Mengenal Aneka Masakan dari Tempe

Mengenal Aneka Masakan dari Tempe

Apakah Anda tahu aneka masakan dari tempe? Tempe merupakan hasil fermentasi kacang kedelai menggunakan ragi tempe atau kapang rhizopus. Rakyat Indonesia sangat akrab dengan tempe karena harganya relatif murah dan memiliki kandungan gizi yang tinggi. Protein nabati yang dikandung oleh tempe begitu tinggi.

Agar tak bosan dengan cara penghidangan tempe yang itu-itu saja, mari kita bereksperimen untuk membuat berbagai makanan lezat dari tempe yang lebih bervariasi. Lebih dari sekedar menggorengnya secara biasa.

Berikut ini adalah kumpulan resep masakan dari tempe. Anda tak perlu memiliki peralatan memasak yang cukup canggih karena peralatan masak standar rumahan pun sanggup digunakan untuk mencoba memasak berbagai macam resep ini.

Resep Tempe Bacem

tempe-bacem

Bahan yang dibutuhkan adalah empat potong tempe yang dipotong-potong dengan ukuran 5 cm x 5 cm x 2 cm atau sesuai selera. Karena ada juga yang memotongnya dalam bentuk persegi panjang, jajaran genjang, atau segitiga.

Ketebalannya pun cukup bervariasi. Tetapi, untuk sederhananya, bisa mengikuti ukuran tempe yang utuh, yaitu persegi panjang, tidak perlu harus persis bujur sangkar. 

Berikut ini adalah bumbu-bumbu yang perlu dihaluskan:

  • Ketumbar sebanyak 1 sendok makan,
  • bawang putih sejumlah 3 siung,
  • bawang merah sebanyak 6 siung,
  • asam jawa sebesar 1 ruas,
  • gula merah sebanyak 2 sendok makan,
  • garam secukupnya,
  • daun salam sejumlah 4 lembar,
  • lengkuas sepanjang 2 cm yang dimemarkan, dan
  • air secukupnya.

Nah, mari mulai memasak, panaskan wajan terlebih dahulu. Kemudian masukkan tempe dan bumbu yang sudah dihaluskan dan bumbu-bumbu yang lain. Tuangkan air secukupnya pada wajan. Pastikan api pada kompor kecil saja.

Masak terus hingga air habis. Kemudian goreng tempe yang sudah dimasak dengan bumbu-bumbuan tadi dengan minyak panas hingga warnanya kecokelatan. Angkat dan hidangkan.

Resep Tempe Mendoan

tempe-mendoan

Tempe mendoan memang enak sebagai cemilan apalagi dalam keadaan hangat. Cocok untuk pelengkap kongkow dengan teman-teman di kala hujan atau sekedar untuk pengganjal perut di sela-sela jam kerja.

Umumnya penjual makanan mengkombinasikan tempe mendoan ini dengan tahu goreng, roti bakar, atau makanan hangat yang lain. Cara penyajiannya pun beragam, bisa hanya menggunakan cabai rawit, bumbu kacang, atau bumbu kecap dengan potongan cabai rawit.

Bahan utama dari resep tempe mendoan ini tentu saja tempe. Siapkan tempe seberat 300 gram, lalu potong dengan ukuran permukaan 15 cm x 10 cm dan ketebalannya cukup tipis saja.

Tempe tersebut dapat diiris tipis sejumlah kira-kira 12 potong. Sebenarnya ketebalan tergantung selera. Ada yang suka tipis saja sekitar 2 milimeter atau ada juga yang hingga 5 millimeter.

Usahakan jangan sampai 1 cm agar tidak terlalu tebal. Untuk bumbu saat memasak, bahan-bahannya adalah tepung terigu sebanyak 1 sendok makan, tepung beras seberat 100 gram, daung bawang 2 batang yang diiris halus, dan 125 ml air, serta minyak untuk menggoreng.

Bumbu yang harus dihaluskan adalah bawang putih sebanyak 2 siung, bawang merah sebanyak 1 butir, ketumbar sebanyak 1 sendok teh, merica butiran sebanyak setengah sendok teh dan garam sebanyak 2 sendok teh.

Kemudian campurkan tepung terigu dan tepung beras dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan daun bawang dan air pada adonan dan aduk sampai rata.

Setelah adonan sudah teraduk hingga rata, celup potongan tempe pada adonan tersebut.

Panaskan minyak goreng yang cukup banyak pada wajan. Kemudian goreng tempe tersebut hingga adonan tampak membeku, tetapi tidak mengeras, hingga matang, tetapi tidak kering atau kuning. Kemudian angkat tempe dan tiriskan. Sajikan tempe selagi hangat dengan pendamping bumbu pilihan sesuai selera Anda.

Resep Oseng Tempe

oseng-tempe

Oseng tempe merupakan salah satu dari aneka masakan dari tempe yang cukup popular. Biasanya sering jadi lauk andalan bagi nasi bungkus, nasi kotak, maupun nasi uduk.

Selain tempe yang menjadi bahan utama, biasanya oseng tempe ini juga memakai ikan jambal asin dan petai cina. Potongan tempe pun bervariasi sesuai selera. Anda bisa memotongnya kecil-kecil memanjang 3 cm atau memotong dadu. Anda dapat menggunakan tempe sebanyak 200 gram.

Setelah dipotong-potong, bisa langsung digoreng. Komposisi jambal asin, bisa setengahnya dari tempe, yaitu 100 gram. Potong jambal asin ini seperti dadu, lalu digoreng.

Nah, mari kita meracik bumbu. Bahan-bahan bumbunya, yaitu bawang putih dan bawang merah masing-masing 1 siung dan 5 butir. Iris halus bawang putih dan bawang merah tersebut.

Bahan lainnya yang harus dipotong terlebih dahulu adalah cabai merah sebanyak 4 buah dan cabai hijau sebanyak 3 buah. Potong-potong serong kedua macam cabai tersebut. Bahan lainnya adalah lengkuas sepanjang 3 cm yang dimemarkan, daun salam sebanyak 2 lembar, garam, gula, dan bumbu penyedap secukupnya, santan kental, dan minyak goreng.

Mari mulai memasak, caranya dengan memanaskan minyak terlebih dahulu di dalam wajan. Kemudian masukkan bawang putih dan goreng hingga harum. Lalu, disusul dengan bawang merah, terus goreng hingga layu.

Setelah itu, masukkan cabai merah, cabai hijau, lengkuas, daun salam, dan santan kental. Terus masak di wajan hingga santan tampak mendidih. Bahan yang dimasukkan adalah bahan utama berupa tempe, jambal asin, dan petai cina. Terus aduk masakan hingga kuah meresap dan habis. Setelah tampak kering, angkat oseng tersebut dan sajikan.

Cah Tempe Cabai Hijau

cah-tempe

Aneka masakan dari tempe yang berikutnya adalah Cah Tempe Cabai Hijau. Sesuai dengan namanya, bahan yang menjadi bumbu andalan resep ini adalah cabai hijau. Tentu saja bahan baku utama adalah tempe.

Gunakan tempe seberat 500 gram, kemudian potong kecil-kecil berbentuk persegi, atau jika ingin lebih cantik potong kecil-kecil dengan bentuk kotak. Iris 8 buah cabai hijau secara miring kasar atau jika suka pedas Anda dapat menambahkan sendiri dosisnya.

Iris tipis-tipis bawang merah dan bawang putih, masing-masing 4 butir dan 2 siung. Memarkan lengkuas sepanjang 3 cm. Iris halus gula jawa seberat 25 gram. Bumbu-bumbuan lainnya adalah terasi halus sebanyak 1 sendok makan, daun salam sejumlah 2 lembar, garam secukupnya, air sebanyak 125 milliliter, dan minyak goreng.

Selain tempe, bahan campuran lain dari Cah ini adalah udang basah seberat 100 gram dan pete sebanyak 2 papan. Kupas terlebih dahulu udang basah tersebut dan belah dua pete.

Untuk mulai memasak, panaskan wajan di atas kompor. Kemudian bawang putih dan bawang merah ditumis menggunakan minyak goreng sampai tercium harum. Setelah itu, masukkan daun salam, gula jawa, lengkuas, dan terasi.

Aduk-aduk hingga tercampur rata. Lalu, masukkan tempe, cabe hijau, pete, dan udang. Terus aduk hingga warna udang berubah. Dan, masukkan bumbu masak dan air. Gunakan api sedang pada kompor dan diamkan hingga air asat dan tempe matang. Hidangan pun siap diangkat dan disajikan.

Sebenarnya masih banyak lagi koleksi resep aneka masakan dari tempe khas kuliner Indonesia. Tapi, toh keempat resep yang sederhana di atas ini tak ada salahnya dicoba terlebih dahulu. Semoga uraian resep tersebut bermanfaat bagi Anda untuk mencoba masakan tempe yang bervariasi. 

Selamat mencoba.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama