memadupadankan warna. Tetapi juga pandai membuat model yang sesuai dengan bentuk wajah Anda.

1. Wajah Bulat

Bagi Anda yang mempunyai bentuk wajah bulat, sebaiknya model hijab Anda dibuat dengan cara menutupi pipi bagian luar. Tujuannya agar wajah bulat Anda tidak terlalu tampak bulat. 

Selain itu, Anda pun dapat memilih bentuk hijab yang asimetris dengan salah satu sisi kerudung menutupi sebagian pipi Anda. Sebaiknya hijab yang digunakan memiliki bahan yang jatuh agar wajah Anda memiliki kesan yang ramping.

2. Wajah Panjang

Jika Anda mempunyai wajah yang panjang, sebaiknya Anda memakai ciput dengan model renda yang bertumpuk-tumpuk. Tujuannya untuk menyeimbangkan wajah Anda sehingga Anda terlihat semakin cantik. Cara lain untuk mengakali agar Anda dapat tampil lebih cantik adalah dengan memilih gaya turban.

3. Wajah Mungil

Jika Anda mempunyai bentuk wajah mungil, sebaiknya Anda mengenakan ciput berenda dengan aksen turban, agar wajah Anda terlihat lebih lebar dan panjang. Selain itu Anda juga dapat memilih hijab dengan bahan yang jatuh.

4. Pipi Cabi (tembem)

Bagi Anda yang memiliki bentuk pipi yang cabi atau tembem, sebaiknya ketika Anda mengenakan ciput, pilih ciput yang dapat menutupi sampai bagian bawah telinga dan sisi bawah bagian pipi Anda. 

Pilih hijab dengan bahan yang jatuh untuk memberi kesan ramping pada pipi Anda. Pipi cabi Anda juga dapat terkesan ramping dengan memberikan shading pipi yang tipis.

5. Kening Lebar

Jika Anda mempunyai bentuk kening yang lebar, maka sebaiknya pilih ciput polos (jangan berenda) dan mempunyai aksen silang. Selain itu, ciput yang Anda kenakan sebaiknya dapat menutupi bagian kiri dan kanan kening Anda. Gunakan hijab dengan bahan yang jatuh sehingga Anda akan dapat tampil dengan percaya diri dan sempurna.

Berdasarkan uraian di atas, begitu banyak tips-tips yang dapat dilakukan oleh seorang muslimah agar tetap cantik menawan dengan tetap menjalankan syariat Islam. Rambut yang tertutup tidak mengurangi kecantikan dan keeleganan dalam berpenampilan. Jadi, mengapa Anda harus menunggu?

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama