Cara Membuat Puding Susu Coklat

Cara Membuat Puding Susu Coklat

Puding merupakan salah satu jenis makanan yang banyak disukai oleh kebanyakan orang. Salah satu jenis puding tersebut, yaitu puding susu coklat. 

Puding susu coklat merupakan salah satu jenis puding yang baik bagi metabolisme tubuh Anda. Selain itu, cara membuat puding susu coklat ini pun mudah sekali untuk kita lakukan, terutama bagi yang sudah terbiasa memasak.

Namun, bagi Anda yang baru belajar memasak, puding susu coklat tidak akan menyulitkan Anda dalam proses pembuatannya. Bahan yang dibutuhkan dalam membuat puding susu coklat pun dapat Anda dapatkan di supermarket dengan mudah. Harganya juga sangat terjangkau.

Manfaat Puding

Mungkin bagi para ibu rumah tangga atau pun remaja putri dengan bisa membuat puding akan menjadi kebanggaan tersendiri. Karena dengan puding yang Anda buat, Anda sudah bisa berkreativitas atau mengahasilkan karya yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Pada umumnya, anggota keluarga Anda pun akan menyukai puding susu coklat ini. Karena bisa dikatakan kebanyakan dari kita memang suka akan rasa coklat. Jadi untuk itu, tidak ada salahnya Anda membuat puding susu coklat ini untuk anggota keluarga Anda.

Tidak bisa kita pungkiri bahwa puding merupakan salah satu makanan favorit bagi kita semua. Selain rasanya yang enak juga menyegarkan, puding susu coklat ini juga mengandung banyak manfaat yang dapat kita rasakan, antara lain sebagai berikut.

1. Baik untuk metabolisme tubuh kita

Seperti yang telah kami bahas di atas, bahwa puding susu coklat sangat baik untuk metabolisme tubuh. Puding susu coklat ini mengandung protein, karbohidrat, serta 600 kalori protein bagi tubuh kita.

Para ahli gizi menyarankan agar mengonsumsi puding susu coklat ini pada saat pagi hari. Hal ini dimaksudkan karena pada saat pagi hari metobolisme tubuh kita sedang bekerja secara aktif.

Dengan metabolisme tubuh yang baik akan memengaruhi fungsi otak dapat bekerja sebagaimana mestinya karena otak mendapat asupan gizi yang sesuai dia butuhkan.

Selain itu, seseorang akan mampu bekerja sepanjang hari dengan kalori yang cukup. Puding susu coklat ini sebenarnya tidak untuk dijadikan sebagai makanan utama pada waktu kita sarapan. Namun,  puding susu coklat ini dijadikan sebagai makanan penutup saat kita sarapan.

2. Menurunkan berat badan

Dengan kalori yang cukup dalam tubuh, maka kita akan dapat mengontrol nafsu makan kita setiap harinya. Dengan bisa mengontrol nafsu makan, maka akan dapat mengurangi kegemukan atau bisa dikatakan dapat menurunkan berat badan.

Terutama bagi Anda yang merasa kelebihan berat badan, tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsi puding susu coklat ini sehabis sarapan pagi. 

Dan, semoga saja kalori yang di dapat dari puding susu coklat ini dapat membantu mengontrol nafsu makan, sehingga keinginan untuk menurunkan berat badan dapat terpenuhi.

Cara Membuat Puding Susu Coklat

Setelah Anda mengetahui manfaat dari puding susu coklat tersebut, apakah Anda tertarik untuk membuatnya? Jika iya, Anda tidak perlu khawatir karena dalam pembahasan kali ini pokok bahasan yang kami ambil adalah cara membuat puding susu coklat.

Untuk itu, kita akan mengulas apa saja yang dibutuhkan untuk membuat puding susu coklat dan bagaimana cara membuat puding ini. Namun, bagi Anda pemula atau bisa dikatakan tidak biasa memasak, Anda tidak perlu khawatir jika gagal dalam membuat puding ini.

Kegagalan yang dilakukan bukan karena puding susu coklat ini susah dalam membuatnya, namun hanya mungkin belum terbiasa dalam memasak. 

Demikian akan saya paparkan mengenai bahan yang dibutuhkan dalam membuat puding susu coklat ini, yaitu sebagai berikut.

  • Siapkan 2 bungkus agar-agar bubuk rasa coklat
  • Siapkan 100 gram gula pasir
  • Siapkan 600 ml susu coklat cair
  • Siapkan 200 gram coklat masak pekat
  • Siapkan 1 sendok teh pasta coklat
  • Siapkan garam secukupnya

Setelah bahan untuk membuat puding siap, Anda juga harus menyiapkan bahan untuk membuat saus susu puding coklat ini yang biasa disebut dengan saus vanila, bahannya adalah sebagai berikut.

  • Siapkan 250 ml susu cair
  • Siapkan 1 sendok teh tepung maizena
  • Siapkan 50 gram gula pasir
  • Siapkan garam secukupnya
  • Siapkan ¼ sendok teh vanili bubuk
  • Siapkan 1 butir kuning telur yang telah dikocok

Bahan-bahan yang dipaparkan di atas dapat Anda dapatkan dengan mudah di supermarket terdekat. Setelah mengetahui bahan-bahan untuk membuat puding susu coklat ini, saatnya mengetahui tentang cara membuat puding susu coklat, di antaranya sebagai berikut:

Untuk membuat puding susu coklat terlebih dahulu harus mencampur 2 bungkus agar-agar bubuk rasa coklat, 100 gram gula pasir, 600 ml susu coklat cair, dan garam secukupnya atau sesuai dengan selera.

Rebus bahan-bahan tersebut dengan api hingga mendidih, tapi jangan lupa juga harus mengaduk campuran bahan tadi dalam proses perebusan ini agar campuran bahan-bahan tadi tidak pecah.

Setelah mendidih, langkah yang harus dilakukan adalah memasukkan 200 gram coklat masak pekat tadi hingga coklat tersebut larut menjadi satu bercampur dengan bahan-bahan sebelumnya. Anda harus mengaduk dengan rata agar warna yang didapatkan pun akan maksimal.

Setelah semua bercampur, langkah selanjutnya adalah menuang campuran bahan-bahan tadi ke dalam cetakan puding yang telah disiapkan. Kemudian bekukan di dalam freezer.

Setelah puding dibekukan, kini saatnya untuk membuat sausnya. Langkah pertama dalam membuat saus adalah merebus 250 ml susu cair, 1 sendok teh tepung maizena, 50 gram gula pasir, garam secukupnya, dan ¼ sendok teh vanili bubuk. Bahan-bahan tersebut direbus hingga mendidih.

Setelah mendidih ambil 1 sendok sayur rebusan susu tadi, yang akan dicampur dengan kuning telur, dan 1 sendok sayur rebusan sus dengan kuning telur aduk secara rata.

Kemudian tuang kembali kuning telur tadi menjadi satu dengan rebusan susu. Rebus semua bahan hingga mendidih serta kental. Dalam proses ini dilakukan sambil diaduk.

Setelah semua tercampur secara merata dan mendidih. Campuran bahan saus dapat diangkat serta dinginkan.

Siap disajikan. Setelah puding susu coklat tadi sudah beku dan saus sudah dingin, maka puding susu coklat beserta saus vanilla siap dihidangkan dan menjadi santapan keluarga Anda.

Puding susu coklat juga nikmat disantap pada siang hari. Ketika anak-anak pulang sekolah, mereka dapat menjadikan puding susu coklat ini sebagai makanan ringan sebagai teman belajar mereka.

Anda dapat mempraktekan resep membuat puding susu coklat tersebut di rumah bersama kelarga Anda. Puding susu coklat ini selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, juga sebagai camilan bagi anak-anak.

Puding ini dapat dijadikan sebagai bekal anak ke sekolah, sehingga anak Anda tidak membeli makanan atau jajanan di sekolah yang sekarang ini banyak jajanan yang tidak sehat bagi tubuh anak.

Masih banyak lagi resep cara membuat puding susu coklat, selain dari puding susu coklat. Dengan Anda menyimak bahan serta cara pembuatan puding susu coklat tadi. 

Semoga resep pembuatan puding coklat susu tersebut bermanfaat dan Anda dapat mencoba membuat puding susu coklat di rumah Anda. 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama