Cara Memperbaiki Printer

Cara Memperbaiki Printer

Mengetahui cara memperbaiki printer merupakan salah satu penguasaan keahlian dalam perkembangan teknologi yang setiap saat mengalami peningkatan dari segi kualitas mutu serta kuantitas produk yang dihasilkan. 

Ini semata-mata merupakan jawaban kemudahan bagi manusia dalam melakukan segala aktivitas. Hal tersebut kemudian makin meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebutuhan teknologi.

Salah kebutuhan dalam bidang teknologi khususnya di bidang komputerisasi dalam kaitannya dengan perangkat kertas salah satunya adalah kebutuhan printer. 

Maka, sebagai bagian pendukung kebutuhan manusia mobilitas kerja printer sangat tinggi, sehingga menyebabkan sering terjadi kerusakan pada pengoperasiannya.

Kebutuhan manusia akan teknologi dari waktu ke waktu semakin besar minatnya, membuat berbagai terobosan diciptakan untuk semakin meningkatkan kecanggihan teknologi itu sendiri. 

Kecanggihan yang dirasakan sangat membantu, baik sebagai wujud efisiensi waktu maupun sebagai persiapan dan persiapan dalam menjawab tantangan dunia ke depannya.

Printer sebagai salah satu teknologi yang dibutuhkan manusia untuk memudahkan pekerjaannya, menjadi pilihan terbaik dalam menghasilkan data secara tertulis dalam sebuah kertas. Sistem kerjanya yang cepat, telah menciptakan terjadinya penyelesaian pekerjaan manusia lebih cepat dari sebelumnya. 

Untuk itu diperlukan pengertian menyeluruh mengenai segala seluk beluk menyangkut printer dan permasalahan pada proses kerjanya. Sehingga saat terjadi kerusakan, Anda sudah tahu cara memperbaiki printer.

Sejarah Awal Teknologi Percetakan

Adalah China yang disinyalir merupakan tempat dimana pertama sekali ditemukan adanya teknik percetakan. 

Bangsa China menggunakan teknik percetakan dengan metode penyekaan yang dilakukan pada sebuah alat yang pada saat itu terbuat dari bahan kayu.

Tahun 1450, seorang tukang emas berkebangsaan Jerman menemukan alat percetakan bergerak pertama di dunia. Ide untuk membuat alat percetakan bergerak ini dikemukan oleh Johann Gutenberg. 

Atas dasar pemikiran tersebut, kemudian alat percetakan bergerak mengalai perkembangan yang pesat. Dimulailah sebuah era di mana percetakan sebuah data bisa dilakukan dalam jumlah yang banyak.

Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Printer

Mengetahui pengertian, fungsi dan jenis printer menjadi salah satu modal cara memperbaiki printer bila ada yang tidak beres. Printer merupakan alat cetak data yang hasilnya bisa berupa teks atau gambar. Printer memiliki kerja yang sebagian besarnya terhubung dengan kinerja sistem komputer.

Oleh karena itu, sering kita lihat printer dipadukan dengan komputer untuk memudahkan proses kerjanya. Secara sederhana, proses kerja suatu printer dimulai ketika ia dialiri arus listrik sehingga memungkinkannya untuk hidup, setekah printer terhubung ke komputer lewat interface port.

Program bekerja ketika kita mulai memerintahkan komputer untuk mem-print sebuah data dan hasilnya berupa cetakan data di kertas yang sebelumnya telah disiapkan di paper tray.

Secara garis besar, printer memiliki fungsi sebagai hardware yang umumnya terhubung dengan sistem komputer yang memiliki fungsi sebagai alat cetak. 

Baik berupa cetakan tulisan maupun gambar yang datanya diperoleh baik dari komputer itu sendiri maupun sebuah data eksternal yang kemudian dimasukkan untuk diproses dalam sebuah printer.

Perkembangan produksi printer yang semakin baik telah memunculkan berbagai jenis printer dengan spesifikasi tertentu. Yang membedakan satu jenis komputer dengan jenis lainnya adalah alat-alat mekanik yang digunakan. 

Hal ini yang kemudian membagi jenis printer ke dalam jenis Impact Printer dan Nonipact Printer. Ada beberapa jenis printer yang kita kenal sekarang ini yaitu:

1. Impact Printer

Produk printer jenis ini diantaranya adalah Printer Dot-Matrik, Daisy Wheel Printer, Timble Printer, Chain Printer, Band Printer dan Drum Printer. Cara kerja impact printer adalah dengan menggunakan hammers (sejenis penegtuk), yang kemudian akan mencetak bentuk yang diinginkan.

Jenis printer ini akan membentuk langsung suatu bentuk cetakan yang diinginkan. Cetakan yang dihasilkan bisa berbentuk utuh maupun per-bagian. Salah satu diri utama impact printer adalah penggunaan penggunaan pita karbon.

2. Nonimpact Printer

Produk printer jenis ini diantaranya adalah Printer Inkjet, Laser Printer, Thermal Printer, Electrostatic Printer, dan Thermal Transfer Printer. Cara kerja Noipmact Printer adalah dengan menggunakan penyemprotan tinta ke kertas yang kemudian akan mencetak bentuk yang diinginkan. 

Jenis printer ini akan menhasilkan cetakan yang cukup bagus, namun memiliki kelemahan dimana Nonimpact Printer tidak mempunyai kemampuan untuk mencetak hasil cetakan rangkap sekaligus.

Nonimpact Printer merupakan jenis printer yang paling banyak digunakan, terutama untuk keperluan perctakan sederahana, Penggunanya bisa dating dari kalangan yang membuka usaha percetakan kecil, warnet, maupun untuk keperluan pribadi seperti mahasisiwa dan lain-lain.

Bagian-Bagian Sebuah Printer

Secara garis besar kita dapat membagi printer dalam beberapa bagian yaitu:

  • Chasing printer
  • Panel operator printer
  • Tempat kertas masuk printer
  • Tempat kertas keluar printer
  • Penutup depan printer

Dalam menunjang proses kerjanya, sebuah printer biasanya yang memiliki perangkat tambahan seperti:

1. Kabel data

Kabel data diperuntukkan sebagai sambungan yang menghubungkan antara komputer dengan printer. Kabel USB dan Kabel Parallel merupakan jenis kabel yang paling banyak digunakan untuk menyambungkan perangkat kerja printer ke sebuah program komputer.

2. Power Supply

Bagian ini terdiri dari kabel yang menghubungkan printer serta adaptor. Fungsinya adalah untuk menghubungkan sebuah printer ke sumber listrik agar bisa aktifkan dan melaksanakan proses kerjanya.

Juga ada beberapa istilah penting mengenai printer yang wajib Anda ketahui. Istilah-istilah tersebut antara lain:

1. Drum

Istilah ini ditemukan pada printer laser. Drum bisa disertakan penggunaannya dengan Katrid toner. Drum berfungsi terutama sebagai pemutar toner ke sebuah halaman.

2. Parallel port

Merupakan soket tunggal yang letaknya berada belakang PC. Ini digunakan sebagai penghubung PC dengan printer tersebut.

3. Toner tinta

Sering disebut sebagai bubuk karena bentuknya yang memang menyerupai bubuk. Toner tinta sebagian besarnya bertipe karsinogenik serta dalam penggunaannya sering dijumpai pada bagian printer laser.

4. Satuan dot per inci

Ini meruapakan satuan ukuran resolusi yang mampu dihasilkan oleh sebuah printer. Maka makin tinggi resolusinya, maka makin bagus hasil cetakannya.

Permasalahan Umum Printer

Berikut permasalahan/kerusakan yang sering terjadi pada sebuah printer dan sedikit tips cara memperbaiki printer. 

Untuk kerusakan yang lebih spesifik dan lebih mendetail, munkin sebaiknya Anda membawa printer yang bermasalah tersebut ke tempat service agar dilakukan perbaikan yang lebih baik. 

Namun, bila terjadi masalah-masalah berikut ini, sepertinya Anda masih bisa memperbaiki sendiri printer tersebut.

a. Mengalami masalah kegagalan power

Periksa kabel yang menghubungkan printer Anda ke aliran listrik. Tekan tombol dan perhatikan apakah printer Anda sekaranmg telah aktif, indicator aktifnya sebuah printer bisa dilihat pada menyala atau tidaknya lampu hijau.

b. Mengalami masalah pada percetakan

Gagal mencetak

Hal ini mungkin terjadi karena tidak adanya kabel penghubung antara printer ke komputer, sehingga menyebabkan data yang ingin dicetak oleh printer tidak ada. Periksa kabel tersebut, coba lepasakan sebentar lalu colok kembali

Hasil cetakan yang tidak baik

Kabur atau warnanya tidak merata, mungkin hal ini disebabkan oleh oleh tintanya yang habis atau katridnya yang bermasalah. 

Solusinya masukkan tinta baru ke wadah yang telah disediakan, atau bila terjadi kerusakan pada katrid, sebaiknya Anda memastikan dulu apakah katrid tersebut masih diperbaiki atau memang harus diganti.

c. Mengalam masalah pada kertas

Ketiadaan kertas akan menyebabkan sebuah printer tidak bisa mencetak data apapun. Periksa ketersedian kertas printer milik Anda sebelum memulai proses mencetak. Bila kertas yang ingin dicetak mengalami kemacetan pada saat keluar, mungkin hal ini disebakan oleh ukuran kertas yang keliru. 

Untuk mengatasi kemacetan kertas yang kelaur, Anda harus memeriksa bagian dalam printer, keluarkan kertas yang macet tadi dengan cara menarik maju menuju arah keluar bukan bukan menariknya mundur.

Masalah-masalah yang mungkin terjadi pada printer Anda seperti yang dijelaskan di atas bisa dihindari apabila rajin merawat perangkat printer yang dimiliki.

Lakukan perawatan berkala, seperti pembersihan dan pengecekan rutin terhadap perangkat-perangkatnya. Jangan memaksa kerja suatu komputer sebelum masalah-masalahnya dapat diatasi secara menyeluruh dan Anda tahu cara memperbaiki printer. 

Matikan printer bila tidak diperlukan, serta pastikan segala bagian-bagian di dalam printer merupakan onderdil pengganti yang berkualitas baik.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama