Tips Menghilangkan Ketombe Pada Rambut Kepala

Tips Menghilangkan Ketombe Pada Rambut Kepala
credit:[email protected]_batrisyia

Rambut adalah mahkota. Lelaki maupun perempuan tentu sepakat bahwa rambut menambah positif penampilan. Meski beberapa lelaki lebih menyukai kepalanya gundul, tapi ia tentu akan senang melihat rambut orang lain yang terawat rapi. 

Untuk membuat tetap menarik dan indah, rambut memerlukan perawatan atau perhatian. Tentu tidak perlu dengan keramas setiap hari. Secukupnya saja. Asal tidak dibiarkan terlalu lembab dan sebaliknya terlalu kering, rambut bisa tumbuh sehat berkilau dan tetap rapi.

Bila kurang diperhatikan, bisa jadi timbul gangguan pada rambut. Ketombe adalah salah satu gangguan yang timbul di bagian kepala. Kelihatannya, ketombe hanya masalah sepele. Sekali di keramas, musnahlah ia. 

Tapi, bila dianggap sepele, bisa jadi timbul hal lain yang membutuhkan perhatian serius. Ketombe bisa berubah sebagai gangguan di bagian kepala. Sehingga, diperlukan ikhtiar mencari cara menghilangkan ketombe.

Ketombe - Penyakit Kulit Kepala 

Ketombe sebenarnya merupakan penyakit di bagian kulit kepala. Tanda-tandanya kepala bersisik-sisik putih dan rasanya gatal. Nama Latin ketombe adalah Tinea kufur acea. Jenisnya dibagi menjadi dua, yaitu ketombe basah dan ketombe kering.

Ketombe basah merupakan penyakit kulit ari (epidermis). Ketombe ini mengandung sabun lemak yang gatal. Penyebabnya, karena lemak menutupi kulit kepala, yang menjadikan kulit kepala bersisik dan berlapis sisik putih yang menimbulkan rasa gatal.

Ketombe kering berupa titik-titik kecil putih atau kecoklat-coklatan pada bagian kulit kepala. Titik-titik tersebut tersebar di rambut. Kita mendapatkannya pula di bagian bahu bila ketombe sudah menyebar banyak. Rasanya gatal pada bagian kulit kepala. Bahkan, bila diabaikan ketombe jenis ini bisa berkembang biak menjadi semacam bisul kecil-kecil. 

Penyebab Timbulnya Ketombe

penyebab-ketombe

Beberapa hal menjadi penyebab timbulnya ketombe, baik disebabkan secara fisik maupun efek dari kimiawi. Penyebab secara fisik misalnya, cara menyisir rambut yang salah hingga berakibat timbul luka lecet di kulit kepala. Penyebab secara fisik lainnya adalah penggunaan pengering rambut (hair dryer) yang berlebihan.

Penyebab fisik dari faktor luar yang lain adalah pemakaian helm, topi, kerudung, ataupun sejenisnya untuk penutup kepala juga dapat berakibat tumbuh ketombe. Biasanya penutup kepala itu dipakai dalam waktu lama sedangkan rambut dalam keadaan belum kering sepenuhnya sehingga rentan mengalami kelembaban hingga berakibat timbul ketombe. 

Penyebab secara kimiawi, antara lain pemakaian hair spray yang berlebihan. Penyebab secara kimiawi yang lain misalnya pemakaian semir rambut atau cat rambut serta sampo yang tidak cocok dengan kulit kepala sehingga mengakibatkan iritasi. 

Demikian pula pemakaian lotion dengan kadar alkohol tinggi sangat rawan dan berakibat timbulnya ketombe. Bahan tertentu dari pemakaian shampoo yang kurang tuntas saat membilas juga menimbulkan ketombe.

Faktor dari dalam seperti keluarnya keringat yang berlebihan pun merangsang tumbuhnya ketombe di kepala. Apalagi bila bagian kepala terjangkit jamur hingga merangsang timbulnya ketombe.

Jenis kulit kepala berminyak pun mengundang datangnya ketombe. Pasalnya, pada kulit kepala berminyak akan lebih mudah menyerap segala unsur dari luar. Debu, minyak rambut, atau benda ringan dan kecil lainnya akan lebih mudah melekat dan terserap lebih lama di kulit kepala hingga berakibat tumbuh ketombe.

Faktor dari dalam lainnya, khususnya secara psikis adalah stres. Emosi yang labil pada saat jiwa tertekan atau stres bisa berakibat rasa panas dan timbul gatal-gatal di bagian kulit kepala. Saat stres menekan jiwa, acap pula tubuh mengeluarkan keringat sehingga menimbulkan rasa gatal di kepala.

Pencegahan Timbulnya Ketombe

Berdasarkan uraian tentang beberapa penyebab timbulnya ketombe, kiranya dapat diantisipasi atau diambil tindakan pencegahan. 

Misalnya, melakukan beberapa hal terkait dengan tindakan yang tidak berlebihan, memilih produk berbau kimiawi seperti cat rambut, sampo, gel, lotion, ataupun minyak rambut yang tidak berakibat iritasi atau gangguan pada kulit kepala yang sensitif. Pemakaian aneka produk tersebut secukupnya saja.

Pencegahan timbulnya ketombe dapat pula dilakukan secara preventif, yaitu dengan membangun sistem pertahanan dari dalam tubuh. Caranya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang berkhasiat meningkatkan kekebalan terhadap penyakit kulit atau pembentukan antibodi. Sehingga, tubuh tidak mudah terkena iritasi atau alergi terhadap bahan kimia tertentu. 

Pencegahan ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan yang berkhasiat terhadap peningkatan kesehatan kulit dan pembentukan antibodi. Misalnya, apel, jeruk nipis, lemon, santan kelapa, nanas, ataupun mengkudu. Nanas mengandung zat bromelain yang menghilangkan sel jaringan kulit yang tidak sehat termasuk bila ada ketombe.

Jeruk lemon mampu menjaga keseimbangan pH atau kadar asam di kulit kepala. Sedangkan mengkudu mengandung alkaloid terpenoid yang berkhasiat menghilangkan kelembaban serta melembutkan kulit kepala.

Selain itu, makanan yang mengandung vitamin B, seperti hati, telur, ataupun kedelai juga memiliki khasiat membangun sistem pertahanan dalam tubuh. Pencegahan dari dalam juga dapat dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi minuman berisiko, seperti kopi, minuman mengandung alkohol dan sebaliknya, banyak mengonsumsi minuman yang bahan utamanya banyak mengandung vitamin B-6 dan C.

Pencegahan juga dapat dilakukan secara mental. Khususnya, untuk menanggulangi faktor kejiwaan atau mental dari serangan stres akibat tertekan memikirkan masalah tertentu. 

Sebaliknya, apabila ketombe sudah terlanjur terlihat beberapa di kepala, lebih baik dibasmi sedari dini. Sebab, bila terlambat penanganannya akan memerlukan waktu, energi, perhatian khusus, dan mungkin juga lebih banyak lagi membutuhkan biaya untuk mendapatkan bahan pembasmi ketombe.

Bahan Alami Penghilang Ketombe

Banyak penyebab timbulnya ketombe. Banyak pula cara menghilangkan ketombe. Namun, di antara cara yang banyak itu, pemakaian bahan alami tentu yang relatif lebih aman dibandingkan pemakaian dari bahan kimiawi sekalipun shampo atau conditioner serta obat khusus menghilangkan ketombe. 

Beberapa bahan alami yang dapat dijadikan alat penangkal ketombe antara lain: 

1. Apel

Untuk menghilangkan ketombe, buah apel dibuat jus. Kemudian, sari apel dibalurkan di bagian kulit kepala yang berketombe. Supaya merata dan benar-benar mengendap di kulit kepala, lakukan pemijatan di bagian tersebut.

2. Jeruk Nipis dan Lemon

Jeruk nipis disaring hingga diperoleh dua sendok makan air jeruk nipis. Lalu, pijat bagian rambut dan kulit kepala yang berketombe. Kemudian, campur satu sendok makan air jeruk lemon dengan segelas air bersih. 

Lalu, usapkan larutan air dan jeruk lemon ke bagian kulit kepala dan rambut yang sama. Usap sampai rata dan dipijat-pijat hingga menyerap. Setelah beberapa menit didiamkan, cucilah dengan air bersih. 

3. Jeruk Lemon

Jeruk lemon satu buah diambil cairannya. Lalu, campur larutan jeruk lemon dengan minyak kelapa sebanyak 15 ml. Kemudian, campuran itu dibalurkan ke seluruh bagian rambut hingga kulit kepala sambil dipijat ringan. Sebaiknya cara ini dilakukan pada malam hari karena harus diendapkan lebih dahulu selama delapan jam.

4. Santan Kelapa

Kelapa setengah butir dibuat santan. Air kelapa satu hingga satu setengah gelas. Sediakan pula jus nanas dari buah yang ukuran sedang. Sediakan pula air perasan jeruk nipis. Campurkan semua bahan dan aduk hingga larut dan merata. 

Gunakan campuran tersebut untuk mencuci rambut yang berketombe. Selanjutnya, keramas rambut dengan memakai sampo hingga bersih. Untuk hasil maksimal, lakukan cara ini setiap sepekan sekali. 

5. Nanas

Nanas juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Nanas yang sudah masak dikupas dari kulitnya dan dibersihkan dengan air bersih lalu diparut. Hasil parutan nanas digosokkan di kulit kepala dan didiamkan semalaman. Bilas rambut di pagi harinya. Lalukan dengan rutin.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sebanyak 2 (dua) sendok makan dicampur dengan minyak almond sebanyak 1 (satu) sendok makan. Setelah diaduk hingga merata, oleskan campuran minyak itu pada kulit kepala. Supaya dapat melekat secara merata, oleskan ramuan ini sambil memijat kulit kepala.

Kemudian, diamkan selama 15 (lima belas) menit supaya campuran minyak benar-benar meresap dan merata di kulit kepala. Setelah dibiarkan mengendap selama 15 menit, rambut dikeramas dengan shampo yang cocok dan bilas sampai campuran minyak hilang dan rambut bersih kembali.

7. Cuka

Cara lain untuk menghilangkan ketombe adalah dengan menggunakan cuka. Cuka dan air secukupnya dicampur dengan takaran yang sama. Misalnya, 1 : 1 (satu cangkir cuka dengan satu cangkir air bersih). Penggunaan campuran cuka dan air disesuaikan dengan kebutuhan dan panjang-pendeknya rambut. 

Gunakan campuran tersebut pada saat membilas rambut usai keramas. Kemudian, diamkan untuk beberapa saat sampai saatnya membilas rambut kembali dengan air bersih.

8. Lidah Buaya

Lidah buaya diambil bagian dalamnya (dagingnya) kemudian dioleskan secara merata di bagian kulit kepala yang diketahui berketombe atau terasa gatal-gatal. 

Kemudian, didiamkan selama sekitar 15 (lima belas) menit supaya benar-benar merata dan diserap rambut dan kulit kepala. Selanjutnya, rambut dibilas dengan sampo dan air bersih.

9. Minyak Almond

Andaikata tidak ada minyak zaitun, minyak almond dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya, minyak almond dibalurkan secukupnya di bagian yang berketombe atau terasa gatal. 

Kemudian, kulit kepala dipijat perlahan-lahan hingga merata dan meresap. Selanjutnya, rambut dikerudungi dengan handuk yang direndam air hangat selama 10-15 menit. Cara menghilangkan ketombe dengan minyak almond dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam sepekan.

10. Mengkudu 

Mengkudu yang sudah masak diparut. Mengkudu hasil parutan dicampur air sedikit saja lalu diaduk hingga rata. Selanjutnya, campuran air dan mengkudu yang telah larut dan rata dioleskan ke kepala dan dipijat-pijat ringan. Untuk beberapa saat dibiarkan saja hingga mengering. Setelah kering, rambut dibilas menggunakan air bersih.

11. Garam

Garam dapur dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya, gosokkan secukupnya di kepala pada saat hendak keramas. Kemudian, keramas rambut menggunakan sampo dan dibilas hingga bersih.

Demikian beberapa contoh bahan alami yang telah disebutkan di alinea atas yang dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan ketombe.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama