Cara Membuat Kue Susu

Kue Susu

Bagaiman cara membuat kue susu? Susu. Siapa yang tak mengenal produk yang satu ini. Alami dan banyak manfaatnya. Susu adalah sebentuk cairan  berwarna putih yang mengandung banyak Kalsium ini, menjadi minuman kesukaan banyak orang.

Bahkan bisa jadi merupakan minuman utama untuk beberapa kalangan usia seperti bayi dan balita. Karena itulah maka banyak sekali manfaat dari susu itu. Terutama untuk men-support mereka yang mengalami masalah dengan pertumbuhannya.  Susu manakah yang paling baik untuk dikonsumsi?

Seiring makin banyaknya industri  yang menjual produk susu di pasaran,  banyak juga yang jadi bingung dalam memilih produk susu mana yang akan mereka pilih.

Akhirnya mereka memilih pada produk yang paling banyak iklannya di televisi. Padahal belum tentu kandungannya bagus. 

Walau pada umumnya semua produk susu kandungannya sama namun ada juga produk susu yang dicurigai mengandung bahan berbahaya karena proses produksinya yang tidak memenuhi syarat. Dan hal ini patut menjadi perhatian kita semua saat memutuskan hendak membeli produk susu dari pabrikan.

Manfaat susu bagi kesehatan semua tentu sudah tahu yaitu  berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi, kesehatan kulit,  kekuatan sistem kekebalan tubuh, membantu pencegahan penyakit   hipertensi, mengatasi kerusakan pada gigi karena kekurangan Kalsium,membantu mencegah  dehidrasi,  membantu mengatasi gangguan pada pernafasan, membantu mencegah obesitas, mengatasi Osteoporosis serta dan sejumlah manfaat lainnya.

Ya, susu  memang memiliki banyak manfaat sehingga kita dianjurkan untuk mengkosumsinya setiap  hari.  Sehingga tak heran banyak orang yang menambahkan susu pada menu diet mereka sehari-sehari. 

Hal ini tentu saja  karena nilai gizi yang terkandung dalam susu antara lain  Vitamin A, Vitamin B, Kalsium, Fosfor, Karbohidrat, Magnesium, Seng, Protein, plus Riboflavin.

Oleh karena  itu agar bisa  membantu anda yang sedang melakukan proses diet susu dengan hasil yang maksimal, sebuah riset melaporkan manfaat  susu dalam  menetralkan kandungan kolesterol di dalam tubuh seseorang.

Walau pada kenyatannya, banyak jenis hewan yang menjadi sumber  kesehatan penting, tetapi produk  susu sapi tetap dianggap sebagai suplemen kesehatan terbaik bagi anak ataupun orang dewasa. 

Susu juga ada yang bersumber dari hewan lain seperti kerbau, kambing, unta, domba dan  rusa.  Susu kuda dan keledai juga banyak dikonsumsi  manusia, meskipun tidak terlalu mudah menemukannya di  pasaran.

Ada aneka jenis produk olahan susu. Mulai dari  keju, es krim, mentega, susu, dadih,  permen susu, dll. Ada juga susu yang dijadikan sebagai bahan dasar untuk pembuatan kue. Misalnya Kue susu yang terkenal itu. 

Ingin tahu bagaimana cara membuat kue susu? Silahkan simak resep berikut ini:  

Bahan-bahan yang diperlukan adalah :

•    Susu 140 ml

•   Susu kental manis 2 sendok makan

•    Baking  powder  2 sendok teh  

•    Gula 55 gram

•    Tepung  terigu  120 gram

Cara membuat kue susu adalah :

1.    Pertama-tama, gula dikocok atau dimikser  dengan  susu kental manis, tepung terigu, dan baking powder.

2.    Setelah itu aduklah susu dengan susu kental manis lalu campurkan ke dalam adonan tepung sehingga  rata.

3.    Setelah adonan mulai agak mengental, tambahkan lagi bahan-bahan lain yang diinginkan misalnya  seperti chocolate chip.

4.    Setelah itu cetaklah adonan tadi  pada sebuah  cetakan kue yang sudah dialas kertas roti.

5.    Kukuslah pada suhu yang tinggi selama 15 menit setelah itu angkat dan sajikanlah.

Bagaimana, tidak sulit kan cara membuatnya?

Selain belajar cara membuat kue susu, kita juga mengolah susu dengan cara lain. Misalnya membuat dodol susu, kripik susu, sirup susu dan beraneka jenis makan lainnya yang berbahan baku susu.

Lima Manfaat Besar Susu Bagi Kesehatan

Sebagai makanan sehat.  Susu  berisi sejumlah vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi bugar, kuat dan sehat.  Segelas susu mengandung kompisisi  vitamin A plus vitamin B untuk penglihatan yang lebih baik serta berguna  untuk  meningkatkan kesehatan pada tubuh. 

Karbohidratnya berguna  untuk meningkatkan  vitalitas serta energi. Terdapat juga kalium untuk penunjang fungsi syaraf,  ada magnesium untuk memaksimalkan fungsi otot, serta Fosfor untuk menambah  energi, serta Protein untuk perbaikan dan pertumbuhan tubuh.

Sebagai Sumber Kalsium

Susu merupakan sumber paling utama bagi pasokan kalsium kepada tubuh kita. Kalsium juga bekerja melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit kronis utama akibat   bahan-bahan kimia serta mengatasi penyebab  kanker,  rematik, keropos tulang dan  sakit kepala,  migrain, sindrom pra-menstruasi serta  obesitas pada anak-anak. Kalsium juga ikut  membantu dalam menghilangkan bagian lemak di tubuh  yang tidak diinginkan

Untuk Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Seperti yang telah dijelaskan  di atas bahwa susu kaya akan kalsium yang sangat utama  bagi pertumbuhan dan perkembangan yang tepat dari struktur tulang agar tumbuh kuat, sehingga gangguan pada tulang seperti Osteoporosis bisa  dicegah dengan asupan harian susu yang memadai. 

Anak-anak yang  kekurangan Kalsium di dalam tulangnya akan  memiliki peluang peningkatan patah tulang  yang tinggi saat terjadi kecelakaan misalnya.

Mencegah Dehidrasi

Cairan adalah bagian yang sangat integral dari tubuh manusia. Tubuh kita perlu diisi ulang dengan cairan secara rutin dan teratur. Hal ini tentu saja sangatlah penting untuk pertumbuhan anak-anak. Jadi  mereka harus minum setidaknya enam hingga delapan gelas cairan setiap harinya. 

Susu dikenal mengandung kuantitas yang baik dari air molekul dan dianggap sebagai cairan terbaik untuk rehidrasi.

Berguna Untuk Perawatan Kulit

Pernahkah anda  mendengar cerita tentang Cleopatra, si Ratu Mesir? Dia terkenal sebagai salah satu wanita paling tercantik sepanjang sejarah. Tahukah anda resepnya? Ternyata  Celopatra sering mandi susu. 

Ya si Ratu cantik ini menggunakan susu  untuk   mandi berendam setiap hari! Caranya adalah dengan menggunakan susu  campur madu  yang digunakan untuk mandi berendam setiap hari. 

Hal inilah yang membuat kulitnya menjadi  lembut halus. Memang sejak ribuan tahun yang lalu khasiat susu terhadap kulit telah banyak dikenal oleh banyak orang.

Apalagi untuk mereka yang memiliki kulit kering, susu sangat  baik untuk mengatasi masalah  kulit kering.  Caranya adalah dengan mengoleskan masker susu pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan selama lebih kurang  15 menit. 

Setelah itu bilaslah. Susu berfungsi memelihara dan merawat kehalusan kulit anda.  Asam laktat yang terkandung di dalam susu dikenal berkhasiat untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Sehingga bisa membantu meremajakan kulit Anda.

Pengurangan keasaman  

Meminum susu juga bisa  membantu dalam mengurangi keasaman  dalam perut anda.

Jangan lupa, jangan minum susu yang dibarengi dengan minum minuman bersoda. Karena minuman soda atau berkarbonasi dapat  menyerap kalsium yang ada di dalam tubuh dan akhirnya minum susu tiada manfaatnya lagi buat anda.

Demikian serba aneka manfaat susu dan resep cara membuat kue susu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama