Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Bagiamana cara mengatasi rambut rontok? Rambut adalah mahkota yang menjadi kebanggaan para perempuan di seluruh dunia. 

Ada banyak wanita di dunia ini yang menggunakan segala cara untuk merawat rambutnya dan mencari cara mengatasi rambut rontok yang mungkin sedang dialaminya sehingga rambut yang dimilikinya tersebut selalu terjaga keindahan dan kesehatannya.

Ada berbagai cara mengatasi rambut rontok, tetapi setiap cara mengatasi rambut rontok tersebut belum tentu bisa berlaku bagi setiap orang. Masing-masing orang pastilah akan memiliki sensitivitasnya masing-masing dalam cara mengatasi rambut rontok tersebut.

Misalnya saja adalah ada orang yang menggunakan cara mengatasi rambut rontok dengan memakai urang-aring, tetapi di lain pihak, ada orang yang jika memakai urang-aring itu bukannya rambut rontoknya berkurang, namun malah menyebabkan masalah baru, yaitu timbulnya ketombe.

Ada lagi yang berusaha mencari cara mengatasi rambut rontok dengan perawatan di salon, tetapi sebagian orang lain merasa bahwa perawatan rambut di salon jelas akan menghabiskan banyak biaya dan merupakan suatu pemborosan.

Ketahui Penyebab Rambut Rontok Sebelum Mengetahui Cara Mengatasi Rambut Rontok

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara mengatasi rambut rontok, ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui tentang apa saja yang menjadi penyebab rambut bisa rontok.

Setiap bangun tidur, ketika kita menyisir rambut, akan terlihat gumpalan-gumpalan rambut yang luruh karena rontok. 

Jika jumlah helai rambut yang terlepas dari kulit kepala kita tidak terlalu banyak, kerontokan itu masih dalam batas yang normal karena selang beberapa hari, rambut memang akan luruh untuk berganti dengan rambut yang baru.

Tapi, jika helai rambut itu rontoknya sudah terlalu banyak, kondisi rambut rontok tersebut harus segera diatasi agar tidak menimbulkan kebotakan.

Faktor yang menjadi penyebab timbulnya kondisi rambut rontok itu adalah sebagai berikut:

1. Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Kurang Gizi

Rambut sebagai bagian dari tubuh kita juga memerlukan berbagai asupan nutrisi yang bergizi sehingga kesehatan rambut tetap terjaga dengan baik dan akar-akar rambut tetap kuat serta tidak mudah rontok. 

Namun di dalam kondisi tertentu, bisa saja asupan makanan kita tidak mengandung gizi yang cukup sehingga tubuh kita kekurangan gizi termasuk rambut yang juga membutuhkan banyak asupan gizi untuk terlihat indah dan sehat.

Cara mengatasi rambut rontok akibat kekurangan gizi ini biasanya hanya dengan kembali mengonsumsi lebih banyak lagi vitamin dan mineral terutama yang berasal dari buah-buahan dan sayur-sayuran.

2. Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Salah Merawat Rambut

Salah dalam merawat rambut juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya rambut rontok. Misalnya saja kita suka menggunakan karet rambut, jepit, atau bahkan membiarkan rambut kita disisir dengan sisir yang bergigi rapat terus menerus, akan membuat rambut menjadi rapuh dan mudah sekali rontok.

Ada banyak cara mengatasi rambut rontok yang disebabkan karena salah dalam merawat rambut ini. Kita bisa mengurangi penggunaan jepit dan karet rambut. 

Selain itu, cara mengatasi rambut rontok yang lainnya adalah dengan mengurangi penggunaan sisir yang rapat dan menggantinya dengan sisir bergigi jarang.

3. Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Tubuh dalam Kondisi Tidak Sehat

Ketika tubuh dalam kondisi tidak sehat, seperti saat sedang terserang anemia, maka tubuh kita akan kekurangan zat besi yang terdapat pada sel darah merah. Padahal zat besi ini juga diperlukan untuk kesehatan folikel-folikel rambut.

Cara mengatasi rambut rontok akibat serangan anemia pada tubuh kita adalah dengan cara mengonsumsi suplemen penambah zat besi yang dipadukan dengan mengkonsumsi vitamin C. 

Dengan memadukan suplemen dan vitamin C, maka vitamin C tersebut akan membantu penyerapan zat besi sehingga rambut kita pun menjadi terpenuhi kembali zat besinya.

4. Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Sering Menggunakan Bahan Kimia di Rambut

Penggunaan bahan-bahan kimia yang terlalu sering pada rambut kita seperti zat pewarna rambut, obat kering atau bahan kimia pelurus rambut akan membuat rambut kita menjadi kering, mudah patah, dan gampang rontok. 

Pewarna rambut yang digunakan terlalu sering atau dengan kata lain terlalu sering berganti-ganti warna rambut akan membuat pigmen rambut serta folikel rambut kita menjadi tidak sehat.

Kerontokan juga bisa disebabkan karena kekeringan rambut yang sudah sangat parah. Cara mengatasi rambut rontok karena masalah bahan kimia akibat pewarna rambut tersebut harus diatasi dengan berhenti menggunakan bahan-bahan kimia tersebut serta banyak mengkonsumsi makanan bergizi yang kaya akan vitamin dan mineral.

5. Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Jarang Cuci Rambut

Jarang mencuci rambut membuat rambut terlihat kotor dan kusam. Selain itu, rambut yang kotor dan kusam tersebut akan membuat rambut kusut dan susah untuk disisir. 

Jika memaksakan rambut tetap disisir apalagi dengan menggunakan sisir yang bergigi rapat, rambut akan banyak yang rontok.

Kerontokan terus menerus berakibat kebotakan yang akan sangat sulit disembuhkan. Karena itu, banyak orang yang akhirnya berusaha menjaga kebersihan rambutnya karena satu-satunya cara mengatasi rambut rontok akibat rambut yang kotor itu adalah dengan menjaga kebersihan rambut.

6. Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Pengaruh Obat-obatan

Penggunaan atau mengonsumsi obat-obatan yang keras seperti antidepresan, diuretik, dan berbagai obat-obatan keras lainnya memberikan efek yang sangat keras pada tubuh sehingga menyebabkan kerontokan rambut yang cukup parah.

Cara mengatasi rambut rontok akibat konsumsi obat-obatan ini adalah dengan mengurangi penggunaan obat-obatan tersebut. Namun bisa juga mengganti obat-obatan yang kita konsumsi dengan pengobatan alternatif yang bebas bahan kimia. Mengkonsumsi obat herbal juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi rambut rontok.

7. Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Stres dan Depresi

Manusia yang hidup di zaman modern seperti saat ini sangat sulit terlepas dari tekanan stres dan depresi. Tingginya tingkat stres dan depresi yang menyerang tubuh kita dapat menyebabkan folikel rambut kita menjadi mudah terserang sel-sel darah putih. Kondisi inilah yang akhirnya menyebabkan rambut kita rontok.

Semakin parah stres yang kita alami, maka akan semakin banyak rambut kita rontok. Cara mengatasi rambut rontok akibat stres dan depresi ini dapat dengan cara mengatasi stresnya terlebih dahulu. Bagaimana caranya?

Kita bisa melakukan berbagai terapi herbal untuk mengatasi stres dan depresi terlebih dahulu. Bermeditasi juga bisa dilakukan sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok yang diakibatkan stres.

Cara Mengatasi Rambut Rontok - Perawatan Rambut yang Benar

Ada berbagai cara mengatasi rambut rontok. Cara-cara berikut ini adalah cara untuk mencegah terjadinya rambut rontok. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati. 

Mencegah akan lebih mudah bagi kita daripada kita sudah terlanjur mengalami rambut rontok karena menyembuhkan rambut yang rontok akan sangat sulit.

Cara mengatasi rambut rontok yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan rambut. Keramaslah menggunakan sampo dan kondisioner yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Jangan keramas lebih dari satu kali dalam sehari karena keramas yang terlalu sering akan menyebabkan rambut kehilangan banyak minyak yang akhirnya mengakibatkan rambut mengalami kekeringan.

Cara mengatasi rambut rontok berikutnya adalah dengan cara mengeringkan rambut yang basah dengan handuk. Hindari penggunaan pengering rambut karena pengering rambut dapat mengubah warna rambut menjadi kusam dan panas dari pengering rambut itu menyebabkan minyak pada rambut hilang.

Menghindari penggunaan jepit rambut dan karet rambut juga merupakan salah satu cara mengatasi rambut rontok.

Pakailah hair tonik atau vitamin rambut atau serum penyubur rambut agar hair tonik yang biasanya mengandung ginseng dapat merangsang pertumbuhan rambut baru dan menyehatkan serta membuat rambut kita menjadi lebih berkilau.

Menghindari konsumsi kafein dari kopi bisa menjadi cara mengatasi rambut rontok karena kafein akan mengganggu pertumbuhan rambut baru dan menyebabkan penyerapan kalsium yang dibutuhkan oleh rambut juga terganggu.

Itulah beberapa cara mengatasi rambut rontok. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama