Cara Membuat Roti Tawar

Cara Membuat Roti Tawar

Dalam kehidupan sehari-hari di zaman sekarang, roti tawar memang sangat akrab dan banyak dijadikan pilihan untuk diolah menjadi menu makanan lain. Roti tawar kadang juga dijadikan sebagai cemilan pengganjal perut. Karena cara membuat roti tawar yang cukup sederhana, menjadikan harga roti ini cukup murah di toko-toko roti.

Namun, meskipun namanya roti tawar, sekarang sudah banyak variasi rasa dari roti tawar ini. Di toko-toko roti, bisa kita jumpai beberapa macam rasa roti tawar, seperti roti tawar gandum, roti tawar wijen, atau roti tawar biasa. Meskipun namanya roti tawar, sebenarnya rasanya tetap enak, yaitu sedikit manis dan gurih. 

Di toko roti, harga roti tawar ini biasanya yang paling murah diantara harga roti jenis lain yang ada rasanya. Sebab, memang bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat roti tawar itu cukup mudah. 

Bahkan, bahan-bahan dasarnya bisa didapatkan di toko-toko biasa di sekitar rumah. Jadi, tidak ada salahnya jika kita belajar untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Resep Membuat Roti Tawar

Untuk membuat roti tawar, sebenarnya cukup sederhana. Kita tidak memerlukan bahan-bahan khusus lain sebagai penambah rasa. Bahan utama yang diperlukan dalam membuat roti tawar adalah tepung terigu berprotein tinggi. 

Dengan tepung berprotein tinggi ini, nantinya saat dibuat adonan tidak mudah pecah. Roti yang dihasilkannya pun bisa empuk. Sedikit berbeda dengan membuat roti tawar gandum yang umum dipakai membuat sandwich.

Bahan-bahan Membuat Roti

Seperti disampaikan sebelumnya, untuk membuat roti tawar bahan-bahan dasarnya cukup mudah didapatkan. 

Bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain sebagai berikut.

Tepung terigu berprotein tinggi 600 gram

Gula pasir 40 gram

Susu bubuk putih 30 gram

Mentega putih 40 gram

Ragi instan 8 gram

Garam halus 8 gram atau sekitar 1,5 sendok teh

Air dingin atau lebih bagus lagi dengan air es  350 ml

Cara Membuat Roti

Cara Membuat Roti Tawar
credit:[email protected]_annelyss

Setelah bahan-bahan disiapkan, langkah selanjutnya adalah proses pengolahannya. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

Campurkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, serta susu bubuk menjadi satu dalam wadah. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur merata. Kemudian, sedikit demi sedikit tambahkan air dingin sambil tepung tadi terus diaduk. Penambahan air terus dilakukan sampai semua bahan menjadi adonan roti yang kalis.

Setelah adonan menjadi kalis, kemudian tambahkan bahan mentega putih beserta garam. Cara menambahkan garam diusahakan dengan cara ditaburkan secara merata pada adonan roti.

Aduk-aduk lagi adonan yang telah ditambahkan mentega dan garam. Kemudian, uleni dengan tangan sampai adonan benar-benar kalis dan elastis, juga tidak lengket di tangan.

Bentuklah adonan menjadi bulat besar. Setelah itu, diamkan adonan selama 30 menit agar adonan mengembang secara sempurna.

Setelah adonan roti mengembang, kemudian dikempeskan sedikit dengan menekannya. Selanjutnya, potong-potong adonan menjadi beberapa bagian dengan bentuk sesuai selera. Bisa berbentuk kotak-kotak atau bulat lonjong.

Siapkan loyang dan olesi dengan sedikit margarin. Kemudian, letakkan potongan-potongan adonan tadi ke atas loyang. Diamkan adonan selama kurang lebih 1,5 jam agar mengembang lagi. Untuk mempercepat proses pengembangan adonan, bisa dengan menutupinya memakai kertas minyak.

Setelah adonan diatas loyang mengembang sempurna, kemudian lakukan proses pemanggangan dengan oven. Siapkan oven dan panaskan dengan suhu sekitar 200 derajat celcius.

Masukkan dan panggang adonan roti ke dalam oven selama kurang lebih 20 menit hingga roti matang. Ciri-ciri adonan roti yang matang adalah berwarna kekuningan dan kecoklatan. Setelah matang, keluarkan loyang dari dalam oven, lalu dinginkan.

Roti sudah jadi. Siapkan pisau yang tajam. Iris tipis-tipis roti tadi menjadi beberapa bagian dan akhirnya roti tawar pun siap untuk dimakan atau disajikan.

Olahan Roti Tawar

Setelah proses membuat roti tawar selesai, sekarang giliran untuk memakannya. Sekarang ini, sudah banyak berbagai variasi makanan yang terbuat dari roti tawar. Inilah salah satu kelebihan roti tawar yang bisa dikreasikan menjadi menu makanan lain atau sebagai bahan tambahan dalam membuat menu tertentu. 

Memakan roti tawar yang paling umum adalah memakannya langsung dengan tambahan berbagai makanan jenis lain atau olesan. Seperti dimakan dengan aneka selai, bersama meses coklat, atau dimakan bersama mentega atau susu coklat. Biasanya, menu makanan roti tawar ini dilakukan di pagi hari sebagai sarapan. Namun, tidak jarang juga dimakan dalam berbagai kesempatan.

Kehidupan modern yang banyak menyibukkan orang, menjadikan roti tawar ini sebagai pilihan makanan yang banyak digemari. Sebab, roti tawar cara memakannya praktis sekaligus juga cukup mengenyangkan perut. 

Bagi ibu-ibu yang memiliki anak sekolah, terkadang juga membekali anak-anaknya ke sekolah dengan roti tawar ini. Tak jarang para ibu berkreasi dengan mengolah roti tawar menjadi makanan yang disukai anak. 

Berikut ini adalah dua makanan hasil olahan dari roti tawar yang paling dikenal, yaitu:

Sandwich

Secara sederhana, sandwich adalah makanan dari dua lembar roti tawar yang disatukan. Kemudian, di tengahnya diberi aneka olahan makanan seperti daging, telur, dan sayuran. Sandwich merupakan salah satu cara memakan roti tawar dengan variasi sayuran dan daging.

Menu sandwich ini berasal dari makanan bergaya barat. Namun, sekarang sudah bisa dijumpai di berbagai restoran. Makanan ini bagi masyarakat di Indonesia masih tergolong mewah dan harganya pun cukup mahal jika membeli di restoran. 

Bahan dasar membuat sandwich adalah roti tawar. Hanya saja, roti tawar yang digunakan umumnya terbuat dari tepung gandum. Banyak yang menyebutnya dengan roti tawar gandum.

Karena harganya yang cukup mahal, tidak ada salahnya kalau membuat sandwich sendiri dengan roti tawar biasa. Untuk membuatnya, yaitu dengan cara membuang kulit roti tawar yang berwarna kecoklatan terlebih dahulu. Setelah kulitnya dikupas, kemudian roti tawar dipanggang sebentar.

Setelah roti dipanggang, satu sisi roti tawar akan berwarna putih kecoklatan. Kemudian, masukkan bahan isi sandwich, misalnya olahan daging atau sosis, sayuran, dan sebagainya. Aturlah dan susun bahan isi serapi mungkin, kemudian taburi sedikit merica bubuk dan saus di atasnya. Setelah itu, tutuplah dengan lembaran roti tawar satunya.

Roti Bakar

Menu roti bakar ini bisa jadi merupakan kreasi masakan dari dalam negeri sendiri. Pada dasarnya, mirip dengan sandwich. Namun, banyak orang menamakannya roti bakar saja. Bahan dasarnya adalah roti tawar yang kemudian diberi aneka makanan sebagai pelengkap. Cara membuatnya adalah dengan cara roti tawar dipanggang di atas api, bukan dengan oven panggang.

Sekarang ini, banyak dijumpai warung-warung tenda yang menyediakan menu roti bakar ini. Ada roti bakar rasa saus pedas, roti bakar rasa keju, roti bakar isi telur, roti bakar saus susu, dan masih banyak menu-menu lainnya. Semua menu tersebut kebanyakan merupakan perpaduan dari berbagai macam bahan tambahan.

Warung tenda ini umumnya buka di malam hari, yang sekarang banyak bermunculan, terutama di kota-kota besar. Menu yang ditawarkan salah satunya adalah aneka roti bakar seperti yang dicontohkan tersebut. 

Roti bakar ini memang sangat pas disantap dengan minuman hangat lainnya di waktu malam hari saat udara terasa dingin. Bagi yang tidak menginginkan makanan yang berat, roti bakar ini bisa menjadi alternatif pilihan menu santap malam.

Selain sebagai bahan dasar utama, roti tawar juga banyak dikreasikan dengan berbagai menu olahan lainnya. Menu-menu tersebut sekarang bisa dijumpai di berbagai majalah kuliner, koran, atau bisa juga mencarinya di internet.

Kreasi menu yang memakai roti tawar sebagai bahan tambahan misalnya olahan puding dengan roti tawar, kolak pisang dipadu dengan roti tawar, olahan es buah ditambah roti tawar, dan variasi menu makanan lainnya.

Demikianlah informasi seputar cara membuat roti tawar dan bagaimana cara mengolahnya menjadi variasi menu makanan. Kita bisa mencoba menu-menu tersebut atau bisa juga berkreasi sendiri dan memberinya nama yang unik dan menggoda selera. Selamat berkreasi!

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama