Cara Belajar Komputer

 

Cara Belajar Komputer

Cara Belajar Komputer - Di zaman yang serba modern seperti saat ini memang sangat menyenangkan. Banyak sekali teknologi yang diciptakan oleh manusia demi kemudahan manusia itu sendiri.

Salah satu alat teknologi yang saat ini memiliki peran yang cukup penting dalam meringankan pekerjaan manusia adalah komputer. Bagi yang belum bisa maka untuk segera memulai belajar komputer. Ada cara belajar komputer yang sederhana dan cepat.

Dicoba Saja, Jangan Takut

Jangan pernah takut untuk tidak bisa mengoperasikan sebuah komputer. Jangan pernah pula memiliki perasaan untuk takut merusak komputer yang telah kita gunakan nantinya. 

Dalam proses belajar hal tersebut sangatlah wajar tetapi takut yang terlalu berlebihan bisa menjadikan kita sebagai orang yang tidak pernah berjalan alias tetap di tempat.

Saat ini kita tidak boleh untuk tidak bisa mengoperasikan sebuah peralatan yang bernama komputer. Berbagai keperluan yang ada saat ini sudah ditunjang dengan teknologi komputer sehingga sangat wajib sekali untuk bisa mengoperasikan sebuah komputer.

Biar pun dalam proses belajar nantinya kita akan berjalan seolah seperti siput tetapi hal tersebut lebih baik daripada tidak mau belajar sama sekali. Ibarat sebuah pepatah yang mengatakan bahwa biar lambat asal selamat.

Belajar Komputer

Belajar komputer sama seperti kita belajar naik sepeda motor atau kendaraan. Jika terlalu lama tidak digunakan maka akan kehilangan kepercayaan diri untuk memulai kembali. Namun bukan berarti ilmu yang didapatkan sebelumnya akan hilang.

Ketika seseorang belajar komputer yang perlu diingat adalah untuk terus menggunakan komputer tersebut. Teknologi selalu berkembang dengan pesat bahkan dalam hitungan bulan saja sudah ada banyak sekali perubahan dalam dunia komputer. 

Meskipun demikian, untuk saat ini cara pengoperasian maupun software yang ada dirasakan hampir sama hanya saja memiliki kemasan yang berbeda.

Secara sederhana belajar komputer terbagi menjadi dua macam yakni. Belajar mengoperasikan komputer dan mengetahui perangkat dalam komputer serta belajar memperbaikinya. 

Belajar mengoperasikan komputer adalah pembelajaran awal ketika seseorang mencoba untuk bisa bermain dengan komputer. langkah yang paling mudah dan pertama yang diharuskan untuk diketahui ketika seseorang ingin belajar komputer adalah mengetahui bagaimana cara mematikan dan menyalakan sebuah komputer.

Meskipun terbilang cukup sederhana tetapi langkah ini adalah langkah dasar pertama yang wajib diketahui sebelum mulai mengoperasikan komputer. Jika seseorang tidak mengetahui bagaimana menghidupkan dan menyalakan komputer maka bagaimana dia bisa belajar dengan komputer?

Setelah mengetahui bagaimana menghidupkan dan mematikan komputer maka yang perlu diketahui hal lainnya adalah perangkat pendukung yang ada di dalam komputer tersebut. 

Perangkat pendukung tersebut hanyalah sebagian perangkat luar saja yang biasanya digunakan untuk mendukung kegiatan kantor yang membutuhkan sebuah komputer.

Beberapa perangkat keras yang merupakan perangkat pendukung adalah CDRoom, printer, dan tempat colokan flashdisk. Untuk sementara cukup mengenal ketiga perangkat ini saja untuk bisa mengoperasikan sebuah komputer.

Ketika belajar komputer kita juga harus mengenal sistem operasi apa yang sedang digunakan di dalam komputer tersebut. Sebenarnya ada beberapa macam operasi sistem komputer yang ada di dunia ini. 

Namun secara garis besar ada tiga macam operasi sistem yang cukup banyak digunakan oleh orang yakni mirosoft dengan windowsnya, mac, dan linux.

Untuk negara kita lebih banyak yang digunakan adalah operasi sistem windows. Operasi sistem yang satu ini sudah sangat dikenal dan familiar di tengah-tengah masyarakat. 

Semua perangkat komputer kebanyakan menggunakan sistem ini sehingga untuk saat ini kebanyakan orang tidak bisa lepas dari OS yang satu ini.

Agar pembelajaran komputer bisa lebih efektif terutama dalam pengoperasian software yang diinginkan untuk bisa dioperasikan di dalam komputer maka seseorang harus benar-benar fokus pada apa yang diinginkannya tersebut. Misalnya saja seseorang ingin belajar mengenai cara mengoperasikan beberapa software kantor.

Jika seseorang ingin bisa mengoperasikan beberapa software yang dibutuhkan untuk memudahkan pekerjaan kantor maka yang perlu dipelajari adalah cara mengoperasikan microsoft office.

Microsoft office adalah salah satu program atau software komputer yang sudah sangat dikenal kemudahannya dalam membantu pekerjaan kantor seperti menulis laporan, mengedit data, dan melakukan presentasi. Semua kegiatan tersebut biasanya dilakukan dengan menggunakan software microsoft office tersebut.

Ketika seseorang ingin bisa belajar membuat laporan, tentu saja beberapa software yang harus dikuasai adalah microsoft word dan microsoft excel. Microsoft word merupakan software yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk mengetik.

Dengan menggunakan software ini maka kita tidak perlu lagi mengalami jaman mesik ketika dimana ketika salah menulis maka kertas harus ditipex atau dibuang. 

Namun cukup dengan menggunakan microsoft office maka hal tersebut tidak perlu dilakukan karena ketika terjadi kesalah dalam penulisan maka cukup dilakukan sebuah penghapusan saja.

Sedangkan software yang satunya yaitu microsoft excel berfungsi untuk membuat tabel atau neraca sehingga lebih enak untuk membaca sebuah data. Selain itu, dengan software ini pula maka kita tidak perlu lagi menghitung data yang ada dengan manual.

Cukup dengan memasukkan rumus ke dalam salah satu sel yang ada di mircrosoft excel maka secara otomatis semua bisa dihitung.

Jadi secara sederhana belajar komputer sangatlah mudah sekali untuk dilakukan. Hal yang perlu diingat ketika ingin belajar komputer adalah perlunya spesifikasi untuk bisa mengoperasi sebuah program komputer agar proses pembelajaran bisa efisien dengan hasil yang cukup memuaskan.

Belajar memperbaiki komputer

Ketika seseorang bisa mengoperasikan sebuah komputer baik cara menghidupkannya maupun mematikannya dan mengoperasikan semua software yang ada maka tidaklah cukup hanya sampai di situ saja. 

Biasanya akan timbul dalam benak seseorang untuk bisa memperbaiki setiap kerusakan yang terjadi pada komputer yang mereka miliki.

Untuk bisa belajar memperbaiki komputer maka kita juga dituntut untuk mengetahui seluk beluk komputer secara rinci baik dari software maupun hardware. Jadi belajar memperbaiki komputer lebih rumit dari pada belajar mengoperasikan sebuah komputer.

Untuk bisa memperbaiki komputer secara otodidak maka kita harus memiliki tekad yang kuat untuk mau belajar. Secara garis besar kerusakan yang terjadi pada komputer pun terbagi menjadi dua macam yakni kerusakan pada bagian software dan kerusakan pada bagian hardware.

Jika terjadi kerusakan pada bagian software yang biasanya disebabkan oleh serangan virus yang ganas maka cara atau solusi yang biasa diberikan dengan cukup cepat adalah dengan melakukan instal ulang. 

Proses instal ulang akan memakan waktu yang cukup lama tetapi terbukti cukup efektif untuk mengatasi setiap kerusakan software yang ada pada komputer.

Ketika terjadi sebuah kerusakan pada bagian hardware maka diperlukan sebuah pengalaman yang tidak bisa sebentar. Terkadang seseorang harus bisa menganalisa bagian yang mana yang terkena kerusakan sehingga dengan mudah dapat diganti.

Kerusakan hardware yang ada pada komputer biasanya untuk memperbaikinya adalah dengan langkah pembelian sparepart yang baru. Jarang sekali orang yang melakukan perbaikan kerusakan yang ada pada komputer dengan jalan disolder. 

Jika sudah ketemu kerusakan pad hardwarenya dan diganti maka komputer akan bisa berjalan dengan normal kembali.

Kedua hal inilah yang biasanya dipelajari oleh setiap orang ketika mempelajari sebuah komputer. Jadi sangat mudah sekali bukan cara belajar komputer?

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama