Cara Membuat Kue Bolu Kukus Dan Kue Bolu Panggang

Kue Bolu Panggang

Siapakah yang tidak mengenali kue bolu yang selalu tampil elok? walau duduk antara renteten jajan pasar yang beragam macam wujud, warna, tipe dan rasa. Tetap saja kue bolu berlainan dari makanan lainnya. 

Rasanya yang manis, dan halus di mulut ini rupanya tidak susah dibikin. Lantas bagaimana cara membuat kue bolu kukus? Ingin tahu dan telah gatal lidah dan tangan untuk mengaplikasikan sendiri di dapur kecintaanmu kan?

Kelebihan Kue Bolu

Kue bolu berupa kecil yang dilapis kertas kecil, di mana ujungnya mekar berwarna-warni, ada yang coklat, pink, hijau dan beberapa warna lainnya. Itu asumsi orang pada umumnya mengenai kue bolu. 

Rupanya kue bolu tidak seperti hanya itu. Ada juga kue bolu yang seperti kue ulang tahun. Berwarna juga hampir serupa dengan kue ulang tahun.

Jangan-jangan sejauh ini setiap pesan kue ulang tahun, salah pesan kue bolu? Tidak boleh cemas. Tidak beracun kok, masih sama kue. Nach kue bolu ini ada banyak tipe dan cara pembikinan.

Cara pembikinan kue bolu ada yang memakai cara di panggang dan ada juga dengan cara membuat kue bolu kukus. ini kali yang hendak kita coba ialah membuat kue bolu kukus, yang memiliki bentuk kecil-kecil dan kerap dipasarkan sebagai jajan pasar. 

Karena memiliki bentuk menarik, kue ini kerap jadi sasaran ibu-ibu PKK sebagai sajian dalam jamuannya. Bila ada waktu senggang, membuat sendiri pasti lebih senang dan terjaga kesehatannya. Berikut sebagai resep membuat bolu kukus.

Bolu Kukus

Beberapa bahan:

  • tepung terigu segitiga biru atau tepung serbaguna 500 g
  • susu 400 mililiter
  • 2 butir telur
  • emulsifier 1 sdm
  • gula pasir 275 gr
  • 1 sdm vanila

Cara membuat:

Masukan susu 400 mililiter dan tepung serba buat 500 g, kocok sampai rata.

Kocok pelan-pelan, karena bila terlampau cepat tepung yang berada di tempat akan terbang.

Masukan 2 biji telur, vanilla emulsifier dan gula pasir jadi satu.

Yakinkan adonan betul-betul sudah jadi satu dan mencair.

Pisah adonan jadi dua. Karena akan diberi bahan warna makanan. Satu untuk warna alami, satu warna yang kamu gemari. Misalkan warna hijau. Supaya lebih sehat, warna hijau makanan bisa ditukar dengan warna hijau dari daun pandan.

Persiapkan kertas khusus yang berperan tempat kue kukus, pada tempat penulis biasa disebutkan cetakan roti/muffin.

Saran adonan ke cetakan.

Adonan warna netral diisi semakin banyak, dan di atas adonan netral baru diberi adonan warna hijau. Maksudnya warna hijau yang teratas akan bersatu dengan adonan warna netral. Hingga saat kue bolu ini di kukus akan megar. Karena peningkatan berikut warna hijau ketekan ke atas dan warna hijau yang teratas merekah seperti bunga mawar.

Persiapkan riasg atau klakat. Riasg ini harus dipanaskan di atas api yang besar. Sama sesuai namanya "kukus", jadi adonan ini harus di kukus lebih dulu. Yup! Kita masukkan adonan yang telah tercetak. Biarkan adonan masuk ke riasg pengukus dan biarkan kue megar.

Jadilah kue bolu kukus versus kecil dan mini.

Anda pun juga bisa membuat kue bolu kukus, tapi menyengaja dibikin berupa kue ulang tahun. Misalkan Anda mempunyai sepupu yang sesaat lagi berulang-ulang tahun, tidak ada kelirunya Anda membikinkan kue ulang tahun, tapi memakai bolu kukus. 

Andaikan tidak mempunyai Oven, Anda bisa juga masih tetap memberinya hadiah kue ulang tahun padanya, supaya sepupu Anda suka karena memperoleh hadiah yang elok.

Ingin tahu, yok lihat bagaimana cara membuat kue bolu kukus yang berupa kue ulang tahun. Bahkan juga bolu kukus yang mempunyai wujud kue ulang tahun bisa juga dibikin lebih dari 3 warna pada sebuah ukuran loyang. 

Apa lagi untuk anak-anak, anak-anak pasti menyenangi suatu hal yang dibuat secara menarik. Bahan dan triknya sama dengan resep adonan di atas, yang membandingkan cuman cetakannya saja.

Membuat kue bolu kukus dengan kue bolu panggang pasti berlainan. Kemungkinan ada yang tertarik ingin membuat kue bolu panggang? Baca terus artikelnya sampai akhir.

Bolu Panggang

Beberapa bahan:

  • mentega 1/4 kg
  • tepung terigu 3,5 ons
  • coklat bubuk 1/2 sdt
  • ovalet 1/2 sdm
  • gula lembut 3/8 kg
  • susu bubuk putih 5 sdm.
  • 12 butir telur
  • 2 buntel vanili

Cara membuat:

Pisah kuning telur dan putih telur lebih dulu di tempat yang lain. Persiapkan mentega, vanili, gula lembut, dan ovalet pada satu tempat.

Kocok seluruh bahan sepanjang 10 menit dengan kecapatan tinggi, sampai adonan betul-betul meningkatkan. Rerata 10 menit adonan mulai megar.

Kuning telur tadi sudah dipisah masukan ke adonan yang telah megar.

Masukan kuning telur dengan bertahap, satu-satu.

Masukan tepung terigu dikit demi sedikit. Teruslah untuk mengeduk adonan sampai rata.

Msukan susu bubuk dan coklat bubuk, aduk sampai rata

Putih telur tadi sempat dipisah, sekarang mulai masukan juga ke adonan sampai megar.

Adonan siap untuk di masukan ke dalam loyang untuk di panggang.

Ingat, awalnya loyang harus diberi lebih dulu dengan tepung, gunanaya supaya adonan tidak begitu lekat. Panggang sepanjang 40 menit. Tidak boleh terlampau panas dan tidak boleh kelamaan. 

Kue bolu panggang siap untuk dihias seperti kue ulang tahun. Di atas kue bisa dikasih tambahan buah ceri atau buah strobery supaya makin percantik kue bolu.

Trik Pembuatan Kue

Dari beberapa cara di atas, cara membuat kue mana yang paling Anda gemari? Tiap kue yang dibikin pada intinya mempunyai keunikan tertentu, dimulai dari sisi rasa, wujud, sampai penyuguhan. Hal yang paling penting ialah tentukan tipe kue yang Anda sukai, kemudian coba membuat kue itu.

Penyeleksian material dasar tidak bisa dianggap remeh, Anda harus membuat sebuah kue yang sehat, higienis, dan nikmat tentu saja. Oleh karena itu siapkan beberapa bahan yang fresh dan berkualitas dalam pembikinannya.

Harga yang murah dari satu bahan, umumnya sesuai kwalitasnya . Maka beli bahan yang sedikit mahal tetapi membuat Anda sehat tentu saja sebagai salah satunya opsi arif. Ingat-ingatlah, arah awalnya Anda membuat sendiri kue, karena Anda ingin kue yang sehat serta bergizi kan? Jadi buat apa ambil resiko dengan beli bahan yang buruk kualitasnya.

Sesudah usai pilih bahan, cara setelah itu memperhatikan perlengkapan yang dipakai. Yakinkan perlengkapan dapur yang Anda pakai sudah dibersihkan sampai bersih hingga bebas dari kuman. Dengan demikian, hasil kue yang Anda bikin semakin lebih optimal.

Sesudah Anda usai membuat kue, selekasnya bersihkan semua perlengkapan dapur yang Anda pakai, tidak boleh simpan perlengkapan kotor kelamaan, karena akan memunculkan bakteri dan berbau yang tidak lezat. 

Membersihkan juga kompor dan tempat dapur Anda supaya tidak ada tersisa adonan yang terciprat. Karena tersisa adonan itu akan mengerak dan dapat membuat dapur Anda tidak higienis.

Demikian cara membuat kue bolu dan kue bolu panggang yang ringkas, berikut trik dan tips bagus yang dapat Anda coba sendiri di dalam rumah. Mudah-mudahan berguna.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama