Bermacam Resep Cara Membuat Kue Lapis Legit

Bermacam Resep Cara Membuat Kue Lapis Legit

Tiap orang yang sempat nikmati kue lapis, barangkali sempat berpikiran bagaimana cara membuat kue lapis legit? Artikel ini akan bawa Anda semakin banyak mengenali bermacam resep membuat kue lapis dan seberapa jauh prospect usaha kue lapis legit.

Kue lapis legit sebagai makanan cemilan tradisionil yang basa kita jumpai di beberapa pasar dan beberapa toko penjual bermacam jenis kue. Memiliki bentuk cokelat muda dan berlapis-lapis. Rasanya juga manis. 

Kue lapis yang disebut makanan ciri khas Indonesia ini umumnya terdiri dari 2 warna yang berlapis. Karena itu disebutkan kue lapis. Kue dibuat dari tepung beras, tepung kanji, gula pasir, garam, bahan warna, dan santan.

Ada yang dikukus, ada yang dipanggang. Sementara bahan warna yang dipakai umumnya bahan warna bikinan dan alami. 

Bahan warna bikinan dapat memakai bahan warna makanan yang dipasarkan bebas di toko boga, sementara bahan warna alami memakai pandan untuk wanrna hijau dan sirup bunga mawar untuk warna merah.

Kue lapis kerap kita temui sebagai makan siang atau makan enteng untuk beberapa orang yang rapat di kantor, saat Hari Raya mendekati, beberapa acara kawinan, ulang tahun, atau bahkan juga sunatan. Kue lapis pada harga dan bahan yang berbeda dapat kita peroleh pada harga yang berbeda juga. Rasanya juga umumnya ciri khas.

Cara Membuat Kue Lapis Legit Tepung Beras

Membuat kue lapis seyogyanya murni dibuat dari supremasi tepung beras. Bagaimana cara membuat?

Persiapkanlah 275 gr tepung beras, 75 gr tepung sagu, 300 g gula pasir. Janganlah lupa dengan sediakan 1/2 sdm garam, 1 liter santan, tiga helai daun pandan, dan bahan warna makanan baik itu yang warna merah atau hijau.

Masaklah santan bersama daun pandan dan garam, janganlah lupa untuk diaduk-aduk sampai mendidih. Angkat sampai hangat. Campurlah tepung beras, tepung sagu, gula pasir, aduklah semuanya rata. Tuang santan dikit demi sedikit sekalian diuleni, sampai adonan menjai encer.

Untuk adonan jadi tiga sisi dan berikan bahan warna sesuai dengan selera. Misalkan susunan satu warna hijau, yang ke-2 merah, atau satu sisi didiamkan putih. Tuanglah adonan pertama dengan putaran 50 mililiter sampai 100 mililiter atau sesuai dengan selera, lalu masukan ke loyang panas yang sebelemnya telah dibaluri minyak.

Kukus adonan itu sampai mengeras lalu teruskan dengan tuangkan adonan selanjutnya secara berlalu sampai adonan habis. Kue lapis juga siap dikukus sampai 1/2 jam lama waktunya. Suguhkanlah kue lapis dengan cara mengguntingnya.

Cara Membuat Kue Lapis Legit Keju

Apa yang diperlukan? Persiapkanlah dua sendok teh bumbu yang umum dipakai khusus, yaitu spekoek. Janganlah lupa pakai juga dua sendok makan susu cream. 

Mengambil tiga butir kuning ayam, ditambah lagi 60 gr keju batangan yang diparut. Kemudian siaplan 185 gr tepung terigu, 300 g butter dan 450 g mentega. Ada selalu gula untuk membuat kue, kan? Persiapkanlah 550 gr gula pasir.

Bagaimana cara seterusnya?

Campurlah tepung terigu dengan Spekoek, pinggirkanlah dalam piring. Karena kita akan sampai di cara seterusnya.

Kocoklah mentega, susu bubuk, dan butter sampai jadi putih. Adonan ini disisihkan.

Kocoklah kuning telur dengan gula pasir sampai warna putih di tempat terpisah. Masukanlah kombinasi mentega lalu kocok dengan mixer berkecepatan rendah. Buat supaya semua rata.

Tambahkanlah kombinasi tepung terigu. Tentu saja dengan masukkan dikit demi sedikit. Janganlah lupa dengan cara mengocaknya yang perlu memakai mixer berkecepatan rendah. Ini supaya adonan yang sudah kita bikin tercampur dengan rata. Kemudian aduk-aduk adonan sampai betul-betul rata. Pakailah sendok kayu supaya adonan masih tetap lembut.

Kemudian, adonan juga sudah siap untuk diatur. Bagaimana cara membuat adonan dapat terlihat berlapis-lapis?

Masukanlah adonan kue ke dalam loyang, kemudian panggang memakai api atas sampai kue tesebut berbeda warna jadi kuning. Nach, kerjakan hal sama di susunan ke-2 .

Untuk susunan ke-3 , taburilah susunan dengan suatu hal yang kita siapkan, yaitu keju parut sampai betul-betul rata.

Pangganglah dalam loyang sampai berwarna kekuningan. Lapisilah secara berganti-gantian di antara susunan polos dan susunan yang diberi keju parut itu.

Angkatlah, karena itu Anda sudah membuat kue lapis yang siap disajikan dan legit juga rasanya.

Cara Membuat Kue Lapis Susu

Selainnya keju atau kue lapis biasa, kue lapis legit punyai bahan susu supaya rasa lebih variasi dan menarik. Kue lapis susu ini sebetulnya disukai di Pontianak, Kalimantan Barat. 

Kue lapis legit tipe ini jadi kekayaan kulineran ciri khas wilayah yang kemungkinan jarang-jarang dijumpai. Bagaimana cara membuat? Yok, kita baca.

Persiapkan beberapa bahannya. Yakni, siapkan empat ratus gr mentega, 125 gr gula pasir bubuk atau lembut, 50 gr tepung terigu yang mengandung protein rendah. Persiapkan juga 1/2 kaleng susu kental manis, dua puluh butir kuning telur, dan 1/2 sendok teh pasta moka.

Sesudah beberapa bahan telah berada di meja, silahkan masuk ke cara membuat. Kocoklah mentega dan gula pasir yang lembut sampai supaya jadi halus. Tambah selanjutnya kuning telur satu demi satu sekalian masih tetap dikocak sampai rata. 

Tuangkanlah susu kental manis di kombinasi yang kita bikin awalnya barusan dikit demi sedikit sekalian rata, lalu tambah tepung terigu sekalian diayak dan diaduk-aduk rata.

Kemudian bagilah adonan ke dua sisi sama rata. Bikinlah supaya berlapis mirip contoh pada resep-resep awalnya. Lantas panggang adonan selapis untuk selapis sampai berganti-gantian dengan memakai oven api. Sesudah usai, sajikan dan kue lapis susu siap disajikan.

Belajar dari Usaha Usaha Lapis Legit Rizka

Di Kota Bogor, talas dapat dibuat 200 ribu ton setiap hari jadi olahan pangan. Dan salah satunya pebisnis wanita Rizka Wahyu Romadhona memprosesnya jadi bahan kue lapis legit. Upayanya juga sukses dan makanan cemilan itu populer masyarakat lokal dan wisatawan asing. Bagaimana ini semua berawal?

Sejauh ini kue lapis warna kekuningan atau cokelat muda, tetapi tidak dengan kue lapis dari alas yang warna ungu. Mengapa warna seperti begitu? 

Terang saja karena bahan intinya datang dari bahan yang dipakai. Yakni ini memakai umbi talas. Bagus sekali, kan? Tidaklah aneh tipe kue lapis ini sangat digilai penikmatnya. Pastilah dengan tepung terigu sebagai bahan khusus seperti seperti membuat kue.

Usaha Rizka ini mendapatkan support pemerintahan di tempat dan memberikan nama produknya dengan Lapis Bogor Sangkuriang. Usaha ini sukses besar untuk ukuran dan dapat menjadi ide untuk pebisnis makanan lain. 

Hingga dia buka gerai di beberapa titik dengan kira-kira dua ribu empat ratus kotak kue yang habis sehari-harinya. Bahan bakunya saja sampai 100 kg tepung talas. Dan itu semua dipakai tidak cuman untuk kue lapis, tetapi variasi makanan lain. Karena selainnya kue lapis, Rizka membuat bermacam makanan lain seperti bolu, pie, sampai brownies.

Nach, disini bisa dimengerti jika dengan mempunyai ketrampilan membuat lapis legit kita dapat buka usaha. Benar-benar, usaha tipe makanan semacam ini memberikan keuntungan. Karena nyaris tiap orang sukai dengan tipe makanan. 

Tidak salah jika disebutkan, jika usaha makanan ialah usaha yang tidak ada matinya. Mudah-mudahan berguna.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama