Cara Membuat Kripik Kentang Mudah dan Enak

Cara Membuat Kripik Kentang Mudah dan Enak

Camilan apa yang asyik dikonsumsi untuk menemani makanan berat seperti nasi? Jawabnya ialah kripik kentang. Kripik ini nikmat dikonsumsi, baik sambil menonton tv, membaca buku atau koran, bahkan juga saat menikmati makan siang atau makan malam. 

Jika Anda adalah orang yang inovatif tentu saja ingin mempelajari cara membuat kripik kentang ini. Dan jika benar, maka baca artikel ini sampai selesai.

Cara Membuat Kripik Kentang

Cara membuat kripik kentang sebetulnya benar-benar gampang. Namun, ada juga orang yang tidak pintar membuat atau bisa saja malas membuatnya. Biasanya, mendekati lebaran kripik kentang dipasarkan di beberapa toko roti atau bakery. 

Omzetnya sangat mengagumkan. Ini mengisyaratkan jika kripik kentang juga dapat menjadi pilihan usaha yang menjanjikan keuntungan.

Bagaimana  cara membuat kripik kentang?

1. Pilih kentang yang baik. 

Tidak seluruh kentang cocok untuk dibuat kripik. Beberapa ciri kentang yang baik ialah kulitnya mulus dan tidak ada sisi yang menghitam.

2. Kupaslah kentang selanjutnya diiris-iris tipis.

Rendamlah kentang yang telah diiris-iris di air larutan kapur sirih. Tujuannya adalah untuk membuat kentang jadi gurih setelah dimasak.

3. Persiapkanlah minyak panas. 

Minyak yang dipakai agak banyak, supaya semua sisi kentang nanti bisa tertutup dengan minyak.

Setelah panas, masukan kentang ke minyak itu, tunggu dalam kurun waktu 20-30 menit. Saat proses penggorengan, api yang dipakai ialah api sedang. Maksudnya supaya kentang tidak cepat gosong.

4. Sesudah terlihat kecokelatan, angkatlah kentang,selanjutnya keringkan.

Beberapa orang juga membuat berbagai macam kombinasi dalam pembuatan kripik kentang. Yakni, dengan menambahkan rasa pedasnya. Hingga, kripik kentangnya berbeda nama menjadi kripik kentang balado.

Bila Anda ingin membuat, cara lumayan mudah. Sesudah melakukan langkah-langkah di atas, Anda tinggal membuat sambal baladonya. 

Triknya seperti berikut:

  • Irislah cabe merah selanjutnya lumatkan.
  • Tumbuk lembut bawang merah dan bawang putih.
  • Tambah lengkuas dan daun salam sebagai pengharumnya.
  • Persiapkan lada dan garam seperlunya.
  • Persiapkan air seperlunya.

Sesudah semua bumbu-bumbu di atas dipersiapkan, gorenglah dengan minyak sampai wangi. Jangan lupa tambah air supaya tidak begitu kering. Jika bumbu telah tercium wangi, masukanlah kentang yang telah ditiriskan. 

Aduklah kentang dalam bumbu itu sampai rata, pastikan dengan keadaan api kecil. Dalam pengadukan ini bisa dilaksanakan dengan memakai tangan.

Bila Anda sejauh ini selalu membuat kripik kentang dengan rasa biasa saja, coba untuk membuat kripik kentang berbeda dari umumnya. Buat kesan baru untuk keluarga Anda. Dengan rasa yang baru akan membuat keluarga Anda selalu menunggu kripik kentang balado buatan Anda.

Usaha Kripik Kentang Balado

Walaupun membuat kripik kentang balado tidak begitu susah, tetapi tidak banyak orang yang menjualnya di pasar. Sebenarnya, ini jadi prospek yang bagus untuk membuat bisnis kripik kentang balado. Membuatnya relatif gampang dan memasarkannya juga tidak sulit.

Anda tinggal masukkan keripik kentang  hasil kreasi Anda ke beberapa toko roti atau pada tempat penghentian bis untuk pembelian oleh-oleh. Bila di Medan, Anda dapat meletakkannya disekitaran pusat jajan dodol bengkel yang ada di wilayah Perbaungan. 

Di sini lumayan banyak beberapa toko yang menjual camilan. Nah, jika Anda orang medan, maka Anda dapat memasarkannya di lokasi Bengkel Perbaungan.

Anda tinggal berbagi keuntungan dengan penjualnya. Nyaris tiap hari ada-ada saja bis yang berhenti di tempat penjualanan makanan. Memang, biasanya orang membeli dodol bengkel, tetapi jika melihat produk baru, bukan mustahil mereka akan berminat untuk membeli. 

Atau, jika memang perlu Anda beri contoh-contoh kripik kentang balado. Dengan mencoba rasa kripik kentang balado olahan Anda, sudah pasti bakal ada customer yang tertarik.

Jangan lupa, sertakan didalamnya alamat rumah Anda sebagai tempat pembuatan kripik kentang. Plus, nomor telpon Anda. Anda harus bersiap menerima pesanan dengan jumlah yang besar. Pesanan itu biasanya dipakai untuk saat acara pesta pernikahan atau dipakai untuk acara arisan.

Saat lebaran termasuk juga sisi dari pemesanan dengan jumlah besar. Masalahnya di Medan kripik kentang terhitung sebagai menu makanan ciri khas hari raya. Warga masyarakat kota Medan biasanya memakai kripik pisang, bukan mustahil ada yang ingin mengubah dengan membuat kripik pisang balado.

Anda sebagai pembuat kripik harus inovatif. Tidak boleh hanya menjual dua rasa kripik saja. Yakni, kripik kentang dan kripik kentang balado. Coba untuk mengkombinasikan dengan membuat kripik kentang dengan tipe yang lain. 

Anda dapat coba membuat lebih dulu lalu meminta seseorang untuk mencobanya, apakah rasanya telah pas atau belum.

Perlu diingat, tidak ada usaha yang maju tanpa kreativitas. Dalam membuat usaha kripik kentang diperlukan kreativitas Anda. Anda harus memikirkan formula kripik seperti apa yang cocok untuk ditawarkan ke masyarakat. Tentu saja dengan modal yang murah supaya Anda juga dapat secara mudah menjualnya dan masyarakat juga mudah membelinya.

Mengenal Asal Usul Kentang

petani-kentang
credit:[email protected]_kentang

Sesudah menerangkan mengenai proses mengolah kripik kentang dan usaha kripik kentang, sekarang saya ingin berbagi informasi dengan Anda terkait dengan asal mula kentang. Cukup aneh jika kita selalu makan kentang, tetapi tidak paham asal usulnya.

Kentang telah tumbuh di bumi ini semenjak 3000 SM sampai sekarang ini. Pada awalnya tumbuh di wilayah Peru Selatan. Kentang baru dikenal di wilayah Spanyol pada abad ke-16, yakni, saat kerajaan Spanyol sukses melakukan penjajahan dengan melintasi lautan.

Lewat Spanyol, kentang mulai populer di benua Eropa. Kentang jadi makanan terkenal di Eropa pada abad ke-19. Alasannya disukai masyarakat Eropa, karena murah dan gampang untuk mengkonsumsinya. Apa lagi di tengah-tengah aktivitas warga Eropa dengan kegiatan rutin kerjanya.

Alasan lain mengapa masyarakat Eropa menyenangi makan kentang ialah, karena kentang termasuk makanan yang tidak mempunyai ampas sehingga ini membahagiakan mereka. Plus, kandungan kentang juga bagus untuk kesehatan dan telah dirasakan dari dulu oleh masyarakat disana.

Semenjak itu, pembudidayaan dan penanaman kentang juga jadi hal khusus yang sudah dilakukan nyaris di semua daratan Eropa waktu itu. Contoh kenyataannya ialah Irlandia. Negera ini rela habiskan sepertiga lahannya untuk ditanami kentang. Hingga di Irlandia tanaman kentang jadi komoditi khusus serta jadi mata pencarian rakyat Irlandia.

Hal yang yang sama terjadi di Inggris. Inggris menjadikan kentang sebagai komoditi khusus. Bahkan juga, beritanya, kentang juga menjadi satu diantara simpatisan revolusi industri di negeri Ratu Elisabeth itu.

Untuk daerah Asia dan Amerika, kentang baru dikenal oleh penduduknya pada abad ke-17 dan abad ke-19. Selanjutnya kentang masuk ke Indonesia dan masyarakat Indonesia juga dapat merasakan manfaat kentang. Kandungan glukosanya lebih sedikit jika dibanding yang mengandung glukosa pada nasi.

Demikianlah artikel tentang Cara Membuat Kripik Kentang Mudah dan Enak. Semoga berguna dan bermanfaat.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama