Cara Membuat Selai Nanas yang Lezat

 

Cara Membuat Selai Nanas yang Lezat

Selai adalah salah satu jenis makanan olahan yang dapat dibuat dari berbagai macam hasil bumi, salah satunya adalah nanas. Nanas memang dapat kita olah menjadi selai nanas. Cara membuat selai nanas ini sangat mudah. Semua orang pasti dapat membuatnya. Apalagi, bahan yang diperlukan juga  mudah ditemukan.

Nanas sebagai salah satu hasil perkebunan yang banyak kita jumpai di masyarakat, jika kita makan biasa mungkin kurang nikmat. Oleh karena itulah nanas kita olah menjadi selai nanas. Nanas  adalah tumbuhan tropis termasuk dalam kelompok atau family nanas nanasan atau dalam bahasa latinnya disebut familia bromeliaceae.

Nanas ini dapat kita konsumsi secara langsung ataupun dalam bentuk makanan olahan. Salah satunya adalah selai nanas. Masalahnya adalah, bagaimana cara membuat selai nanas yang nikmat dan mampu membangkitkan selera? Tentunya untuk hal ini kita perlu memahami keberadaan nanas dan berbagai manfaat yang dimiliki oleh nanas.

Memberdayakan Nanas untuk Sumber Penghasilan

Sebenarnya, cara membuat selai nanas sangat sederhana dan tidak repot. Hal ini karena prosesnya tidak membutuhkan banyak bahan dan peralatannya juga sederhana sekali. Dan, yang terpenting adalah selai nanas ini dapat diolah dan dijadikan sebagai sumber penghasilan kita.

Pada saat kita menerapkan cara membuat selai nanas, maka pada saat itu kita sudah membuka peluang untuk berbisnis dan berusaha dengan bahan dasar nanas. Jika hal ini kita kelola sebaik-baiknya, maka bukan hal yang aneh jika selanjutnya kita menekuninya sebagai mata pencaharian kita.

Nanas ini merupakan hasil perkebunan yang banyak didapatkan di seluruh bagian negeri ini sehingga setiap orang mempunyai kesempatan untuk mengelola nanas. Oleh karena itu, yang terpenting adalah pengetahuan cara membuat selai nanas sehingga setiap orang mempunyai kesempatan melakukannya.

Membuat Selai Nanas Cara Sederhana

Sebenarnya, untuk membuat selai dari nanas, cara membuatnya sangat sederhana dan gampang. Kita hanya perlu menyediakan bahannya, yaitu nanas dan ditambah gula. Nanas memang sudah manis, tetapi jika dijadikan selai, maka rasa manis tersebut kurang mantap. Oleh karena itulah, maka kita menambahkan gula untuk proses pembuatan selai nanas ini.

Dalam hal ini, cara membuat selai nanas dilakukan hanya dengan memarut nanas hingga menjadi semacam bubur. Ini sangat jelas sebab jika daging nanas kita parut, maka hasilnya memang berupa bubur. Tentunya, sebelum kita memarut, kulit nanas harus dikupas sedemikian rupa sehingga bersih.

Selanjutnya, bubur daging nanas inilah yang kita olah sehingga menjadi selai nanas. Kita tidak membutuhkan pewarna sebab warna daging nanas ini sudah cukup bagus, tetapi jika kita ingin tampilan yang lebih, maka boleh saja kita tambahkan pewarna yang alami atau aman.

Cara Membuat Selai Nanas

Untuk membuat selai berbahan dasar nanas ini, aroma dan rasa yang kita dapatkan nanti pastilah aroma nanas, begitu juga dalam hal warna. Dan, langkah pembuatan selai nanas secara sederhana adalah sebagai berikut:

1. Bubur nanas kita campur dengan gula dalam perbandingan tertentu sehingga rasa manisnya mencapai ukuran yang kita inginkan. 

Dalam hal ini kita dapat menerapkan pengalaman bahwa untuk 2 buah nanas ukuran besar, kita dapat mencampurkan gula sebanyak ½ kilogram. Dengan demikian, maka rasa manis selai yang kita buat benar-benar sesuai. Biasanya, rasa selai sangatlah manis.

2. Campuran bubur nanas dan gula ini kita masukkan ke dalam penggoreng tanpa minyak. Kita panaskan dalam kurun waktu tertentu, misalnya setengah jam hingga campuran bubur nanas dan gula benar-benar menyatu. 

Selain untuk menyatukan campuran, pemanasan dan pengadukan kita lakukan agar bubur nanas matang dan aman untuk dikonsumsi serta mempunyai ketahanan waktu yang cukup. Tidak gampang basi.

3. Setelah mengental, maka selai nanas sudah dapat kita angkat dari penggorengan dan kita biarkan dingin. Setelah dingin, maka kita masukkan ke dalam tempat-tempat tertentu yang menarik. Dan, selai nanas bikinan sendiri siap disantap.

Membuat selai memang sangat sederhana, tentunya dalam skala keluarga, rumah tangga dan dipakai sendiri. 

Tetapi jika dikelola sebagai bentuk industri hasil perkebunan, maka cara membuat selai nanas menjadi sedemikian rupa sehingga dibutuhkan proses yang rumit.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama