Cara Membuat Bakso Daging Sapi

Cara Membuat Bakso Daging Sapi

Jenis masakan berbahan dasar daging sapi jumlahnya sangat banyak. Olahan daging sapi yang berharga mahal seperti steak, hingga olahan daging sapi yang bisa didapatkan dengan harga yang cukup murah seperti bakso. 

Bakso bisa dinikmati siapa pun. Rasa dan harganya yang rata-rata bersahabat menjadikan bakso sebagai makanan kegemaran bagi sebagian besar masyarakat.

Bakso memang murah, tapi jika terus-terusan, jajanan murah itu juga bisa menguras kantong Anda. Untuk menyiasati hal itu, Anda bisa membuat sendiri bakso di rumah. Cara membuat bakso daging sapi memang cukup rumit, tapi hal ini bisa sangat menyenangkan, mengingat setelahnya Anda bisa memakan bakso sepuasnya.

Bahan-Bahan Membuat Bakso Daging Sapi

Sebelum berbicara mengenai resep dan cara membuat, hal yang terlebih dulu harus diperhatikan adalah pemilihan bahan baku utama, yaitu daging sapi. Daging sapi yang baik tentu saja adalah daging sapi yang masih segar. 

Ciri-ciri utama daging yang masih segar adalah berwarna merah segar, bukan merah pucat. Justru akan lebih baik jika daging yang dipilih adalah daging yang masih ada sisa-sisa darah segar.

Bagian dari sapi yang cocok dijadikan bahan utama pembuatan bakso adalah bagian paha. Jika Anda ingin membuat bakso urat, pilih daging bagian sengkel, atau iga, yang terpenting adalah pilih daging yang masih dalam keadaan segar. 

Daging yang segar akan menghasilkan bakso yang juga segar, tidak berbau, dan kenikmatannya pun akan terjamin.

Selesai memilih daging yang segar, bahan selanjutnya yang harus Anda siapkan adalah tepung kanji, es batu, dan bumbu rempah-rempah, yaitu bawang putih, merica, garam, dan penyedap rasa.

Takarannya tentu disesuaikan dengan banyaknya daging yang disediakan. Jika daging yang Anda sediakan sebanyak 250 gram, maka tepung kanji yang harus disediakan sebanyak 125 gram. Perbandingan daging sapi dengan tepung adalah 2:1.

Cara Membuat Bakso Daging Sapi

Setelah semua bahan terkumpul, Anda bisa mulai berjibaku dengan daging dan bahan-bahan pembuat bakso tersebut.

1. Daging sapi yang sudah dibersihkan, kemudian diiris kecil dan digiling.

2. Daging yang sudah halus kemudian campur dengan es batu atau air es. Jangan lupa masukkan bumbu yang telah dihaluskan terlebih dulu.

3. Setelah daging giling tersebut kalis, campurkan tepung kanji dengan perlahan. Dalam tahap ini, Anda bisa berkreasi sebebas apa pun. Anda bisa mencampurkan bahan lain sesuai selera Anda. Misalnya, jamur, udang, atau keju.

Adonan tersebut tidak perlu ditambahkan air, cukup menggunakan es batu di awal pembuatan. Adonan yang kalis nantinya akan memudahkan Anda dalam proses pembentukan bakso.

4. Daging sapi yang sudah teraduk rata dengan kanji dan bumbu-bumbu, kemudian dibentuk. Anda bisa membentu bakso dengan menggunakan dua buah sendok, atau jika Anda sudah ahli dan adonan bakso Anda bagus, Anda bisa membentuk bakso menggunakan tangan.

Caranya, ambil adonan bakso dan letakkan pada genggaman Anda. Remas adonan tersebut hingga muncul adonan bakso berbentuk bulatan di antara sela-sela ibu jari dan telunjuk. Jika sudah berbentuk bulat, ambil bakso di tangan Anda dengan menggunakan sendok.

5. Adonan yang sudah berbentuk bulat tersebut, lantas langsung dimasukkan ke dalam air yang telah mendidih. Jika bakso sudah mengambang, angkat lalu masukkan di air es agar bakso Anda lebih renyah ketika disantap.

 Itulah artikel tentang Cara Membuat Bakso Daging Sapi. Semoga berguna dan bermanfaat.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama