Menghilangkan Bopeng Bekas Cacar

Menghilangkan Bopeng Bekas Cacar

Jika Anda pernah mengalami penyakit cacar pada waktu masih kecil, dan termasuk orang yang punya kenang-kenangan buruk dengan adanya bopeng di wajah atau kulit, maka jangan khawatir. Ada cara tradisional maupun modern yang khusus berkhasiat untuk menghilangkan bopeng bekas cacar di wajah dan kulit Anda.

Gatal, Jangan Digaruk

Walau pun tidak termasuk penyakit yang membahayakan jiwa, namun penderita sakit cacar biasanya akan tersiksa oleh rasa gatal yang ditimbulkan gelembung-gelembung berisi air yang timbul di permukaan kulitnya.

Karena tidak tahan, banyak sekali orang yang akhirnya menggaruk gelembung di kulit itu, akibatnya timbul bopeng di permukaan kulit yang sangat mengganggu penampilan. Jika jumlahnya hanya satu atau dua buah saja, mungkin tidak akan terlalu mengganggu penampilan. 

Namun, jika banyak dan bentuk lukanya cukup dalam, akan sangat mengganggu kepercayaan diri seseorang dalam bergaul dan bersosialisasi.

Menghilangkan Luka    

Untuk mencegah timbulnya bopeng yang membekas akibat garukan, maka sebaiknya Anda oleskan bioplacenton salep di luka garuk yang sudah agak kering. Efeknya akan mendinginkan dan menghilangkan sedikit rasa gatal di kulit.

Namun jika sudah terlanjur mengering dan berbekas, maka cara menghilangkan bopeng bekas cacar itu cukup sederhana. 

Ada beberapa cara tradisional yang dianjurkan oleh orang-orang tua, antara lain:

1. Masker Jagung

Anda tentu tidak pernah membayangkan bahwa jagung mampu menghilangkan bopeng bekas cacar bukan? Nah, caranya cukup sederhana. Haluskan jagung muda, lalu air dan sarinya dijadikan sebagai masker pada kulit Anda yang bopeng. 

Jagung mengandung banyak vitamin E, yang mampu menghaluskan dan merangsang pertumbuhan kulit baru. Biaya membuat masker jagung pun murah meriah, dan pemakaiannya tidak akan mengakibatkan efek samping.

2. Bedak Sapu Aren Bakar

Anda tahu pohon Aren bukan? Ambil beberapa lembar daun Aren kering yang ada lidinya, lantas bakar hingga menjadi abu. Pakai lah abu itu sebagai bedak di kulit yang berbekas bopeng. Jika Anda teratur memakainya, maka bekas itu akan menghilang perlahan-lahan.

3. Suntik Botox

Jika Anda bosan dengan cara tradisional yang memakan waktu lama, maka ada pengobatan yang ampuh untuk menghilangkan bopeng bekas cacar. Yaitu suntik botox. Memang agak mahal, namun hasilnya terbukti manjur.

Konsultasi ke dokter spesialis kecantikan dan kulit, jika gangguan bopeng tersebut memang sangat parah. Dan percayalah, kecantikan hati akan lebih tahan lama dan bernilai dibanding dengan kecantikan fisik semata.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama