Tips Memilih Celana Futsal

Tips Memilih Celana Futsal

Olah raga futsal beberapa tahun ini begitu populer di Indonesia, baik di kalangan anak muda hingga bapak-bapak. Futsal adalah permainan sepakbola mini, dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim berjumlah 5 orang. 

Hal ini terjadi menginat luas lapangan futsal yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan luas lapangan sepakbola. Lapangan futsal biasanya terdapat di arena tertutup atau in door. Batas lapangan ini hanya berupa garis bukan net atau papan seperti yang lazim ada di lapangan sepak bola.

Panjang lapangan futsal adalah 25-42 m x lebar 15-25 m sehingga sepuluh orang saja terasa cukup penuh untuk bertanding memperebutkan bola. Dengan terbatasnya ruang, membuat permainan ini terasa lebih berat dan menegangkan daripada sepakbola.

Kelincahan kaki dan pengambilan keputusan harus dilakukan dengan cepat agar pihak lawan jangan sampai dapat merebut bola yang Anda pegang. 

Kontak fisik akan sering terjadi yang bisa mengakibatkan cedera. Jadi, Anda harus memperhatikan benar perlengkapan futsal saat bermain; alas kaki dengan sol karet, busa pelindung lutut, kaos kaki, celana, dan baju futsal.

Untuk pemilihan celana futsal, jangan asal menggunakan celana pendek karena itu akan menggangu sirkulasi udara di sekitar organ reproduksi Anda yang bisa mengakibatkan ruam atau lecet. Terlebih jika celana pendek yang Anda gunakan terlalu ketat, Anda bisa mengalami cedera saat bermain futsal.

Hal-hal seperti itu tentu tidak Anda inginkan karena pasti akan mengganggu permainan di lapangan. 

Oleh karena itu, pilihlah celana pendek yang berbahan ringan, menyerap keringat, dan memiliki rongga-rongga halus untuk sirkulasi udara. Dengan menggunakan celana futsal yang nyaman, permainan Anda pun tentu akan semakin bagus.

Tips Memilih Celana Futsal

Selain bahan, perhatikan juga karet celananya. Jangan memilih yang terlalu kencang sehingga menekan perut bagian bawah dengan ketat karena akan membuat aliran darah tidak lancar. 

Namun, jangan pula memilih yang terlalu kendor karena bisa-bisa celana Anda melorot saat berlari-lari di lapangan. Carilah karet celana yang nyaman untuk Anda bergerak dan tidak kendor.

Memilih warna celana futsal jauh lebih bebas karena lapangan futsal yang berada di dalam ruangan dan cenderung bersih membuat warna celana apapun bisa diterima di sini. 

Jika Anda termasuk yang fashionable, Anda bisa menyamakan warna sepatu dan baju dengan warna celana Anda, tak perlu sama hanya senada. Namun, kalau menurut Anda itu berlebihan, Anda bisa menyamakannya dengan baju tim Anda.

Bermain futsal memang mengasyikkan, selain untuk olahraga. Di sini, Anda bisa berlatih untuk membentuk kerja sama tim yang solid. Namun, untuk menjadikan permainan futsal Anda nyaman, jangan sampai mengabaikan perlengkapan futsal. 

Semoga tips tersebut menjadi masukan yang berguna. Selamat bermain futsal dan teruslah berolah raga!

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama