Tips Memahami Kode Botol Susu Bayi

Tips Memahami Kode Botol Susu Bayi

Bahan plastik yang dipakai untuk botol susu bayi tidak selamanya aman. Untuk ketahui plastik yang Anda pakai aman atau mungkin tidak, sebaiknya ketahui kode dibalik botol susu itu.

Selainnya pilih botol yang pas seharusnya beberapa ibu diwajibkan pahami kode berbentuk huruf atau lambang di bawah kode botol seperti lambang segitiga yang tentukan tipe bahan plastiknya.

Berikut sejumlah kode yang diambil dari Reuters:

PET/PET atau Polyethylene Terephthalate

Bahan ini digunakan untuk botol plastik terbuka seperti paket untuk air mineral. Botol ini aman dipakai untuk sekali saja pakai dan tidak boleh masukkan air panas atau hangat.

HDPE atau High Densitas Polyethylene

Bahan ini biasa digunakan untuk botol susu warna putih susu. Seperti PET bahan ini cuman direferensikan untuk penggunaan sekali.

PVC atau Polyvinyl Chloride

Bahan plastik ini benar-benar susah didaur ulangi dan umumnya dipakai untuk botol dan pembungkus plastik (cling wrap). PVC beresiko untuk ginjal dan hati.

LDPE atau Low Densitas Polyethylene

Bahan ini bisa didaur ulangi dan pas untuk tempat makanan atau botol yang lentur. Bahan ini bagus untuk tempat makanan.

PP atau Polypropylene

Bahan ini ialah paling aman bila Anda beli barang memiliki bahan plastik sebagaimana untuk botol bayi atau tempat makanan.

PS atau Polystyrene

Bahan ini biasa digunakan untuk tempat minuman sekali saja pakai atau kotak makan styrofoam. Bahan styrene beresiko untuk otak dan mekanisme saraf. Beberapa negara telah larang penggunaan bahan ini.

Others

Bila lambangnya tercatat others itu maknanya bahan plastiknya dapat berawal dari Acrylonitrile Butadiene Styrene Acrylic, Polykarbonat, Polylactic Acid, Nylon atau Fiberglass. 

Seharusnya jauhi yang tercatat Polykarbonat karena memiliki kandungan senyawa BPA (Bisphenol-A) yang bisa mengakibatkan masalah pada jantung, diabetes, kanker dan kerusakan saraf.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama