Cara Membuat Rujak Serut Bervitamin dan Menyegarkan

Cara Membuat Rujak Serut Bervitamin dan Menyegarkan
credit:[email protected]_icip

Sulitkah cara membuat rujak serut? Siapa yang tidak mengenal jenis makanan yang satu ini. Namanya sudah popular di kuliner Indonesia. Makanan ini terdiri atas buah-buahan segar yang dipotong-potong kecil atau diserut. Lalu, diberi bumbu gula yang rasanya manis, asam, dan pedas.

Rasanya segar dan enak. Kelezatannya akan lebih terasa jika dimakan pada siang hari, tepatnya tengah hari ketika cuaca terasa panas. 

Memakan rujak ketika cuaca panas memberikan kesegaran kepada tubuh. Rasa segar berasal dari buah-buahan, sedangkan rasa manis, asam, dan pedas berasal dari bumbunya.

Membuat rujak merupakan hobi para kaum hawa, dan mungkin Anda adalah salah satu penggemar rujak.

Rujak Makanan Bervitamin

Rujak salah satu makanan yang bagus untuk dikonsumsi, bukan karena hanya lezat dan menyegarkan di mulut saja. Dalam rujak terdapat banyak kandungan vitamin. 

Rujak terdiri atas berbagai macam buah-buahan dan umbi-umbian. Bahkan, beberapa jenis rujak ada yang memasukkan sayuran di dalamnya, dan ada juga yang menjadikannya sebagai bahan utama rujak.

Buah-buahan mengandung banyak vitamin, terutama vitamin C yang sangat baik untuk tubuh dan membantu menjaga daya tahan tubuh. Beberapa buah-buahan yang sering dijadikan bahan rujak adalah jambu air, mangga, kedongdong, mentimun, nanas, bengkoang, ubi jalar, pepaya, delima, dan jeruk bali.

Rujak Serut

Ada banyak jenis rujak, dan rujak serut adalah salah satunya. Rujak serut memang belum sepopuler rujak coel atau rujak tumbuk sehingga masih jarang ditemukan yang berjualan rujak serut, kecuali di tempat tertentu atau pada saat acara tertentu.

Namun, bukan berarti rujak serut tidak memiliki penggemar, ada banyak orang yang menyukai rujak serut, dan mungkin Anda adalah salah satunya.

Bagi Anda yang gemar makan rujak, terutama rujak serut, semoga beberapa macam cara membuat rujak serut berikut ini dapat menginspirasi Anda untuk dapat membuatnya sendiri.

1. Resep Rujak Serut Bumbu Ulek Manis, Asam, dan Pedas

Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuat rujak serut bumbu ulek manis, asam, dan pedas.

a. Bahan-Bahan

1) 200 gram mangga kupas, cuci bersih, serut

2) 100 gram kedongdong, kupas, cuci bersih, serut

3) 100 gram bengkoang, kupas, cuci bersih, serut

4) 100 gram pepaya setengah matang, kupas, cuci bersih, serut

5) 100 gram jeruk bali, kupas, lalu suwir-suwir

6) 100 gram nanas, kupas, cuci bersih, serut

7) 100 gram timun, cuci bersih, buang bijinya, serut

8) Cabe rawit secukupnya, sesuai dengan selera pedas Anda

9) Garam secukupnya (bergantung selera)

10) 150 gram gula merah

11) ½ sendok teh terasi

12) 2 sendok makan asam jawa yang kental

13) 150 ml air matang

b. Cara Membuat

1) Cabe rawit, garam, gula, terasi satukan. Lalu ulek sampai halus, masukkan air asam lalu air matang.

2) Campur semua bahan buah-buahan yang sudah di serut dalam sebuah tempat.

3) Bumbu yang telah diulek dicampurkan dengan buah-buahan. Lalu aduk sampai rata bumbunya. Diamkan untuk beberapa saat untuk mendapatkan rasa yang pas agar bumbunya dapat meresap di buahnya. Rujak serut manis, asam, dan pedas siap untuk dihidangkan dan dinikmati.

2. Resep Rujak Serut dengan Bumbu Rebus

Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuat rujak serut bumbu rebus.

a. Bahan-Bahan

1) 1 buah mangga setengah matang, kupas, cuci, serut

2) 1 buah bengkoang, kupas, cuci, serut

3) 2 buah mentimun, buang bijinya, serut

4) 3 buah jeruk bali, kupas, lalu di suwir-suwir

5) 200 gram gula aren

6) 100 gram gula pasir

7) Cabe rawit sesuai selera

8) 1 sendok teh garam

9) 100 gram asam jawa, rendam dengan air hangat, lalu ambil airny

b. Cara Membuat

1) Satukan semua bahan buah-buahan yang telah diserut dalam satu tempat.

2) Buat bumbunya, rebus air secukupnya disesuaikan dengan selera. Bagi Anda yang suka kental berikan sedikit air. Bagi yang suka encer, tambahkan air agak banyak.

 Lalu, masukkan gula aren, gula pasir, dan garam. Aduk-aduk hingga merata. Biarkan hingga mendidih. Jika sudah terlihat mendidih, matikan api, angkat,  dan dinginkan.

3) Masukkan ke dalam tempat yang berisi buah-buahan yang telah diserut. Diamkan beberapa menit agar meresap bumbunya.  Rujak serut yang segar siap disantap dan dinikmati oleh anggota keluarga.

3. Resep Rujak Serut Tujuh Bulanan

Di daerah Pulau Jawa rujak memang cukup digemari. Bahkan pada acara-acara tertentu, rujak menjadi menu favorite atau bahkan dijadikan menu utama. 

Seperti di daerah Jawa Barat, orang mengenal istilah tujuh bulanan, yaitu acara syukuran yang diselenggarakan oleh wanita yang sedang hamil tujuh bulan. Di samping acara utamanya, yaitu syukuran keselamatan, ada menu khas yang selalu ada di acara tersebut, yaitu rujak.

Acara tujuh bulanan identik dengan adanya rujak. Apa istimewanya rujak tujuh bulanan dengan rujak biasa? Tidak ada yang berbeda tentang bahan atau rasa dari rujak pada umumnya, sama saja.

Perbedaan terletak pada buah-buahan yang dijadikan rujak lebih banyak macamnya. Sama seperti nama acaranya tujuh bulanan, maka jumlah macam buah yang dijadikan rujak pun biasanya sebanyak tujuh macam.

Dahulu orang membuat rujak tujuh bulanan dengan cara ditumbuk. Buah-buahan, beberapa jenis umbi-umbian, dan bumbu disatukan lalu ditumbuk. 

Kini hal tersebut jarang dipergunakan karena alat tumbuknya yang sudah jarang ditemukan, dan ada cara yang lebih praktis. Rujak ulek sering diganti dengan rujak serut.

Berikut ini adalah resep dan cara membuat rujak serut tujuh bulanan. 

a. Bahan-Bahan

1) Mangga setengah matang

2) Bengkoang

3) Mentimun

4) Nanas

5) Jeruk bali

6) Buah delima

7) Umbi jalar

Semua bahan dikupas, cuci, tiriskan, dan serut. Kecuali jeruk bali dan buah delima, dikupas lalu disuwir-suwir.

8) Gula aren

9) Garam

10) Kacang tanah, goreng, bersihkan kulitnya, lalu diblender

11) Asam jawa, rendem dengan air hangat, lalu ambil airnya

12) Cabe merah yang sudah di cuci, buang bijinya, lalu blender

13) Cabe rawit, cuci blender, satukan dengan cabe merah

b. Cara Membuat

1) Cara membuat bumbu, rebus air hingga mendidih, lalu masukkan gula aren, garam, kacang tanah, asam jawa, cabe merah dan cabe rawit. Aduk-aduk dan tunggu hingga lebih mendidih. Setelah matang, matikan api, tunggu beberap menit hingga menjadi dingin.

2) Masukkan buah-buahan yang sudah diserut dan disatukan dalam bumbu. Tunggu beberap saat hingga bumbunya meresap, rujak tujuh bulan siap dihidangkan kepada para tamu.

Rujak serut tidak hanya sedap dinikmati dengan bumbu khasnya, yaitu bumbu gula aren atau bumbu kacang saja. Sekarang banyak ditemui rujak serut dengan bumbu sirup. Tentu saja rasanya tidak kalah menyegarkan badan dibandingkan bumbu yang biasanya.

Sadar bahwa rujak adalah makanan yang banyak penggemarnya, maka orang tidak habis ide untuk mengeksplorasi berbagai jenis rujak. 

Jangan heran, jika kemudian Anda akan menemui banyak jenis rujak dari yang biasanya ditemui. Bagi Anda penggemar rujak pastinya menjadi sesuatu yang menantang dan ingin mencoba bukan?

Semoga artikel berjudul Rujak Serut Bervitamin dan Menyegarkan ini menambah pengetahuan Anda dalam membuat rujak dan dapat mempraktekkannya di rumah. Selamat mencoba.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama