Resep Nasi Uduk Gurih dan Mudah

Resep Nasi Uduk Gurih dan Mudah

Indonesia kaya akan berbagai jenis makanan khas daerah. Terutama olahan masakan yang berasal dari nasi. Ada olahan nasi liwet, nasi kuning, nasi lemak, bahkan olahan resep nasi uduk gurih yang mayoritas ada di tiap daerah. 

Dari setiap olahan masakan nasi ini dapat dikenali bahwa masakan tersebut benar-benar bercita rasa Indonesia dikarenakan kandungan rempah-rempahnya yang sangat kuat.

Nasi Uduk Gurih Menjadi Favorit

Salah satu olahan nasi yang menjadi favorit saya, mungkin pembaca juga, adalah nasi uduk gurih. Selain cita rasanya yang lembut, resep nasi uduk gurih yang saya dapat juga sangat mudah dibuatnya.

Semua olahan nasi di atas secara garis besar tidak berbeda jauh dalam cara memasaknya. Awalnya dengan cara mengaron nasi terlebih dahulu dengan bumbu lengkap dan santan sebagai pemberi gurih.

Setelah itu, dibiarkan terlebih dahulu dengan panci  tertutup rapat agar bumbu lebih meresap. Langkah akhir adalah dengan mengukus nasi tersebut dalam dandang dengan api sedang dan dalam jangka waktu yang agak lama. Manfaat dari pengukusan yang lebih lama, akan membuat nasi tersebut tidak cepat basi dan lebih lama tahan.

Tetapi, tidak semua gurih dari olahan nasi tersebut berasal dari santan, untuk beberapa daerah terutama di Sumatera cenderung menggunakan susu cair untuk menggurihkan olahan nasinya.

Namun, dari manapun daerah asal olahan nasi tersebut, tetap ciri khas rempah-rempahnya tidak hilang. Mungkin kita dapat membedakan daerah asal masakan ini dari kadar kekuatan rempah yang ada.

Kekuatan rempah-rempah untuk daerah Jawa cenderung lebih lembut dibandingkan cita rasa rempah yang terdapat dalam masakan di daerah Sumatera yang sangat kuat.  

Olahan-olahan nasi ini sebenarnya dapat dinikmati tanpa menu tambahan karena telah memiliki rasa sendiri. Tetapi, seiring masa, menu-menu pelengkap nasi ini bervariasi ditambahkan.

Nasi uduk gurih dari dulu sudah menjadi favorit saya dan saudara. Kami sering menikmatinya bersama-sama di warung kaki lima dekat tempat tinggal kami. Menu andalannya adalah nasi uduk gurih dengan menu tambahan pecel lele dan sambal terasi. Harganya sangat terjangkau untuk kalangan mahasiswa masa itu.

Akan tetapi, sekarang nasi uduk gurih atau pun olahan nasi gurih lainnya telah masuk dalam menu di restoran-restoran besar maupun di hotel-hotel berbintang. Tentu dengan harga yang berbeda pula dan menu pendamping yang lebih bervariasi.

Menu sederhana nasi uduk gurih awalnya hanya terdiri dari sambal terasi, oseng tempe, telur dadar yang diiris halus, serta taburan bawang goreng di atasnya. Namun, sekarang bisa kita dapati menu pendamping yang beraneka ragam. Ayam goreng, paru, udang goreng, telur balado, ati ampela, bahkan empal daging.

Untuk sambal pun semakin bervariasi, ada sambal kacang, sambal terasi, sambal nanas, sambal mangga, sambal kemiri, bahkan sambal hijau. Semua tergantung selera dari masing-masing penikmat.

Selain di Indonesia, ada beberapa negara yang memiliki menu masakan nasi gurih yang hampir sama, yaitu Malaysia, Thailand, dan negara Arab. Perbedaan sangat mencolok terletak pada bumbu rempahnya, di mana bumbu yang mereka pakai lebih kuat cita rasa rempah-rempahnya.

Oleh karena itu, saya ingin berbagi resep dari nasi uduk gurih dari yang sederhana sampai yang lengkap agar tetap dapat melestarikan masakan daerah yang menjadi ciri khas Indonesia.

Resep Nasi Uduk Gurih yang Sederhana

Resep Nasi Uduk Gurih dan Mudah

1. Bahan

  • 1 kg beras, cuci bersih sisihkan
  • 1250 ml santan, didapat dari 1 butir kelapa
  • 1 sdm garam, atau sesuai selera
  • 4 btg serai, dimemarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun pandan

2. Cara membuat nasi

Campurkan beras yang telah dicuci dengan semua bahan menjadi satu. Masak dalam panci dengan cara diaron sampai santan mengering. Aduk dahulu nasi sampai rata, kemudian tutup panci dan biarkan sampai beberapa saat hingga bumbu lebih meresap.

Pindahkan nasi ke dalam dandang yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Kukus nasi dengan api sedang sampai matang. Sajikan dengan hidangan pelengkap sederhana, telor dadar yang telah diiris tipis, sambal terasi, dan beri taburan bawang goreng.

3. Cara membuat sambal terasi

Tumis cabai merah, tomat, bawang merah, bawang putih, dan terasi sampai harum dan layu, angkat. Haluskan semua bahan, tambahkan gula dan garam sesuai selera. 

4. Saran penyajian

Agar lebih menarik bentuk nasi menggunakan mangkok kecil. Letakkan di tengah piring piring, kemudian taburkan dengan telur dadar iris dan bawang goreng diatasnya.

Walaupun menu ini sederhana, tetapi tetap harus disajikan dengan cantik. Agar terlihat lebih menarik tambahkan potongan mentimun dan tomat dan beri sambal terasi. 

Nasi Uduk Gurih Simpel dengan Rice Cooker

Untuk ibu-ibu yang sibuk, tetapi tetap ingin memberikan sajian yang enak untuk keluarga pada saat sarapan pagi. Berikut ini cara memasak nasi uduk gurih yang sederhana, simpel dan cepat dengan menggunakan rice cooker.

1. Bahan

  • 3 cangkir beras, cuci sampai bersih
  • 2 lembar daun salam, cuci bersih
  • 2 batang serai, ambil yang putihnya memarkan
  • 1 sdt garam
  • 1 kotak santan instan
  • Air secukupnya

2. Cara membuat

Beras yang telah bersih dimasukkan ke dalam rice cooker, kemudian tambahkan santan dan air. Terakhir masukkan garam, daun salam, dan serai aduk biar bumbu tercampur.

Masak dalam rice cooker ± 20 menit atau saat santan sudah mau kering. Aduk kembali hingga rata agar bumbu tambah meresap. Masak sampai nasi matang. Sajikan dengan menu pelengkap sesuai selera.

Nasi Uduk Gurih Spesial Ala Resto

Karena cita rasanya yang gurih dan lembut, maka nasi uduk gurih pun menjadi makanan yang sangat disukai. Hingga setiap restoran maupun hotel berlomba-lomba membuat variasi pada menu ini dengan harapan dapat menjadikannya salah satu menu andalan mereka. Berikut ini menu Nasi uduk gurih spesial yang sering kita makan di restoran-restoran.

1. Bahan

  • 500 gram beras, cuci bersih kemudian tiriskan
  • 600 ml santan, diambil dari 1 butir kelapa yang tua
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun pandan, ikat
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt ketumbar bubuk

2. Cara membuat

Panaskan dandang kemudian kukus beras yang telah dicuci bersih selama ± 25 menit atau hingga beras menjadi setengah matang, angkat. Pindahkan beras setengah matang tersebut ke dalam panci dan kemudian campur dengan santan serta bahan-bahan lainnya.

Masak dengan api sedang sampai santan mengering dan meresap. Tutup panci dan biarkan sejenak.  Kemudian pindahkan ke dalam dandang  yang telah panas dan kukus nasi hingga matang. Angkat dan sajikan dengan bahan-bahan pelengkap lainnya beserta sambal mangga.

3. Cara membuat sambal mangga

  • 1 buah mangga muda, kupas cuci bersih
  • 50 gram gula merah
  • 2 buah cabe rawit merah besar
  • 2 buah cabe merah keriting
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt terasi, bakar

Kupas dan cuci bersih mangga muda tersebut. Kemudian cincang mangga muda tersebut tipis memanjang. Selanjutnya haluskan cabe rawit merah, cabe keriting merah, terasi, dan garam hingga halus. Tambahkan gula sesuai selera, haluskan kembali. Terakhir masukkan mangga muda cincang, tekan-tekan mangga mudanya agar sedikit layu. Aduk rata. 

4. Bahan pelengkap

  • Empal goreng
  • Bawang goreng
  • Irisan telur dadar
  • Sambal mangga
  • Emping goreng

Bagi anda penyuka nasi uduk gurih dengan cita rasa rempah yang lebih kuat, maka dapat ditambahkan merica, pala, kayu manis, jahe sebagai penguat rasa. Tambahkan rempah-rempah ini pada saat memasak nasinya.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membuat nasi uduk gurih? Semoga beberapa resep nasi uduk gurih tersebut dapat membantu Anda membuat nasi uduk gurih. 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama