Makalah Gempa Bumi dan Tsunami

Makalah Gempa Bumi dan Tsunami

Banyak peristiwa musibah alam seperti gempa bumi dan tsunami yang menerpa dari muka bumi belakangan ini. Jejeran musibah yang berturut-turut memunculkan satu pertanyaan, apa bumi sudah tua?

Atau mungkin manusia sendiri yang membuat bumi jadi demikian? Apa ada makalah gempa bumi dan tsunami yang bisa mengutarakan info komplet mengenai ini.

Banyak makalah gempa bumi dan tsunami yang bisa Anda dapatkan dengan membrowsing di internet. Atau menelusurinya di beberapa sudut perpustakaan. Kemungkinan beberapa puluh makalah mengenai gempa bumi dan tsunami dengan beragam versus dan referensi dapat Anda peroleh.

Peristiwa Musibah Alam

Gempa bumi dan tsunami ialah dua musibah alam yang lumayan serius yang ke-2 nya sama-sama terkait keduanya. Karena munculnya tsunami bisa dipacu oleh ada gempa bumi. Dan gempa bumi tersebut umumnya selalu terjadi secara bersusulan.

Selanjutnya ke-2 nya anggota imbas pada peristiwa alam yang lain. Seperti perpecahan muka bumi, longsoran yang terjadi di bawah laut, hancurnya biota bumi dan lain-lain.

Pemahaman Gempa Bumi

Peristiwa alam apa sebetulnya gempa bumi itu? Gempa bumi terjadi beberapa ribu tahun lalu di saat bumi masih alami zaman es. Guncangan yang berkali-kali mengakibatkan robohnya gunung-gunung es dan tercipta dataran-daratan luas yang selanjutnya jadi beberapa benua.

Dalam pengetahuan bumi (geologi), gempa bumi itu ialah kejadian perubahan atau gerakan lurus bumi yang disebutkan dengan gempa tektonik, dan gerakan perut bumi oleh ada erupsi gunung berapi atau disebutkan dengan gempa vulkanik.

Beberapa macam gempa yang kemungkinan terjadi ialah diantaranya karena ada :

  • Pergerakan vertikal tanah
  • Longsor bawah laut
  • Longsor sejauh samudera
  • Perapuhan susunan sedimen bumi, dan
  • Gempa moderat pada sesar bumi.

Pemahaman Tsunami

Makalah Gempa Bumi dan Tsunami

Dan tsunami dalam beberapa makalah gempa bumi dan tsunami, ialah satu gelombang laut panjang yang tercipta dalam masa yang lama dengan tinggi dapat capai 50 mtr., berkecepatan lebih kurang 1000km/jam menjalar di permukaan laut, dengan tersisa kubangan air di datarannya yang bisa terarah berapakah luas tempat hempasannya (run up).

Tsunami sebetulnya ialah skema air yang bergerak. Alurnya selalu logis dan bisa dibaca. Tiap kubik air memiliki kemampuan capai 4 ton tenaga dorongan. Tsunami dengan tinggi 60 kaki mempunyai penekanan sejumlah 3-4 bar. Dan kemampuan libas ombaknya mencapaii sampai 80kilo newton.

Umumnya munculnya ombak atau gelombang diawali dari lautan terlepas dan terbuka. Karena skema airnya yang logis, dan bisa terarah dengan spectroscop (alat pengukuran gelombang laut atau amplitude antara gelombangnya); karena itu letak episentrum atau pusat gempanya bisa diprediksi.

Umumnya peralihan barang yang dihempaskan oleh gelombang tsunami bisa tentukan letak episentrumnya, atau pusat ledakan (explosive gempa).

Penyebab tsunami ialah karena ada ledakan di bawah laut dalam tempat yang luas. Ledakan itu muncul karena ada gempa tektonik yang sudah disebut awalnya barusan

Kilatan Musibah Gempa Bumi dan Tsunami

Bumi walau terlihat tua, tetapi dari beberapa makalah gempa bumi dan tsunami terhitung kuat dibantai musibah alam yang terus-menerus. Dan deretanan peristiwa alam yang sama-sama terkait.

Flashback dari musibah gempa bumi dan tsunami yang pernah terjadi. Yang beberapa salah satunya menerpa bumi pertiwi Anda, ialah seperti berikut :

  • Tahun 1907, tsunami pertama di Provinsi DI Aceh.
  • Tanggal 26 Desember 2004, tsunami kembali di Provinsi DI Aceh.
  • Tanggal 12 Januari 2006, gempat bumi Haiti yang berefek memacu tsunami.
  • Bulan Juli 2006, gempa bumi dan tsunami di Pangandaran.
  • Bulan Agustus 2009, gempa bumi di Padang.
  • Tanggal 1 Agustus 2010 jam 09.10 WIB, berlangsungnya kenaikan kegiatan flare sampai rasio C2.
  • Tanggal 1 Agustus 2010 jam 16.00 WIB, terjadi ledakan (flare) kecil pada permukaan matahari.
  • Tanggal 3 Agustus 2010, imbas ledakan matahari sampai ke bumi.
  • Tanggal 3 Agustus 2010 ada kemunculan aurora di langit di atas Wisconsin Utara.

Karena itu saat sebelum telat, menyelamatkanlah planet kita. Minimal dengan tidak menambahkan kerusakan yang telah ada dari muka bumi.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama