Makalah tentang Efek Rumah Kaca

Makalah tentang Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca sebagai proses pemanasan yang terjadi pada permukaan satu benda langit yang terjadi karena ada keadaan atmosfer atau formasnyai. 

Ini umumnya terjadi pada benda langit yang beratmosfer, misalkan mars, venus, saturnus, planet, dan lain-lain . Maka, makalah efek rumah kaca ialah makalah yang mengulas mengenai beberapa benda langit yang mempunyai efek rumah kaca.

Dalam makalah efek rumah kaca ini, Anda bisa ketahui sangkut-paut efek rumah kaca, dampak rumah kaca, langkah mengatasi efek rumah kaca, dan sebagainya. Disamping itu, Anda harus juga menerangkan ke pembaca jika, efek rumah kaca dipisah jadi dua sisi yang lain, yakni efek rumah kaca natural serta tidak alami.

Efek rumah kaca alami yang disebut pemanasan yang terjadi dengan alami di bumi dan efek rumah kaca tidak alami yang disebut pemanasan yang terjadi karena tingkah tangan manusia (pemanasan global). Sekarang ini ke-2 nya diterima oleh beberapa periset, walau ada ketidaksamaan opini.

Joseph Fourier sebagai orang yang pertama kalinya menyarankan mengenai efek rumah kaca, persisnya pada tahun1824. Istilah efek rumah kaca atau dengan bahasa Inggris dikatakan sebagai green house efek. Anda tentu ingin ketahui deskripsi simpel berkenaan berlangsungnya efek rumah kaca.

Hal itu dapat disaksikan pada pengalaman beberapa petani yang menetap di wilayah yang mempunyai cuaca sedang. Umumnya, beberapa petani itu manfaatkan rumah kaca sebagai media untuk menanam sayur-mayur dan beragam macam bunga.

Anda tentu bingung, kenapa beberapa petani pilih rumah kaca? Karena temperatur dalam rumah kaca semakin tinggi bila dibanding dengan di luar rumah kaca.

Hal itu muncul karena cahaya matahari yang masuk ke rumah kaca itu akan dipantulkan kembali oleh beberapa benda yang ada dalam ruangan kaca sebagai gelombang panas yang berbentuk cahaya infrared. Panas yang ketahan pada atap kaca itu bisa menyebabkan udara dalam rumah kaca jadi hangat walau udara di luar rumah kaca dingin.

Proses dan Pemicu Berlangsungnya Efek Rumah Kaca

Pada makalah efek rumah kaca, Anda dapat mengulas berkenaan proses dan pemicu berlangsungnya efek rumah kaca. Efek rumah kaca terjadi karena bertambahnya gas karbondioksida (CO2) dan gas-gas yang lain di atmosfer.

Kenaikan itu terjadi karena ada peningkatan pembakaran bahan bakar minyak, batu bara, dan beberapa bahan bakar organik yang lain yang melewati batasan kekuatan tumbuhan-tumbuhan dan laut dalam mempernyerapnya.

Tahukah Anda jika energi yang masuk ke bumi, dipantulkan oleh awan dan partikel lain di atmosfer sejumlah 25%, diserap oleh awan sejumlah 25%, diserap oleh permukaan bumi sejumlah 45%, dan yang 5 % dipantulkan kembali oleh permukaan bumi berbentuk radiasi inframerah. 

Nach, cahaya yang dikeluarkan oleh bumi itu ketahan oleh awan, gas CO2, dan gas yang lain, yang hendak dibalikkan ke atas bumi.

Dari permasalahan itu, kita bisa mengaitkan jika selainnya gas CO2, ada benda yang lain dapat memunculkan efek rumah kaca, salah satunya nitrogen dioksida (NO2), belerang dioksida, nitrogen monoksida (NO), dan ada banyak senyawa organik yang lain, seperti klorofluorokarbon (CFC) dan gas metana.

Gas-gas yang mempunyai peranan seperti ada pada rumah kaca dapat dikatakan sebagai gas rumah kaca (GRK) atau green house gases. Gas-gas itu mempunyai peran yang penting dalam tingkatkan efek rumah kaca.

Efek rumah kaca muncul karena ada peralihan pada formasi gas rumah kaca, yaitu bertambahnya fokus gas rumah kaca secara global sebagai akibatnya karena kegiatan manusia khususnya kegiatan yang ada hubungan dengan pembakaran bahan bakar fosil, misalkan minyak, gas, dan batubara.

Beberapa kegiatan yang memunculkan efek rumah kaca, salah satunya AC, kendaraan motor, pembangkit tenaga listrik, computer, dan mengolah. Selainnya disebabkan karena beberapa kegiatan itu, gas rumah kaca bisa juga dibuat akibatnya karena penggundulan dan pembakaran rimba.

Selain itu, kegiatan dalam pertanian dan peternakan yang memakai tambahan beberapa zat tertentu dalam aktivitas mereka, misalkan karbondioksida, metana, dan nitroksida.

Imbas yang Diakibatkan Efek Rumah Kaca

Selainnya info tentang pemahaman efek rumah kaca, salah satunya hal yang harus Anda masukkan dalam makalah efek rumah kaca ialah imbas yang diakibatkan dari kegiatan itu. Sesudah pahami keterangan awalnya, Anda bisa pahami jika fokus CO2 yang tinggi pada atmosfer bumi jadi pemicu emisi panas yang dikeluarkan oleh benda lain di atas bumi.

Mengakibatkan, temperatur di bumi ini jadi bertambah panas. Nach, efek yang diakibatkan karena ketinggian CO2 yang capai tingkat batasan ialah cahaya matahari tidak sanggup kembali tembus sampai ke permukaan bumi.

Dalam hal itu, kita bisa ambil ringkasan simpel jika, bila fokus CO2 telah capai titik jemu, karena itu dapat ditegaskan bumi akan alami gelap karena ada radiasi panas yang tidak sanggup tembus bumi. Disamping itu, hal itu terjadi sebagai akibatnya karena dipantulkannya kembali C02 keluar angkasa.

Mengakibatkan, temperatur bumi akan turun secara mencolok dan terjadi pembekuan pada permukaan air. Efek yang lain diakibatkan karena emisi gas rumah kaca ialah permasalahan pada beberapa flora dan fauna.

Pada hewan yang bertelur, seperi ikan dan ayam akan alami kerusakan reproduksi dan beberapa jaringan yang lain yang berpengaruh pada hancurnya komunitas hewan itu. Dalam tumbuhan yang semestinya memerlukan fokus CO2 untuk menolong proses fotosintesis, jadi tidak dapat lakukan prosesnya.

Proses sel fotosintesis yang ada pada daun tertutup oleh jelaga yang disebut efek samping dari CO2. Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan dalam tumbuhan. Selainnya berpengaruh pada kerusakan beberapa flora dan fauna, bertambahnya temperatur permukaan bumi dapat mengakibatkan peralihan cuaca yang paling ekstrim di bumi.

Peralihan itu dapat menyebabkan terusiknya rimba dan ekosistem yang lain yang semestinya menolong mempernyerap karbon dioksida di atmosfer jadi menyusut kekuatannya. Efek rumah kaca dapat menyebabkan gunung-gunung es di kutub utara mencair, yang berpengaruh pada naiknya permukaan laut.

Permukaan air laut yang naik bisa menyebabkan erosi di wilayah sekitaran pesisir pantai, kerusakan terumbu karang, kerusakan rimba bakau, intensif sinar di dasar laut jadi menyusut, dan gelombang air laut yang makin tinggi.

Efek rumah kaca yang membuat temperatur di bumi bertambah bukan hanya mengusik ekosistem, namun kerusakan di lingkungan, misalkan pencemaran sampah, pencemaran udara yang turut berperan pada beragam penyakit, seperti jantung, asma, alergi, paru-paru, coccidiodomycosis, dan sebagainya.

Tetapi, satu yang harus diingat jika efek rumah kaca bukan hanya mempunyai imbas jelek pada kehidupan, karena efek rumah kaca mempunyai imbas positif yang dapat dirasa oleh manusia dan semua makhluk di bumi.

Pikirkan saja, bila tanpa efek rumah kaca, karena itu dapat ditegaskan jika planet ini bisa menjadi benar-benar dingin. 

Disamping itu, ada efek rumah kaca membuat kita jadi lebih berhati-hati dan irit dalam memakai bahan bakar fosil, menyadarkan manusia akan keutamaan Tuhan sebagai penyerap gas polutan dan pemroduksi oksigen, dan jadikan manusia lebih inovatif dalam memproses sampah.

Cara-Cara Mengatasi Efek Rumah Kaca

Nah, supaya makalah efek rumah kaca Anda jadi menarik, janganlah lupa untuk mengikutkan beberapa cara mengatasi efek rumah kaca. Ada dua langkah yang dapat dilaksanakan untuk perlambat pertambahan gas rumah kaca.

Pertama, dengan menahan terlepasnya karbon dioksida ke atmosfer dengan simpan gas itu ke arah tempat lain atau yang disebutkan dengan carbon sequestration. Kedua, dengan kurangi produksi gas rumah kaca. 

Langkah yang termudah dilaksanakan, salah satunya memiara pohon-pohonan, reboisasi tempat yang gundul, pengendalian sampah dengan tepat, dan lain-lain.

Demikianlah informasi mengenai efek rumah kaca, mudah-mudahan berguna.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama