Merawat Notebook Dari Dua Sisi

Merawat Notebook Dari Dua Sisi

Merawat Notebook atau laptop sebenarnya bisa dibilang mudah. Peralatan pendukung perawatannya pun semakin bervariasi dan mudah didapatkan. Merawat Notebook sebaiknya pada dua sisi, yaitu sisi hardware (perangkat keras) dan sisi software (perangkat lunak).

Perawatan Perangkat Keras Notebook

Untuk merawat Notebook dari sisi perangkat keras, kita dapat memulainya dengan memberikan perlindungan bagi fisik notebook. 

Karena sifatnya mobile atau dapat dengan mudah dipindahkan, kita harus memberikan perlindungan yang baik. Gunakakan softcase atau kantong pelindung untuk menghindari goresan ataupun benturan dengan benda keras.

Untuk membawa notebook, gunakan tas yang memiliki tempat khusus untuk menempatkan notebook. Lebih baik tas yang digunakan memiliki kemampuan tahan air sebagai antisipasi hujan. Beragam tas dengan berbagai model serta kisaran harga tersedia di pasaran.

Untuk melindingi permukaan notebook, dapat pula dipasangkan plastik pelindung. Plastik pelindung atau cover tersedia dalam berbagai model dan warna. Ada pula yang menyediakan pelindung dengan desain khusus dari pelanggan. Harga biasanya tergantung besar dan kerumitan desain.

Layar LCD notebook juga sebaiknya dilindungi oleh plastik tahan gores. Keyboard juga dapat dilindungi dari debu dan benda kecil lainnya dengan menggunakan keyboard cover yang terbuat dari karet halus. 

Sangat dianjurkan untuk membersihkan debu di notebook, khususnya keyboard secara berkala. Anda dapat menggunakan vacuum cleaner khusus yang dilengkapi dengan sikat ataupun kemoceng halus.

Jika notebook digunakan dalam waktu lama, gunakan notebook cooler untuk menurunkan suhu notebook. Suhu yang panas tidak hanya dapat menurunkan performa notebook, namun dapat pula merusaknya karena over heating.

Mengenai urusan merawat baterai notebook, banyak pandangan berbeda. Ada yang berpendapat semakin jarang digunakan, umur  baterai akan semakin awet. Ada pula yang mengisi baterai saat sudah habis. Untuk kepastian perawatan baterai, hubungi teknisi distributor notebook Anda!

Selalu jaga adaptor power Anda agar tidak terjatuh, dan  gulung kabelnya dengan bentuk melingkar untuk menghindari putusnya bagian dalam kabel. Jangan memasukkan DVD atau CD yang sudah tergores, karena akan membebani sistem optical drive yang berujung kerusakan.

Perawatan Perangkat Lunak Notebook

Kadang masalah software kurang menjadi perhatian pengguna notebook. Selalu gunakan dan update antivirus yang terbaik. Jika perlu, gunakan lebih dari satu antivirus, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. 

Jika virus yang menjangkiti notebook tidak dapat dihilangkan, biasanya pengguna akan memformat harddisk. Namun, jika terlalu sering memformat, maka akan dapat merusak harddisk.

Ada pula virus yang tidak hanya merusak file, namun dapat pula merusak hardisk. Disarankan menggunakan satu antivirus komersial yang dibuat perusahaan besar seperti Norton, Kaspersky, atau Avira, serta satu antivirus lokal seperti Smadav. Hal ini dilakukan untuk antisipasi virus buatan dalam negeri.

Upayakan untuk selalu mengetahui batasan kemampuan notebook Anda. Jangan menjalankan perangkat lunak yang membutuhkan spesifikasi perangkat keras, melebihi notebook yang Anda gunakan. 

Hal ini dapat menyebabkan perangkat keras bekerja terlalu tinggi yang dapat mengakibatkan kerusakan. Hati-hati bila bereksperimen dengan perangkat lunak yang mengubah konfigurasi perangkat keras, seperti tweak tool ataupun partition tool.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama