Karya Ilmiah: Makalah Bahasa Indonesia

Karya Ilmiah: Makalah Bahasa Indonesia

Makalah dapat didefinisikan sebagai sebuah karya tulis ilmiah yang bersumber pada ilmu pengetahuan. Karya tulis yang dibuat tidak berdasarkan rekaan semata, tetapi dapat diuji secara empiris berdasarkan fenomena yang terjadi dalam masyarakat dan data-data dari penelitian.

Makalah Bahasa Indonesia

Makalah bahasa Indonesia merupakan sebuah karya ilmiah yang membahas dan mengangkat tema yang berhubungan dengan dunia kebahasaan. Makalah ini sudah tentu dibuat dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta berdasarkan ejaan yang disempurnakan.

Penulisan makalah bahasa Indonesia tidak berbeda dengan makalah-makalah ilmiah lainnya. Hanya tema saja yang membedakan. Sementara itu, rujukan yang digunakan sama, yaitu berdasarkan ilmu pengetahuan dan penelitian empiris.

Makalah Bahasa Indonesia dibuat dengan menggunakan bahasa yang baku atau formal. Hal ini dilakukan sesuai dengan sistematika penulisan makalah, tak terkecuali makalah bahasa Indonesia. 

Sistematika penulisan makalah terbagi menjadi dua bagian. Sistematika penulisan struktur isi makalah dan sistematika format tulisan dalam makalah.

Sistematika Penulisan Makalah

Setiap karya ilmiah dibuat berdasarkan aturan sistematika penulisan makalah yang telah ditetapkan. Sistematika yang ada dalam isi sebuah makalah sebagai berikut:

Bab I Pendahuluan

1. Latar Belakang

Dalam latar belakang berisi alasan yang mendasari pemilihan tema dari makalah. Alasan yang dibuat bisa dalam bentuk paparan dari penelitian terdahulu yang sifatnya teoritis, juga berupa paparan yang bersifat praktis. 

Yang harus diperhatikan ketika membuat latar belakang adalah jangan memuat pendapat dari sudut pandang penulis makalah sendiri yang sifatnya subjektif.

2. Tema atau Topik Makalah

Berupa intisari dari permasalahan yang akan diangkat dalam makalah. Dibuat dengan bahasa yang singkat dan jelas.

3. Sistematika Karangan

Memuat poin-poin singkat apa saja isi dari makalah, mulai dari pendahuluan sampai penutup.

4. Tujuan

Berisi apa yang menjadi tujuan dan sasaran penulis membuat sebuah makalah.

Bab II Pembahasan

Dalam Bab II berisi ulasan teoritis dan praktis dari keseluruhan permasalahan yang penulis angkat. Dalam bab pembahasan, dikupas solusi atau jawaban yang penulis kemukakan dalam Bab I.

Bab III Penutup

1. Simpulan

Berisi paparan-paparan hasil pembahasan makalah secara singkat. Harus mendapat perhatian khusus, jangan sampai kesimpulan yang dibuat bertolak belakang dengan hasil pembahasan.

2. Saran

Makalah yang dibuat tak lepas dari kekurangan yang bersumber dari proses pembuatan makalah dan objek permasalahan. Berisi juga rekomendasi khusus kepada pihak-pihak yang terkait dalam pembuatan makalah.

3. Daftar Pustaka

Berisi daftar referensi yang digunakan penulis dalam membantu pembuatan makalah.

4. Lampiran

Berisi dokumentasi yang berhubungan dengan permasalahan makalah yang diangkat, berupa biodata nara sumber, surat-surat izin dan sebagainya.

Sistematika Format Penulisan

1. Bahasa dan Huruf

Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Huruf yang digunakan berupa Times New Roman untuk isi makalah. Khusus tabel dan gambar bisa menggunakan time huruf yang lain.

2. Pengaturan Halaman

Menggunakan kertas berukuran A4, tabel dan gambar disusun secara horisontal, jumlah halaman dalam pembuatan sebuah makalah minimal 10 halaman, terhitung dari pendahuluan sampai daftar pustaka. 

Ukuran halaman makalah 2,5cm margin atas, 4,5 margin bawah, kiri 3cm, dan kanan 2,5cm. Bila membutuhkan header dan footer, keduanya dibuat 1,25cm dari atas atau bawah halaman.

3. Aturan Paragraf

Ukuran huruf dalam sebuah paragraf berukuran 12 pt, jarak spasi antar kalimat 1 spasi dan antar paragraf 1,5 spasi. Huruf judul bab sebesar 16 pt dengan huruf kapital tebal, untuk huruf judul sub bab berukuran 12 pt. Terakhir jarak antar bab dan antar sub bab hanya 1 spasi.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama