Cara Membuat Roti Sendiri di Rumah, Lebih Praktis

Cara Membuat Roti Sendiri di Rumah, Lebih Praktis

Siapa yang tidak suka roti? Hampir semua orang suka makan roti. Tetapi tidak semua orang bisa membuat roti karena masih banyak yang belum tahu bagaimana cara membuat roti. Roti banyak disukai karena mudah didapatkan dan relatif murah. Coba saja kita perhatikan, hampir setiap pagi selalu ada yang menjajakan roti.

Roti juga menjadi camilan yang pas ketika kita tidak sempat makan. Roti bisa dengan mudah didapat karena banyak yang menjualnya. Namun, pernahkan Anda ingin mencoba membuat roti sendiri? Jika ya, berarti Anda harus tahu cara membuat roti.

Cara membuat roti pada dasarnya tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Bahkan berdasarkan dari berbagai resep cara membuat roti, menggunakan bahan yang cukup sederhana. Proses pembuatannya pun hanya dipanggang dalam oven.

Namun, cara membuat roti juga bisa dikreasikan dengan bahan makanan yang lain, atau dengan menggunakan teknik membuat roti dengan cara digoreng. Apakah Anda juga ingin mengetahui cara membuat roti, sehingga bisa Anda praktekkan di rumah? Selain lebih hemat, membuat roti sendiri sudah pasti lebih sehat.

Cara Membuat Roti – Kiat dan Tips Membuat Roti Sendiri

Jika orang lain bisa membuat roti mengapa Anda tidak? Dengan melihat beberapa catatan cara membuat roti, Anda pun juga bisa membuat roti. 

Jika Anda sudah bisa membuat roti melalui resep cara membuat roti, Anda tidak perlu lagi membeli roti di luar, cukup dengan membuat roti di rumah, Anda bisa memenuhi kebutuhan roti untuk keluarga. Ada banyak resep cara membuat roti yang bisa Anda lihat, baik di buku resep makanan, ataupun dengan cara bertanya pada mereka yang sudah tahu bagaimana cara membuat roti.

Anda bisa membuat roti sendiri dengan mengikuti arahan atau resep cara membuat roti. Jika Anda sudah tahu bagaimana cara membuat roti, Anda tinggal mengasah kemampuan untuk membuat roti yang bagus. 

Tidak harus dibutuhkan keahlian khusus untuk bisa membuat roti, dengan kumpulan resep cara membuat roti, atau tips dan kiat cara membuat roti mulai dari adonan hingga kombinasi roti yang dinginkan, Anda pun juga bisa melakukannya dengan baik.

Cara membuat roti pada dasarnya tidak sulit. Apakah Anda pernah memperhatikan bagaimana sebuah toko roti membuat roti? Jika pernah, cara membuat roti sendiri di rumah juga tidak berbeda dari apa yang pernah Anda lihat.

Memang sebagai pemula, rasanya agak sulit untuk bisa membuat roti, namun saat ini resep cara membuat roti mudah kita dapatkan. Untuk memudahkan Anda yang ingin membuat roti, tetapi bingung mencari cara membuat roti, Anda bisa menggunakan internet untuk menemukan berbagai cara membuat roti.

Mencari berbagai resep cara membuat roti di internet lebih praktis dan mudah, bahkan Anda bisa bebas memilih resep cara membuat roti yang Anda inginkan. Bagaimana jika resep cara membuat roti di internet tidak dilengkapi dengan cara membuatnya? 

Anda tidak perlu khawatir untuk itu, karena di internet pun Anda tidak hanya diperkenalkan dengan jenis-jenis roti, tetapi juga bagaimana cara membuat roti berbagai macam bentuk dan isi, serta cara mengolah dan membuat adonan roti yang bagus. 

Satu hal yang harus Anda perhatikan ketika akan membuat roti sendiri dengan menggunakan resep cara membuat roti, Anda harus memiliki niat yang kuat untuk bisa membuat roti. Biasanya jika ingin membuat sesuatu dengan niat, semua bisa dilakukan dengan baik, demikian juga dengan halnya cara membuat roti di rumah sendiri.

Jangan takut gagal, atau misalnya ragu mempraktekkan cara membuat roti sendiri karena takut gosong, atau takut hasilnya tidak memuaskan karena kurang terampil mengaplikasikan resep cara membuat roti dengan baik dan benar. Setidaknya Anda telah mencoba, apapun hasilnya selama Anda mengikuti resep cara membuat roti, Anda pasti bisa melakukannya.

Cara membuat roti itu bermacam-macam, sesuai dengan resep roti yang akan dibuat. Sebagai pemula, mungkin Anda akan merasa sulit jika harus langsung membuat roti seperti yang ada di toko roti yang sudah memiliki nama.

Nah, jika Anda ingin membuat roti, sebagai pemula sebaiknya Anda pilih resep cara membuat roti yang sederhana saja dulu. Bila Anda sudah terampil membuat roti dari catatan cara membuat roti, barulah Anda bisa mencoba mengkombinasikan berbagai resep cara membuat roti menjadi resep Anda sendiri.

Berbagai Resep Cara Membuat Roti Sendiri

Cara Membuat Roti Sendiri di Rumah, Lebih Praktis

Anda ingin membuat roti? Atau tertarik ingin mengikuti jejak para koki yang mahir membuat roti? Seperti yang telah disinggung di atas, sebagai pemula Anda bisa membuat roti dengan bantuan berbagai resep cara membuat roti. 

Untuk awal, Anda sebaiknya memilih resep cara membuat roti yang sederhana saja dulu, baru kemudian jika sudah bisa membuat adonan roti yang baik, Anda mencoba membuat roti dengan resep cara membuat roti yang lebih rumit.

Namun, sebelum Anda mencoba berbagai resep cara membuat roti, Anda bisa mencoba tips awal membuat roti, yaitu adonan roti. Bagaimana cara membuat roti dalam betuk adonan ini? Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti sebelum mencoba resep cara membuat roti:

Untuk menghasilkan roti yang baik, sebaiknya Anda menggunakan tepung pembuat roti yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Mengapa yang mengandung protein yang tinggi? Supaya serat roti yang akan dibuat nanti hasilnya bagus.

Setelah itu masukkan mentega atau margarin, dan terakhir garam pada saat campuran bahan membuat roti yang lain sudah merata.

Setelah bahan sudah diaduk rata, Anda uleni adonan roti sampai benar-benar elastis, agar roti bisa mengembang dengan sempurna. Bagaimana mengecek keelastisan adonan roti yang sudah dibuat? 

Anda ambil sejumput adonan roti tersebut, lalu Anda tarik selebar mungkin. Tandanya adonan roti sudah elastis jika Anda tarik, adonan tadi tidak mudah robek. Jika ditarik tidak robek berarti adonan roti sudah elastis.

Ketika akan membuat adonan roti berdasarkan resep cara membuat roti, Anda juga harus memperhatikan proses fermentasi, terutama segi ketepatan waktu. Anda bisa menambah waktu fermentasi jika adonan roti yang sudah dibuat belum mengembang dengan sempurna. 

Perlu diperhatikan yang menjadi sebab roti kurang mengembang karena ragi yang digunakan pada saat fermentasi tidak bekerja dengan baik, atau bisa juga karena udara yang kurang hangat.

Perhatikan juga, selama melakukan proses fermentasi, adonan roti harus ditutup dengan rapat. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi penguapan, yang menjadis sebab roti mudah kering.

Tahapan yang harus diperhatikan juga adalah pada saat pemanggangan roti. Temperatur oven roti harus pas, antara suhu dan lamanya pemanggangan roti. Jika roti terlalu lama berada di oven, roti akan berubah menjadi kering dan keras. 

Resep Cara Membuat Roti Tawar

Berikut cara membuat roti tawar, sebagai langkah awal membuat roti yang sederhana untuk Anda. Bagaimana cara membuat roti tawar? Anda bisa ikuti instruksi dalam resep cara membuat roti tawar sebagai berikut:

Bahan:

500 gr tepung terigu protein tinggi

2 ¼ sendok teh ragi instan

30 gr gula pasir

30 gr susu bubuk

350 ml air es

50 gr mentega putih

1 ½  sendok teh garam

Cara Membuat Roti:

Pertama Anda campurkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk, lalu aduk hingga rata.

Lalu Anda tuangkan es sedikit demi sedikit sambil terus menguleni adonan roti sampai kalis dan tidak lengket di tangan.

Setelah kalis, Anda masukkan mentega putih dengan garam, terus uleni sampai elastis. Setelah itu Anda diamkan adonan selama 30 menit. Kempiskan adonan.

Selanjutnya Anda timbang masing-masing adonan sebanyak 190 gr, bentuk bulat dan diamkan selama 10 menit.

Setelah 10 menit, adonan roti tersebut Anda giling tipis memanjang. Lalu Anda gulung hingga padat dan tekan. Lalu giling lagi memanjang dan gulung.

Anda letakkan adonan yang sudah digiling tadi di loyang roti tawar yang ada tutupnya. Loyang roti tawar yang digunakan berukuran 30 x 12 x 12 cm, yang sebelumnya dioles dengan mentega putih dan diberi alas kertas roti sebanyak 5 buah adonan. Jangan lupa untuk mengoles tutup loyangnya dengan mentega putih.

Loyang Anda tutup hingga ¾ bagian loyang diisi dengan adonan roti. Anda diamkan selama 90 menit supaya mengembang, lalu jika sudah mengembang tutup kembali loyang.

Terakhir Anda panggang dalam oven selama 40 menit dengan mengatur suhu 180 derajat celcius hingga matang. 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama