Mengetahui Cara Membuat Roti Prata

Mengetahui Cara Membuat Roti Prata

Roti prata merupakan makanan khas India dan Pakistan. Roti prata memiliki kemiripan dengan panekuk (pancake), namun dibuat dari bahan-bahan yang khas. Cara membuat roti prata terbilang unik karena dapat menjadi tontonan menarik di beberapa restoran. Para pengunjung dapat melihat atraksi chef yang lihai memainkan jari dan adonan melayang di udara.

Meskipun berasal dari India, roti prata sangat terkenal di Singapura dan Malaysia. Di Singapura, roti prata dijual di hampir setiap penjuru Singapura. Roti Prata biasanya menjadi santapan pagi hari dan disajikan dengan beragam sayuran dan daging atau kari. Roti prata sendiri memiliki rasa tawar dan sedikit rasa manis.

Roti Prata Makanan Khas India

Roti prata biasanya disajikan dengan kari daging atau ikan. Ada pula yang menambahkan beberapa sayuran, seperti selada. Cara memakannya tanpa harus menggunakan sendok atau garpu karena cukup dicelupkan pada kari langsung oleh tangan.

Rasanya yang cenderung tawar akan bercampur dengan rasa gurih kari yang disajikan dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah yang khas. Roti prata juga dikenal dengan roti canai, yang biasa ditemui di restoran atau tempat makan ala India dan Asia.

Disebut “canai” karena pembuatan roti ini yang dilakukan dengan cara menganginkan dan melebarkan adonannya sebelum dimasak. Namun, ada pula yang menyebutkan bahwa nama Canai merujuk pada sebuah tempat di India yang kini dikenal sebagai kota Madras.

Tempat tersebut merupakan asal mula pembuat dan penjual roti canai di seluruh dunia, termasuk Asia. Selain itu, ada pula yang menyebut roti prata dengan nama roti maryam.

Roti prata dikenal di beberapa negara Asia lain, seperti Singapura, Malaysia, Myanmar, dan tentu Indonesia. Cara menikmati roti prata ini berbeda-beda di setiap negara.

Namun, persamaannya adalah sajian pendamping utama roti prata adalah kuah kari, baik kari ayam atau daging. Di Myanmar, roti prata juga biasa dihidangkan dengan yoghurt. Ada juga yang menyajikan roti prata dengan minuman pendamping berupa teh susu.

Selain itu, salad dan shan (sejenis kedelai yang difermentasi dan dimakan bersama mie kuning) juga dapat menjadi pilihan untuk mendampingi roti prata. Di Indonesia dan Malaysia, roti prata ini juga biasa dihidangkan dengan kuah kacang dengan minuman berupa teh tarik.

Di beberapa restoran di Indonesia, roti prata dikenal di restoran ala India atau Asia. Roti prata biasanya disajikan dengan beragam variasi penyajian. Roti prata dapat disajikan dengan telur, bawang, dan kuah kari ayam. Ada pula roti prata yang hanya disajikan dengan telur dan kari ayam.

Selain itu, roti prata juga dapat disajikan secara terpisah tanpa kuah kari. Roti prata yang disajikan secara terpisah tersebut biasanya memiliki rasa tersendiri, seperti rasa coklat, nanas, stroberi, pandan, srikaya, kopyor, dan lain-lain.

Roti prata dapat disajikan dengan aneka topping menarik dan menggugah selera, seperti krim coklat, saus kacang, hingga mayonaise. Topping lainnya yang dapat Anda pilih adalah madu, gula, sirup, atau susu kental.

Selain itu, ada juga roti prata yang dijual di pasaran dalam keadaan beku. Roti prata itu disimpan di freezer dan dihangatkan terlebih dahulu sebelum disajikan. Roti prata yang dijual dalam keadaan beku ini dapat dibeli di beberapa swalayan tertentu.  Jika membeli roti prata yang beku, Anda dapat menikmatinya dengan cara berikut.

Simpan roti prata yang beku di tempat bersuhu kamar hingga roti prata melunak.

Siapkan wajan yang telah dihangatkan dengan api kecil tanpa minyak atau mentega. Jika ingin lebih terasa gurih, boleh oleskan sedikit mentega.

Panggang roti prata yang beku dan terus dibolak-balik hingga teksturnya lunak dan warnanya berubah kecoklatan.

Roti prata siap disajikan dengan kari ayam, kari kambing, atau topping lainnya. Namun, roti ini juga dapat dimakan tanpa pelengkap karena memiliki rasa sendiri.

Cara Membuat Roti Prata

Mengetahui Cara Membuat Roti Prata

Cara membuat roti prata ini cukup sederhana. Bahan-bahannya mudah didapat di sekitar Anda. Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah dan menghidangkannya dengan makanan pelengkap sesuai selera, seperti kari ayam, kari daging sapi atau kambing, kuah kacang, dan beberapa topping lainnya.

Roti prata ini dapat disajikan sebagai pengganti nasi dan dihidangkan pada jam-jam makan, seperti sarapan, makan siang, hingga makan malam. Selain itu, roti prata juga dapat dijadikan camilan di waktu senggang, apalagi disajikan dengan aneka topping yang lezat. 

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat roti prata adalah sebagai berikut:

Tepung terigu protein sedang (500 gr)

Air (200 s.d. 250 ml)

Mentega (40 gr)

Gula pasir (1 sdt)

Garam (2 sdt)

Cara membuat roti prata:

Campurkan air, gula pasir, dan garam. Aduk rata.

Tambahkan mentega sekitar 20 gram. Aduk rata.

Siapkan terigu dalam wadah adonan, lalu campurkan dengan campuran air dan mentega yang telah diaduk secara perlahan. Uleni adonan hingga kalis.

Bulatkan adonan dan diamkan selama 20 menit.

Potong adonan seberat 50 gram dan bulatkan

Lumuri adonan dengan sisa mentega.

Atur adonan diatas loyang yang telah disediakan.

Setelah adonan dirapikan di atas loyang, tutup dengan plastik wrap.

Ambil satu adonan, lalu pipihkan hingga tipis. Dilakukan seperti hendak menipiskan kulit martabak telor.

Lipat tepinya ke arah tengah.

Panaskan pan dadar di atas api sedang, lalu oles dengan mentega, lalu masak hingga kuning kecoklatan.

Setelah roti matang, sajikan dengan kari atau gulai sebagai pelengkap.

Roti prata tidak lengkap jika tidak disajikan dengan makanan pelengkapnya, yaitu kuah kari. Kari yang dapat disajikan boleh berupa kari ayam, kambing, atau sapi. Namun, banyak orang beranggapan bahwa kari kambing adalah pasangan yang paling tepat untuk menikmati roti prata.

Sedangkan minuman yang tepat untuk menemani hidangan roti prata adalah teh tarik. Untuk dapat menyediakan sendiri kari kambing untuk melengkapi hidangan roti prata Anda, berikut resep dan cara membuat kari kambing.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Daging kambing, dipotong dengan ukuran 3 x 3 (500 gr).

Bawang putih, diiris tipis (2 siung).

Bawang merah, diiris tipis (3 siung).

Kayumanis (2 cm).

Cengkeh (2 buah).

Kapulaga (3 buah).

Garam (3/4 sdt).

Santan (1.000 ml).

Minyak untuk menumis (1 sdm).

2. Bahan-bahan bumbu untuk dihaluskan

Cabai merah (5 buah)

Bawang merah (6 siung)

Bawang putih (3 siung)

Ketumbar (1 sdt)

Jintan (1/4 sdt)

Adas manis (1/8)

Jahe (1 cm)

Kunyit (1 cm)

3. Cara membuat kari kambing

Panaskan minyak dan tumis bawang putih, bawang merah, bumbu halus, kayu manis, cengkeh, dan kapulaga, hingga tercium aroma harum.

Tambahkan daging kambing, aduk hingga daging berubah warna.

Masukkan santan dan garam, masak hingga matang dan kuah mengental.

Sajikan.

Mudah bukan membuat kari kambingnya. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui makanan ini, sehingga untuk mencari makanan roti prata ini agak susah. Jadi, setelah mengetahui cara membuat roti Prata, Anda dapat mempraktekkannya di rumah Anda dan menikmatinya bersama keluarga. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama