Makalah Ekonomi tentang Penawaran Barang

Makalah Ekonomi tentang Penawaran Barang

Sudah pernahkah Anda membaca makalah ekonomi? Manusia dan hidupnya memanglah tidak dapat melepas diri dari ekonomi. Baik sebagai aktor atau pencinta. Ekonomi seakan jadi satu kata yang punya pengaruh penting di kehidupan manusia. Ekonomi seperti pengontrol kehidupan manusia. Kehidupan mustahil jalan tanpa geliat ekonomi.

Pengertian Ekonomi

Ekonomi sebagai salah satunya pengetahuan sosial yang pelajari kegiatan manusia yang terkait dengan produksi, distribusi, transisi, dan konsumsi barang atau jasa. Salah satunya permasalahan yang diulas dalam ekonomi ialah penawaran barang.

Sebetulnya, istilah ekonomi datang dari bahasa Yunani, yakni oikos yang memiliki arti ‘keluarga atau rumah tangga' dan nomos yang memiliki arti ‘aturan, ketentuan, hukum'. 

Dengan begitu, ekonomi bisa disimpulkan sebagai ketentuan rumah tangga atau management rumah tangga. Dalam pengetahuan ekonomi, dikenali juga pakar ekonomi atau ekonom. Pakar ekonomi ialah orang yang memakai ide ekonomi dan data dalam bekerja.

Pengertian Penawaran Barang

Penawaran barang ialah beberapa barang atau jasa yang hendak dipasarkan di saat dan tingkat harga tertentu. 

Misalkan, setiap hari, /bulan, atau /tahun. Jumlah barang yang ada itu sebagai hasil penyatuan penawaran barang dari semua produsen yang ada di wilayah tertentu. Ada satu poin utama yang penting dipahami jika jumlah penawaran belum pasti sama dalam jumlah barang yang betul-betul dipasarkan.

Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi

Sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi, manusia akan ditempatkan pada permasalahan ekonomi. Pokok permasalahan ekonomi yang ditemui manusia ialah realita jika jumlah keperluan manusia tak terbatas, sementara jumlah alat pemuas keperluan manusia benar-benar terbatas.

Tiap manusia pasti mempunyai jumlah dan tingkat keperluan yang lain. Orang yang satu belum pasti mempunyai tingkat keperluan sama dengan lainnya. 

Ketidaksamaan tingkat keperluan itu dikuasai oleh faktor-faktor, yakni seperti berikut:

  • Faktor ekonomi.
  • Faktor peradaban sosial budaya.
  • Faktor fisik.
  • Faktor pengajaran.

Tipe Penawaran

Penawaran terdiri dari dua tipe, yakni seperti berikut:

  • Penawaran pribadi, yakni penawaran satu barang yang sudah dilakukan oleh penjual atau produsen.
  • Penawaran pasar, yakni penjumlahan dari beberapa penawaran pribadi. Dalam kata lain, penawaran pasar memiliki arti hitung penawaran dari beberapa produsen.

Faktor yang Memengaruhi Penawaran

Penawaran bisa alami peralihan dari sisi kualitas atau jumlah. Peralihan itu bisa dikuasai oleh tiga aspek terpenting, yakni seperti berikut.

Harga barang atau jasa.

Harga input atau ongkos produksi yang ikut memengaruhi jumlah barang yang dijajakan. Saat tenaga kerja, modal, bahan baku, dan bahan pembantu, naik, produsen akan tergerak untuk turunkan atau kurangi jumlah barang yang dijajakan. Hal tersebut dilaksanakan sebagai langkah untuk menghindar tanggungan ongkos yang besar.

Tehnologi produksi yang dipakai ikut memengaruhi jumlah barang yang dijajakan hingga punya pengaruh pada penawaran.

Itu sedikit deskripsi berkenaan ekonomi dan beberapa unsur simpatisannya, terhitung penawaran barang. Mudah-mudahan artikel ini bisa menambahkan wacana Anda berkenaan ekonomi dan aktivitasnya. Bagaimana juga, manusia akan terkait dengan aktivitas ekonomi.

Coba Anda pikirkan, apa yang terjadi kehidupan ini tanpa sebuah pengetahuan yang namanya "ekonomi". 

Memang, sebuah pergerakan kehidupan bisa jalan tanpa pengetahuan yang mengendalikannya, tetapi kehadiran pengetahuan ekonomi sanggup menegaskan beragam analitis aktivitas yang awalnya tak pernah dijumpai pemicu dan dampaknya. 

Pengetahuan ekonomi sanggup membuat manusia mempertimbangkan dan memprediksi "angka" yang perlu dan dapat diperoleh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama