Cara Membuat Roti Bakar Aneka Rasa

Cara Membuat Roti Bakar Aneka Rasa
credit:[email protected]_salam

Roti bakar adalah salah satu makanan favorit yang sudah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang enak, cara membuat roti bakar juga tergolong mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda tidak perlu repot-repot kebingungan mencari pedagang roti bakar saat tiba-tiba ingin menyantap olahan roti tersebut.

Roti bakar tentu saja bukan sekadar roti yang dibakar, namun umumnya ditambah dengan berbagai bahan yang tentunya semakin lezat dinikmati.

Anda penasaran roti bakar apa saja yang bisa memanjakan lidah? Berikut beberapa resep roti bakar sederhana yang bisa Anda praktekkan di rumah.

Roti Bakar Selai

Roti bakar selai bisa jadi adalah resep roti bakar yang paling mudah. Selain menyiapkan roti sebagai bahan utama, Anda tinggal menyiapkan selai berbagai rasa yang bisa Anda beli di toko atau minimarket terdekat. Bagaimana cara membuat roti bakar selai? Ikuti resep di bawah ini.

Bahan:

8 lembar roti tawar

4 sdm margarin

Selai strawberry secukupnya

Cara membuat:

Oleskan selai strawberry pada salah satu permukaan roti tawar hingga merata, lalu tutup dengan roti tawar lainnya. Lakukan juga pada lembar roti tawar yang lain.

Nyalakan kompor dan panaskan frying pan di atas api kecil.

Olesi permukaan frying pan dengan margarin.

Letakkan roti yang sudah diberi selai di atas pan. Panggang roti sambil agak ditekan dengan sendok masak selama sekitar 1-2 menit atau sampai masing-masing permukaan roti menjadi kekuningan.

Angkat roti bakar yang sudah matang lalu siap dihidangkan.

Ternyata membuat roti bakar selai sangat mudah, kan? Bila Anda tidak menyukai selai strawberry, bisa menggantinya dengan selai lain seperti selai kacang, selai nanas, selai coklat, atau selai blueberry. Kreasikan roti bakar selai ini sesuai dengan selera. Semakin kreatif, tentu saja semakin unik dan siapa tahu rasanya semakin menggugah selera.

Roti Bakar Buah

Anda bosan dengan roti bakar selai yang terlalu simple? Anda mungkin tertarik untuk mengetahui cara membuat roti bakar buah berikut ini. Seperti namanya, roti bakar yang satu ini akan menggunakan bahan baku buah-buahan, sebagai contoh kita akan memakai buah kacang dan pisang.

Roti bakar coklat kacang

Bahan:

8 lembar roti tawar

4 sdm margarin

200 gram meses atau coklat butir

250 gram kacang tanah kupas (tanpa kulit ari)

Keju cheddar secukupnya

Cara membuat:

Pertama-tama kacang tanah kupas harus digoreng terlebih dahulu. Setelah warnanya kekuningan, angkat, tiriskan, lalu tumbuk agak kasar.

Siapkan roti tawar dan olesi salah satu permukaannya dengan margarine.

Panaskan pan di atas api kecil dan olesi permukaan pan dengan margarin.

Letakkan roti diatas pan, permukaan yang diberi margarin menghadap ke atas.

Setelah sekitar setengah menit, taburi roti dengan meses dan kacang tumbuk, jangan lupa beri parutan keju cheddar. Setelah itu tutup dengan roti tawar lainnya.

Bolak-balik roti secara perlahan dan panggang hingga matang atau sampai permukaan roti  menjadi kekuningan.

Bila dirasa sudah cukup matang, angkat dan hidangkan di atas piring saji

Taburi roti bakar dengan tambahan parutan keju cheddar agar terasa lebih nikmat.

Pada roti bakar yang satu ini, memang menggunakan coklat butir atau meses. Namun, meises ini tentu bisa diganti dengan bahan lain yang serupa seperti selai coklat. Jika tidak suka, Anda bisa menggantinya dengan gula pasir.

Roti bakar pisang coklat

Bila tadi menggunakan kacang sebagai salah satu bahan tambahan, kali ini Anda harus mencoba memakai pisang yang memiliki rasa manis yang khas untuk membuat roti bakar. Selain itu, kali, ini Anda juga harus mencoba untuk membuat roti bakar pisang coklat dengan cara digulung. Penasaran bagaimana caranya? Ini dia resepnya.

Bahan:

8 lembar roti tawar

6 sdm margarin

4 buah pisang raja matang

1 butir telur

Selai coklat secukupnya

Keju cheddar secukupnya

Cara membuat:

Panaskan pan yang sudah diolesi dengan margarin.

Masukkan pisang raja yang sudah dikupas sebelumnya lalu goreng sebentar. Bila sudah cukup matang atau warnanya berubah kekuningan, segera angkat dan sisihkan terlebih dahulu.

Siapkan roti tawar, olesi salah satu permukaannya dengan selai coklat hingga rata.

Letakkan pisang raja yang sudah dimasak tadi di atas permukaan roti yang sudah diberi selai coklat.

Gulung roti hingga pisang tertutup rapat lalu padatkan. Lem ujung roti dengan putih telur agar tetap tertutup.

Panaskan kembali pan dan olesi dengan margarin.

Panggang roti gulung pisang tadi di atas pan hingga matang atau berubah warna kekuningan.

Bila sudah matang, angkat dan hidangkan di atas piring saji.

Beri taburan keju cheddar parut agar terasa lebih nikmat.

Selain kacang dan pisang, Anda juga bisa menggunakan jenis buah lain yang disukai, misalnya saja apel. Caranya pun hampir sama, apel yang sudah dikupas dan dipotong-potong dimasak terlebih dahulu dengan mentega dan diberi sedikit gula agar terasa lebih manis. Apul pun siap menjadi isi roti bakar.

Roti Bakar ala Sandwich

Resep roti bakar yang terakhir adalah roti bakar ala sandwich. Berbeda dengan resep-resep sebelumnya, kali ini kita akan menggunakan lebih banyak bahan seperti sayuran dan daging. Berikut cara membuat roti bakar sandwich.

Bahan:

8 lembar roti tawar

6 sdm margarin

4 lembar daun selada

1 buah tomat masak (sudah merah)

4 lembar keju cheddar

2 siung bawang putih yang sudah dicincang

Daging cincang secukupnya

Garam secukupnya

Merica secukupnya

Cara membuat:

Panaskan margarin dalam wajan, tumis bawang putih hingga harum. Setelah itu masak daging cincang dengan tambahan sedikit garam dan merica secukupnya. Bila sudah matang, tiriskan dan sisihkan terlebih dahulu.

Siapkan roti tawar, oles kedua sisi roti dengan margarin hingga rata.

Panaskan pan di atas api kecil, panggang roti hingga berubah warna kekuningan. Bila dirasa sudah matang, segera angkat.

Siapkan roti tawar yang sudah dibakar, beri daging cincang, daun selada, keju lembaran, dan irisan tomat. Setelah itu tutup kembali dengan roti bakar yang lain.

Roti bakar ala sandwich pun siap disajikan.

Itulah beberapa resep roti bakar sederhana yang sangat mudah dipraktekkan di rumah. Namun Anda bisa melakukan modifikasi sesuka hati agar roti bakar yang dihasilkan bisa benar-benar sesuai dengan selera.

Cara pembuatan roti bakar inipun sebenarnya punya banyak alternatif. Resep-resep di atas kebanyakan menggunakan frying pan yang pastinya bisa dengan mudah ditemukan di dapur. Namun, Anda bisa membuat roti bakar dengan cara dibakar langsung di atas api kecil, caranya yaitu dengan menggunakan jepitan pemanggang yang biasanya terbuat dari kawat.

Selain frying pan dan kawat pemanggang, ada cara yang lebih mudah dan praktis untuk membuat roti bakar, yaitu dengan mesin pemanggang roti atau toaster. Dengan menggunakan toaster, proses pembuatan roti tentu bisa lebih cepat dan lebih mudah. Kini, Anda bisa menyantap roti bakar dengan berbagai varian buatan sendiri. Selamat mencoba!

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama