Cara Membuat Kue Bolu dan Hiasannya

Cara Membuat Kue Bolu dan Hiasannya

Resep dan cara membuat kue bolu pandan kukus yang dapat anda coba. Gampang dengan macam hiasan yang dapat anda coba kreativitaskan.

Cara membuat kue bolu telah lama dijumpai. Kue bolu juga dikenal dengan cake dengan bahasa inggris. Dengan bahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula dan telur membuat kue bolu gampang dibikin. 

Beberapa kue bolu disudahi dengan proses pemanggangan, walau beberapa ada yang lewat proses dikukus, misalkan brownis kukus atau bolu kukus. Dan cake yang dilapis cream mentega, fondant dikenali dengan kue tart.

Secara umum cake atau kue tart dikonsumsi sebagai makanan penutup atau jadi sajian khusus dalam sebuah perayaan pernikahan atau perayaan ulang tahun. 

Kebudayaan barat menggunakan kue tart sebagai sisi dari perayaan, memiliki sifat sentra dalam perayaan yang diselenggarakan. Ini berlainan dengan di Indonesia, di mana kue tart diganti oleh tumpeng. Acara potong tumpeng jadi alternatif acara potong kue tart.

Beragam Jenis Kue Bolu 

Memiliki bentuk yang kotak dan bulat, mempunyai tujuan mempermudah kue tart dipotong saat akan dihidangkan atau saat dipasarkan. Untuk kue bolu yanng digulung dan diisi mentega atau berbagai selai dikenali dengan bolu gulung. Puding terkadang memakai potongan kue bolu sebagai dasarnya saat sebelum disiram dengan agar-agar. 

Ada banyak tipe kue bolu menurut cara membuat kue bolu:

1. Krim cake atau butter cake. 

Cara membuat kue bolu ini dengan mengocak mentega sebagai awalannya yang digabung dengan gula sampai jadi bentu cream. Krim cake memerlukan soda kue atau baking soda untuk meningkatkan adonan. 

Kue krim cake yang paling simpel yakni pound cake. Berbahan terdiri dari mentega, tepung terigu, dan gula pasir. Masing-masing 1 pon untuk ukurannya. Dan pada zaman dulu, untuk menukar baking soda, beberapa orang memakai mentega yang dikocak sampai halus.

2. Sponge cake. 

Cara membuat kue bolu sponge cake diawalai dengan telur yang dikocak dengan gula sampai berbuih. Kemudian tambah tepung terigu, kemudian dapat dipertambah mentega atau minyak goreng. Sponge cake sendiri dipisah kembali menurut tehnik mengocak telurnya.

• Sponge cake dengan putih telur dan kuning telur yang dikocak dalam mangkok yang terpisah. Struktur yang hendak didapat dari kocokan ini ialah struktur yang paling halus. Contoh sponge cake ini yakni angel food cake atau chiffon cake.

• Sponge cake ini memakai putih telur dan kuninig telur yang dikocak dalam mangkuk yang serupa (genoise). Beberapa besar kue bolu pada umumnnya memakai kocokan telur genoise ini.

Beragam Perlengkapan Dekor Dan Cara Membuat Kue Bolu Pandan Kukus

Ada banyak dekor yang dapat dipakai untuk menghiasi kue bolu yang telah dingin. Cream mentega dengan taburan cokelat butir dan permen beragam warna terkadang jadi topingnya. Ada pula yang memakai taburan gula lembut (icing sugar) dan putih telur, toping ini juga dikenal bernama icing (frosting).

Untuk menghiasi kue bolu, umumnya memakai beragam pernak-pernik dari plastik atau boneka kecil yang dapat dibeli ke toko dan hiasan dari marzipan atau fondant. Untuk kue pernikahan umumnya dikasih hiasan berbentuk boneka sepasang pengantin. 

Dan kue ulang tahun umumnya dikasih hiasan berbentuk boneka atau watak kartun yang dicintai anak-anak.

Ada beragam perlengkapan yang bisa dipakai untuk menghiasi kue ulang tahun. Perlengkapan itu umumnya bisa dibeli ke toko pada harga yang bervariatif tiap macamnya. Berikut ini ada banyak perlengkapan yang umumnya digunakan untuk menghiasi kue.

Piring berputar-putar. Alat ini bermanfaat untuk menyimpan kue yang dihias. Ketika akan menghiasi dengan cream mentega atau coklat cair, kue diputar untuk mempermudahnya. Pakai pisau palet atau spatula untuk meratakannya.

Gilingan kue. Biasa juga dikenal bernama rolling pin. Peranan dari perlengkapan ini untuk menipiskan marzipan atau rolled fondant yang hendak dipakai untuk melapis permukaan. Gilingan kue juga bisa untuk membuat hiasan kue.

Ada pula kantong dekor yang berbentuk kantong, baik dari kain atau plastik atau kertas yang selanjutnya diisikan cream mentega. Kantong dekor ini nanti ditolong dengan Spuit. Memiliki bentuk berbentuk corong dengan beraneka macam. 

Perannya untuk keluarkan cream mentega. Spuit mempunyai bermacam-macam pada ujungnya, dimulai dari wujud bintang atau bunga. Dan yang berupa bulat tidak untuk cetak wujud, tetapi untuk tuliskan suatu hal seperti perkataan selamat ulang tahun atau apa saja di permukaan kue. Supaya split dapat dipakai karena itu dipakai coupler, gelang dari plastik.

Kertas berpola. Kertas yang mempunyai beberapa lubang lembut, bermanfaat untuk membuat beragam pola di atas kue. Kertas berpola dipakai seperti ayakan baik memakai tepung gula atau coklat bubuk. Jika latihan untuk menghiasi kue, juga bisa memakai busa styrofoam sebagai media latihan. 

Dan untuk membuat wujud beragam jenis, dipakai cetakan kue kering. Baik yang dibuat dari plastik atau logam dengan bermacam-macam, dimulai dari hewan sampai wujud bermacam macam bunga.

Ada beberapa resep cara membuat kue bolu dengan rasa dan bahan yang lain, walau masing memakai tepung terigu sebagai bahan intinya. 

Yang pertama yakni kue bolu pandan kukus. Berbahan terbagi dalam 100 g tepung terigu, 125 gr gula pasir, 1 butir kuning telur, 3 butir telur, 90 ml santan masak, 1/2 sendok teh emulsifier, pasta panda, seperempat valili bubuk, garam.

Sesudah semua dirasakan cukup, sekarang waktunya membuat kue bolu pandan kukus. Persiapkan loyang yang telah dibaluri dengan mentega. Alasi dengan kertas roti yang telah dilapis dengan mentega, selanjutnya pinggirkan. Panasi riasg, dan diamkan sampai beruap. 

Cara membuat kue bolu pandan kukus seterusnya yakni mengkocok telur utuh, kuning telur, emulfiser, gula pasir dengan kecepatan tinggi sampai megar.

Sesudah megar tambah tepung terigu dengan cara diayak dikit demi sedikit. Adonan masih tetap dikocak, tetapi dengan kecepatan rendah. Kemudian tuang santan dikit demi sedikit, aduk dengan spatula sampai adonan rata. Sesudah rata tambah pasta daun panda, dan aduk kembali memakai spatula sampai warna adonan berbeda kehijauan.

Sesudah siap, tuang adonan ke loyang yang sudah dipersiapkan barusan. Kukus sekitaran 30 menit. Saat sebelum diangkat, kue bolu pandan ditest dulu dengan lidi, apa masih tetap ada adonan yang melekat atau mungkin tidak. Bila tidak karena itu angkat loyang, dan potong potong. Kue bolu pandan kukus siap dihidangkan.

Cake atau kue bolu bisa diubah selanjutnya. Dapat dipertambah dengan keju parut atau cokelat. Untuk membuat rainbow, tambahkan cokelat pasta pada adonan, untuk kue bolu pandan jadi beragam sisi, selanjutnya tambah dengan teratur setiap 10 menit sekali, di mana warna yang dipertambah berlainan. 

Bukanlah hal yang sulit dan memerlukan ketrampilann untuk melakukan modifikasi kue bolu kukus pandan. Itu cara membuat kue bolu pandan kukus yang dapat anda coba di dalam rumah.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama