Metode Belajar Mengetik 10 Jari

 

Metode Belajar Mengetik 10 Jari

Belajar mengetik 10 jari merupakan salah satu hal yang penting karena mengetik dengan 10 jari adalah basic atau dasar bagi seseorang jika ingin menjadi pekerja kantoran atau menjadi seorang penulis. 

Dengan kita bisa mengetik dengan 10 jari tentunya akan mempermudah kita dalam pekerjaan. Tidak akan memperlama atau mempersulit pekerjaan kita sehingga pekerjaan tidak terlalu banyak dan akhirnya menumpuk.

Walaupun sedikit sulit ketika kita mulai mempelajarinya, dan ita juga terkadang akan cepat bosan ketika kita tetap tidak bisa menguasai teknik mengetik dengan sepuluh jari, tetapi pada akhirnya jika kita menguasainya, kita akan merasakan manfaatnya di kemudian hari.

Metode Belajar Mengetik 10 Jari

Mengetik merupakan kegiatan yang sering dilakukan apalagi bagi para pekerja kantoran atau para penulis novel dan cerpen. Dengan menguasai teknik mengetik dengan 10 jari pastilah pekerjaan akan cepat selesai dan tidak membuang waktu terlalu banyak. 

Jika ingin belajar mengetik 10 jari, kita harus mengenal dulu tuts-tuts yang ada pada keyboard. Dengan kita sering memegang dan menekan tuts-tuts keyboard, maka tangan dan jari-jemari kita tidak akan lagi kaku dan dapat beradaptasi dengan keyboard.

Untuk memulai mengetik 10 jari, kita harus meletakkan kesepuluh jari kita di atas tuts keyboard. Dan untuk patokannya, pada huruf ‘F’ dan huruf ‘J’ terdapat tanda atau terdapat benjolan. 

Tanda ini akan kita pakai sebagai patokan kita dalam menentukan dalam menekan tuts-tuts keyboard. Untuk menentukan patokan itu, kita gunakan jari telunjuk tangan kiri kita sebagai patokan di huruf ‘F’, dan jari telunjuk tangan kanan kita sebagai patokan di huruf ‘J’.

Setelah kita mengetahui di mana patokan yang akan kita pakai, langkah selanjutnya untuk mengetik 10 jari adalah menggunakan jari-jari pada kedua tangan kita untuk menekan tuts-tuts keyboqaard. 

Pada tangan kiri, jari kelingking kita harus dilatih untuk menekan huruf ‘Q, A, Z, angka 1, tuts Caps Lock, Shift, dan Ctrl’.

Untuk jari manis kita biasakan menekan tuts huruf ‘W, S, X, angka 2 dan angka 3’. Kemudian jari tengah kita biasakan untuk menekan huruf ‘E, D, C, dan angka 4’. 

Jari telunjuk digunakan untuk menekan tuts R, F, V, T, G, B, angka 5 dan angka 6’. D untuk ibu jari atau jempol kita gunakan untuk menekan tuts spasi dan Alt.

Sedangkan untuk tangan kanan kita, kita gunakan untuk menekan tuts-tuts sisanya. Untuk jari telunjuk kita gunakan untuk menekan tuts ‘Y, H, N, U, J, M, angka 7 dan angka 8’. 

Untuk jari tengah kita gunakan sebagai alat untuk menekan tuts I, K, dan tombol koma (,)’. Untuk jari kelingking tangan kanan kita, kita gunakan untuk menekan tuts-tuts huruf ‘O, L, tanda titik (.), dan angka 9’. 

Dan yang terakhir, jari kelingking kita gunakan untuk menekan tuts huruf ‘P, titik koma (;), slash atau garis miring (/), angka 0, dan tuts-tuts yang ada di sebelah kanan.

Setelah kita mengetahui jari-jari mana yang harus menekan tuts-tuts keyboard, langkah selanjutnya adalah kita harus rajin-rajin mempraktikkan supaya jari-jari kita terbiasa dengan menekan tuts-tuts menggunakan 10 jari dan bahkan tanpa harus melihat tuts-tuts yang ada di keyboard kita sudah bisa mengetik dengan lancar.

Untuk permulaan maka kita akan mengetik kata “The Quick Browns Fox Jumps Over The Lazy Dog”. Ulangi kata-kata tersebut hingga kita sudah lancar mengetiknya. 

Kata berikutnya yang akan kita gunakan sebagai latihan adalah “Blowzy Red Vixens Fight For a Quick Jump”. Ulangi mengetik kata-kata tersebut seperti contoh sebelumnya hingga kita lancar dalam mengetiknya.

Tersebut di atas adalah beberapa cara manual atau cara tanpa harus mengeluarkan uang dan tanpa harus mengunduh aplikasi pembantu belajar mengetik sepuluh jari. 

Tetapi jika anda ingin belajar dengan cara lain, misalnya dengan bantuan program-program pembantu untuk belajar mengetik sepuluh jari, maka anda hanya perlu mencari di website pencari program-program pembantu, seperti TIPP10, Stamina Typing Tutor, Rapid Typing Tutor, Kiran’s Typing Tutor, Typing Master Pro, dan masih banyak lagi aplikasi atau program-program pembantu untuk melatih jari-jari kita supaya bisa mengetik dengan 10 jari.

Manfaat Belajar Mengetik 10 Jari

Untuk menjadi seorang yang ahli dalam mengetik cepat dan menggunakan sepuluh jari anda tidak perlu harus menjadi atau bekerja sebagai sesuatu yang tidak menyenangkan atau bukan keinginan anda. 

Bahkan jika anda bisa menguasai teknik mengetik cepat dengan kesepuluh jari-jemari anda, anda bisa mendapatkan pekerjaan yang anda sukai, atau bisa saja membantu tugas pekerjaan anda yang sangat banyak.

Setelah kita belajar bagaimana caranya kita bisa mengetik dengan menggunakan seluruh jari kita, kita pasti akan merasakan manfaatnya. 

Manfaat yang dapat kita rasakan jika sudah menjadi orang yang ahli dan menguasai teknik mengetik cepat sangatlah banyak. Walaupun memang untuk mempelajari teknik mengetik dengan kesepuluh jari kita sangat sulit, tetapi akan sangat berbeda ketika sudah menguasai teknik mengetik ini.

Di sini ada beberapa manfaat dari kemampuan mengetik cepat dengan 10 jari. Yang pertama, yang pasti semua pekerjaan kita yang mengharuskan menggunakan komputer, khususnya mengetik pasti akan cepat selesai. 

Lalu dengan kita bisa mengetik dengan 10 jari, kita juga bisa mendapatkan uang, yaitu dengan cara membuka jasa pengetikan.

Bukan hanya itu saja, dengan keterampilan kita dalam mengetik juga akan membuat kita sukses dalam mengetik naskah buku, baik itu novel, cerpen, atau buku lainnya. 

Dengan kita bisa mengetik dengan menggunakan kesepuluh jari kita dengan cepat kita juga akan semakin mudah mendapatkan pekerjaan karena tidak semua orang bisa mengetik dengan kesepuluh jari mereka.

Lain untuk para siswa atau mahasiswa, dengan kemampuan mengetik cepat dengan kesepuluh jari mereka, mereka akan cepat menyelesaikan tugas mereka. 

Dan untuk para blogger tentu saja ini akan sangat membantu, karena para blogger pastinya ingin memposting apa saja yang sedang trend, apa saja yang sedang menjadi bahan perbincangan.

Dengan kemampuan ini para blogger pasti tidak akan merasa kesulitan dan tidak akan menghabiskan waktu mereka di depan layar komputer. 

Bukan hanya itu saja, dengan mengetik dengan cepat kita juga akan merasakan manfaat secara medis. Dengan mengetik cepat, peredaran darah yang ada di tangan kita akan menjadi lancar.

Selain itu masih banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dan rasakan dari kemampuan kita mengetik dengan kesepuluh jari kita. Dengan belajar mengetik terutama dengan menggunakan kesepuluh jari kita bisa menyelesaikan pekerjaan kita lebih cepat dan juga lebih efisien. 

Dari kita belajar mengetik ini juga tidak akan menimbulkan efek negatif terhadap kebiasaan atau kehidupan kita. Maka dari itu mulailah belajar mengetik 10 jari, sehingga kita bisa mengerjakan pekerjaan kita dengan lebih cepat dan efisien.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama