Cara Membuat Pisang Goreng

Cara Membuat Pisang Goreng
credit:[email protected]_sukun_arty

Secara tidak sadar, orang Indonesia sangat akrab dengan camilan terutama gorengan. Oleh karena tingginya angka permintaan akan gorengan, banyak orang yang menjajakan makanan tersebut. 

Siapa tak tenal dengan pisang goreng? Jenis gorengan ini memang famous di seantero tanah air. Selain itu, cara membuat pisang goreng  tidaklah sulit.

Saat ini, berbagai merek tepung pisang goreng yang siap pakai banyak dijual di pasaran. Dengan adanya tepung siap pakai tersebut, pisang dapat digoreng dengan praktis dan ekonomis. Namun, jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah, Anda hanya perlu mengikuti cara yang sederhana.

Pertama, Anda perlu memperhatikan pisang yang akan dijadikan gorengan. Jangan menggunakan pisang yang terlalu matang karena pisang tersebut akan benyek saat digoreng nanti. 

Jenis pisang yang biasanya digunakan untuk gorengan adalah pisang kepok. Pisang tersebut memang menjadi bahan yang tepat untuk digoreng.

Berikut ini adalah beberapa resep pisang goreng yang lezat dan gurih.

Pisang Goreng Krispi

1. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pisang goreng krispi adalah 10 buah pisang kepok matang yang telah dikupas, 100 gram tepung terigu, 2 sendok makan gula bubuk, 200 gram tepung beras, 2 butir kuning telur, 30 gram tepung sagu, 1 liter air mineral, 10 gram gula jawa yang telah diiris tipis, garam secukupnya, dan minyak goreng.

2. Cara membuat pisang goreng krispi adalah potonglah pisang kepok sesuai selera Anda dan sediakan dua buah mangkuk untuk memisahkan adonan rendaman dan kremes-an. 

3. Untuk rendaman, campur gula bubuk, satu sendok makan tepung beras, tepung terigu, air mineral, dan garam sedangkan untuk adonan renyah atau kremes, campurkan semua tepung beras, sagu, garam, gula merah, dua buah kuning telur, dan air.

4. Setelah itu, panaskan minyak dan jangan sampai terlalu panas. Masukkan satu sendok makan adonan renyah atau kremes ke wajan, tunggu sampai adonan tersebut mengambang. 

5. Kemudian, celupkan pisang ke dalam adonan rendaman dan masukkan ke wajan, yaitu tepat di tengah adonan kremes yang Anda goreng tadi. Lalu, lipat kremes-an tersebut hingga pisang tertutup. Goreng hingga berwarna kecoklatan dan tiriskan. 

Nah, cara membuat pisang goreng kremes mudah bukan? Bagaimana dengan resep lainnya? Selain pisang goreng kremes, Indonesia masih memiliki varian pisang goreng yaitu pisang goreng kipas. 

Mari kita simak resep pisang goreng kipas berikut ini.

Pisang Goreng Kipas

Bahan yang diperlukan untuk membuat pisang goreng kipas adalah pisang kepok yang diiris dan ditata berjajar agar berbentuk kipas dan minyak goreng. 

Selain bahan tersebut, Anda memerlukan bahan adonan pencelup yaitu 150 gram tepung terigu, 20 gram maizena, 25 gram gula tepung, 1/4 sendok teh garam, 1 sendok teh baking powder, 30 gram keju parut, 200 ml air es, dan satu sendok makan minyak goreng.

Langkah-langkah membuat pisang goreng kipas adalah mencampurkan tepung terigu, maizena, gula tepung, baking powder, dan keju parut. Aduklah adonan tersebut sampai rata. 

Kemudian, tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil diaduk dan tercampur, lalu masukkan satu sendok makan minyak goreng, kemudian aduk kembali. Ambillah pisang dan celupkan ke dalam larutan tepung.

Setelah itu, tata sedemikian rupa pisang kepok tersebut hingga menyerupai kipas. Lalu, gorenglah hingga berwarna kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

Selain resep-resep tersebut, Anda akan belajar resep pisang goreng pasir yang menggugah selera. Berikut bahan dan langkah pembuatan pisang goreng tersebut.

Pisang Goreng Pasir

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pisang goreng pasir adalah 12 buah pisang jenis kepok kuning, 200 gram tepung terigu yang telah diayak, empat sendok makan susu putih bubuk, lima sendok makan gula bubuk, satu liter air mineral, 200 gram tepung roti, dan minyak goreng secukupnya.

Cara pembuatan pisang goreng pasir adalah Anda dapat mengupas terlebih dahulu pisang kepok yang telah Anda siapkan. 

Irislah pisang menjadi lima bagian tanpa terputus sehingga berbentuk kipas, campur tepung terigu yang telah diayak, susu bubuk, dan gula bubuk. Aduklah bahan-bahan tersebut hingga rata. Lalu, siapkan wadah terpisah untuk mencampurkan tepung roti dengan air. Aduk rata bahan tersebut dan sisihkan.

Setelah Anda melakukan beberapa hal tersebut, Anda celupkan pisang ke dalam campuran adonan tepung roti dan campuran tepung terigu. 

Lakukan sampai tiga kali. Lalu, goreng pisang yang tersebut hingga berwarna kuning kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Cara menggoreng pisang yang mudah, bukan?

Selain berbagai resep yang telah Anda simak, Anda perlu mengetahui kandungan dan manfaat buah pisang bagi tubuh. Selain kaya akan vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, pisang sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh. Pisang juga baik digunakan sebagai pencuci mulut.

Sebaiknya, Anda mengonsumsi buah pada waktu khusus karena buah akan mempunyai manfaat yang maksimal jika dikonsumsi pada jadwal yang terpisah dengan waktu makan nasi. Pisang merupakan buah yang harganya terjangkau dan mudah dijumpai. 

Oleh karena itu, pisang menjadi buah yang digemari banyak orang. Buah pisang kepok kuning juga sering dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi batuk darah dan diet.

Lemak yang terkandung dalam daging pisang kepok hanya 0,13 persen. Metabolisme tubuh akan lancar karena mengandung vitamin B6. 

Bagi penderita kencing manis atau diabetes millitus, pisang kepok kuning ini dapat menjaga kadar gula dalam darah. Anda dapat berkonsultasi kepada dokter untuk dapat mengaplikasikan cara membuat pisang goreng khusus untuk para penderita penyakit tertentu.

Energi atau karbohidrat yang terdapat di dalam pisang dapat mencapai 517 kilo joule. Selain karbohidrat, unsur lain yang terkadung dalam buah pisang yaitu mineral. Adapun jenis mineral yang terkandung antara lain, kalium, magnesium, zat besi, dan kalsium.

Bagi penderita anemia, pisang  akan membantu produksi sel darah merah karena mengandung 2 miligram zat besi dalam 100 gram buah pisang. Nilai ini lebih besar jika dibanding zat besi yang terkandung dalam apel yang hanya 0,2 miligram.

Pernahkah Anda mendengar bahwa buah pisang membawa rasa bahagia? Ya, itu memang benar karena vitamin B6 yang terkadung di dalam buah pisang dapat mengubah protein menjadi serotonin. Fakta lain juga menyebutkan bahwa buah ini mampu meningkatkan kecerdasan otak karena pisang menyuplai energi yang cukup bagi otak.

Anda dapat membiasakan putra putri Anda untuk mengonsumsi buah yang identik dengan warna kuning ini. Rasanya yang manis akan membuat anak-anak menyukainya. Selain itu, Anda juga dapat menyajikan buah ini menjadi penganan yang enak, lezat, dan sehat.

Selain dibuat pisang goreng, buah yang satu ini juga dapat kita jadikan pisang keju, es krim, nagasari, dan ragam olahan lainnya. banyak cara membuat pisang goreng yang bisa Anda lakukan.

Lalu,  siapa yang akan menolak pesona pisang? Apalagi jika mengolah pisang bersama-sama keluarga di rumah. Selamat berkreasi dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama