12 Cara Menghilangkan Kantung Mata

12 Cara Menghilangkan Kantung Mata

Tahukah Anda cara menghilangkan kantung mata? Pada artikel kali ini, akan dibahas hal tersebut. Bacalah dengan saksama.

Hallo wanita Indonesia! Apa kabar hari ini? Kita sering kali melihat orang lain atau bahkan diri kita, saat kita berkaca terdapat kantung mata atau ada juga yang mengatakan mata panda.

Mata panda atau kantung mata adalah pembengkakan pada area bawah mata. Kantung mata ini berwarna hitam. Oleh karena itu, disebut dengan mata panda karena hampir mirip seperti mata hewan Panda.

Penyebab wanita terdapat kantung mata karena beberapa faktor, antara lain faktor umur yang mendekati penuaan, faktor dari gen, kurang tidur atau sering begadang, bekerja di depan komputer dan juga bekerja yang lebih dari delapan jam sehari atau mungkin kurang minum air putih.

Bagi wanita adanya kantung mata akan mengurangi percaya diri karena akan mempengaruhi penampilan. Kantung mata akan memberikan kesan lebih tua daripada umur sebenarnya, terlihat kusam dan lelah sehingga tidak segar dipandang.

Namun, para wanita Indonesia tidak usah khawatir tentang masalah tersebut. Pada artikel kali ini akan dibahas cara menghilangkan kantung pada mata tersebut. Kantung tidak bisa dihilangkan hanya dengan memakai concealer pada makeup saja, karena hal itu hanya akan menutupi saja, bukan mengobati atau menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Kantung Mata

12 Cara Menghilangkan Kantung Mata

1.  Air Dingin atau Es Batu

Dengan air dingin, Anda bisa menghilangkan kantung mata. Caranya, gunakan sapu tangan handuk kering dan bersih, lalu celup ke dalam air dingin. Kompres pada kedua mata Anda dengan menggunakan sapu tangan handuk tadi.

Diamkan beberapa menit, sampai kedua mata Anda terasa dingin. Lakukan cara ini setiap Anda akan tidur. Maka, Anda akan mendapatkan hasilnya esok hari.

2.  Kentang

Dalam kentang terdapat kandungan asam sitrat dan asam fosfat. Kandungan ini dapat membantu untuk menghilangkan bercak-bercak merah pada kulit. Selain itu kentang juga bisa mengatasi peradangan atau inflamasi. Anda juga bisa menggunakannya sebagai meringankan kantung mata.

Caranya, kupas kentang sampai bersih dan cuci. Setelah itu parut hingga halus. Masukan parutan kentang ke dalam sapu tangan tipis yang bersih. Lalu, kompreskan pada kedua kelopak mata Anda sekitar setengah jam. Setelah selesai, angkat dan bersihkan kelopak mata dari bekas kompresan hingga bersih.

3.  Kantong Teh Celup

Di rumah Anda tentu ada teh celup kan? Pada teh celup terdapat kantong yang berfungsi untuk menyaring teh. Memanfaatkan kantong teh celup tersebut untuk mengurangi kantung mata Anda.

Caranya, ambil kantung teh yang sudah digunakan dan rendam dengan air es atau bisa disimpan dalam lemari es terlebih dahulu. Lalu, kompres kedua kelopak mata Anda dengan kantong tersebut sebelum tidur atau pada waktu pagi hari. Lakukan hingga 10-15 menit. 

4.  Mentimun

Mentimun mempunyai kandungan astringent yang dapat untuk melancarkan peredaran darah. Kandungan yang terdapat pada mentimun tersebut, sangat baik untuk menghilangkan kantung pada mata.

Ada dua cara yang bisa Anda gunakan pada mentimun ini. Cara pertama mentimun bisa digunakan langsung, yaitu ambil mentimun yang sebelumnya sudah dimasukkan ke dalam kulkas, iris melingkar dan agak tebal, taruh di atas kedua kelopak mata Anda.

Cara kedua, yaitu dengan cara membuat mentimun sebagai jus. Ambil mentimun, cuci bersih, lalu potong kecil-kecil, dan masukkan ke dalam blender. Kemudian, masukkan ke dalam lemari pendingin beberapa saat.

Lalu, keluarkan jus mentimun dari kulkas dan usapkan jus tersebut ke area kelopak bawah mata. Kedua cara ini sangat ampuh sekali untuk digunakan menghilangkan kantung mata. Pilih salah satu dari cara tersebut. Gunakan sebelum tidur, dan melakukan pengompresan kurang lebih 10-15 menit.

5.  Bengkuang

Bengkuang juga bisa digunakan untuk menghilangkan kantung pada mata. Caranya dengan membuat masker, atau bengkoang di parut, lalu ditempelkan langsung ke bawah kelopak mata. Bengkuang bisa untuk menghilangkan kantung mata karena adanya kandungan yang terdapat pada bengkuang.

Di dalam bengkuang terdapat vitamin B1 dan C yang mampu membuat kulit terasa segar dan putih. Lakukan kompres dengan parutan bengkoang, atau dengan masker bengkoang selama 10-15 menit

6.  Pepaya

pepaya

Pepaya juga dapat menghilangkan kantung pada mata, yaitu dengan cara dijus atau dengan diparut. Di dalam buah pepaya terdapat beta karoten yang berfungsi untuk membantu menghilangkan kantung pada mata dan juga membantu sel-sel kulit wajah. Caranya, ambil buah pepaya, lalu haluskan dengan blender, dan usapkan jus pepaya tersebut ke daerah sekitar mata.

7.  Makan Makanan yang Fresh

Dengan mengonsumsi makanan yang segar atau fresh dan menghindari bahan pengawet, akan menghindarkan tubuh Anda dari perut kembung yang akhirnya akan terjadinya kebengkakan pada area mata.

Jadi, hindarkan makan-makanan yang mengandung bahan pengawet. Sebaiknya Anda juga sering mengkonsumsi jus buah yang mengandung sedikit gula, serta bisa membuang racun-racun dalam tubuh.

8.  Pijatan Ringan pada Kelopak Mata

Faktor adanya kantung mata atau mata panda adalah pada daerah sekitar mata ini hampir tidak pernah mendapatkan rangsangan. Maka, sesekali perlu mendapatkan pijatan-pijatan ringan. Caranya, taruh jari telunjuk di sekitar area mata Anda, kemudian lakukan pemijatan dengan cara memutarkan jari mengelilingi kelopak mata dengan lembut dan pelan.

Hal ini akan meningkatkan aliran darah lebih lancar. Lakukan sekurang-kurangnya seminggu sekali sekitar 5-10 menit.

9.  Krim Mata

Jika Anda tidak menyukai dengan cara-cara yang ada tersebut, maka Anda juga bisa menghilangkan kantung pada mata dengan menggunakan krim mata yang bisa Anda dapatkan di toko-toko kosmetik.

Pilihlah krim mata yang mengandung kafein atau zat pencerah lainnya yang bisa membantu untuk menghilangkan lingkaran hitam pada daerah sekitar mata dan sekaligus dapat memperlancarkan peredaran darah. Oleskan krim mata ini pada waktu malam dan pagi hari, kurang lebih 5-10 menit.

10.  Krim yang Mengandung Kolagen

Selain krim mata, anda juga bisa menggunakan krim yang mengandung kolagen, retinol dan vitamin C. Krim juga bisa Anda dapatkan di toko-toko kosmetik terdekat.

Ketiga kandungan tersebut bisa membantu untuk mempercepat regenerasi, pencerahan dan juga mengencangkan kulit. Oleskan krim ini pada daerah sekitar mata, dan lakukan sebelum tidur. Lakukan selama 10-15 menit.

11.  Istirahat yang Cukup

Kurang tidur dan terlalu banyak begadang adalah salah satu faktor adanya lingkaran hitam pada mata atau kantung mata. Maka cara yang efektif adalah dengan istirahat yang cukup dan juga membuat badan Anda terasa lebih fresh. Terutama istirahat pada malam hari.

12.  Menggunakan Dua Bantal Ketika Tidur

Biasakan pada waktu tidur malam, Anda menggunakan dua bantal untuk menyangga kepala sehingga posisi kepala lebih tinggi dari posisi badan. Hal ini dilakukan agar peredaran darah di daerah kepala bisa lancar, kepala terasa lebih nyaman, dan menghindarkan atau menghentikan penumpukan aliran darah di daerah sekitar mata.

Setelah bangun tidur usahakan mengompres kelopak mata Anda dengan air dingin atau air es. Lakukan kurang lebih selama 5 menit.

Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama