Bahan dan Cara Memutihkan Siku dan Lutut


Bahan dan Cara Memutihkan Siku dan Lutut


Apakah Anda memiliki masalah warna siku dan lutut yang lebih hitam dibandingkan dengan bagian kulit tubuh lainnya? 

Jika ya, artikel ini akan mengupas mengenai bahan dan cara memutihkan siku dan lutut tanpa harus mengeluarkan biaya besar karena Anda bisa lakukan sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan.

Siku adalah salah satu bagian tubuh yang terletak di bagian tangan, bentuk siku hampir mirip dengan lutut, sedangkan lutut adalah bagian tubuh yang menopang berat badan, terletak pada bagian kaki sendi siku, dan lutut adalah salah satu bagian tubuh manusia yang sering digunakan di kegiatan sehari-hari.

Umumnya memiliki lutut dan siku agak hitam tidak menjadi masalah bagi para lelaki, tetapi untuk perempuan tentu ini menjadi masalah, warna belang pada bagian tertentu bisa mengurangi keindahan warna kulit. 

Siku dan lutut menjadi bagian yang sering terlihat hitam, beberapa penyebab siku dan lutut lebih berwarna gelap dibandingkan dengan kulit lainnya adalah sebagai berikut.

1. Kulit kita memiliki kandungan kelenjar minyak, karena kandungan itulah kulit kita menjadi lebih terasa segar, tidak terasa kering dan terjaga kelembabannya. 

Namun, bagian siku dan lutut adalah bagian dari kulit yang memiliki kandungan minyak paling sedikit, inilah sebabnya mengapa kedua bagian tersebut lebih cenderung berwarna gelap dan kasar.

2. Bagian-bagian kulit ditubuh kita masing-masing memiliki zat warna atau pigmen. Pigmen memiliki fungsi memberikan warna pada kulit, melindungi kulit dari sinar matahari, dan bisa menguakan daya tahan tubuh. 

Bagian siku dan lutut adalah bagian kulit tubuh yang memiliki kandungan pigmen lebih banyak dibandingkan dengan daerah kulit lainnya.

3. Sering bersandar atau berlutut dengan menggunakan siku langsung tanpa memakai alas atau pelindung.

4. Tidak menggunakan pelindung tabir surya, tidak melakukan perawatan sama sekali.

5. Memiliki penyakit gangguan pada kelenjar yang bisa disebabkan karena kegagalan fungsi kelenjar adrenalin, ciri-cirinya warna kulit kecoklatan dan ditandai gejala anemia.

6. Bisa disebabkan karena mengonsumsi obat yang menyebabkan efek samping menghitamnya kulit, terutama bagian siku dan lutut.

Jika Anda mendambakan kulit yang putih dan merata khususnya bagian siku dan lutut, maka tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mencoba bahan-bahan dan cara memutihkan siku dan lutut dengan bahan dan cara yang alami dan lebih aman tanpa menimbulkan efek samping yang merugikan di kemudian hari. 

Berikut ini adalah bahan-bahan alami untuk memutihkan sikut dan lutut tersebut, yaitu:

Lemon dan Susu

Lemon dan susu sudah terbukti menjadi bahan yang bisa membuat kulit lebih putih dan lembut. Caranya adalah dengan menyiapkan air lemon dan susu sebanyak satu atau setengah gelas, campurkan kedua bahan tersebut, dan masukkan ke dalam microwave agar menjadi lebih hangat.

Bersihkan terlebih dahulu siku dan lutut dengan menggunakan handuk atau mencucinya langsung, keringkan. Tunggu beberapa saat, kemudian basahi handuk dengan campuran air lemon dan susu yang sudah dihangatkan, lalu usapkan ke bagian siku dan lutut. Lakukan beberapa kali.

Scrub Gula

Scrub gula adalah butiran halus yang terdapat pada gula. Gula yang biasanya digunakan untuk bahan membuat minuman agar terasa manis ternyata bisa digunakan sebagai pemutih yang bisa menghilangkan warna hitam pada siku dan lutut.

Caranya adalah dengan menyampurkan scrub gula dengan olive oil, lalu oleskan pada bagian siku dan lutut sampai rata, diamkan selama beberapa menit sampai mengering. Sesudah mengering, bersihkan dengan air hangat. 

Scrub gula juga terbukti bukan hanya memutihkan saja, tetapi bisa membuat kulit siku dan lutut menjadi lebih cerah dan bercahaya.

Kunyit

Kunyit adalah salah satu tanaman yang memiliki khasiat. Ternyata kunyit bukan hanya banyak digunakan sebagai bahan obat-obatan, namun juga bisa dijadikan bahan untuk kecantikan dan perawatan kulit. 

Kunyit bisa melembabkan dan memutihkan bagian kulit yang kasar, hasilnya tidak diragukan lagi bisa membuat kulit terlihat lebih kuning langsat dan bercahaya.

Cara memutihkan siku dan lutut dengan menggunakan kunyit adalah dengan cara sebagai berikut:

1. Haluskan kunyit sampai lembut, bisa dengan memarutnya.

2. Lalu, siapkan telur yang hanya diambil bagian putihnya saja.

3. Campurkan kunyit yang sudah dihaluskan dengan putih telur, campurkan sampai bahan merata.

4. Masukkan dua tetes minyak olive oil dan lemon. Campurkan sampai bahan-bahan tercampur dengan rata. Oleskan ramuan kunyit ke bagian siku dan lutut. Diamkan beberapa saat kemudian bilas/bersihkan dengan menggunakan air hangat.

Yoghurt , Lemon dan Susu

Terlebih dahulu lemon dihaluskan/dijus, siapkan cairannya menjadi setengah gelas, begitu pun yoghurt siapkan setengah gelas, satukan kedua campuran tersebut. Sesudah tercampur dengan rata, oleskan ke bagian siku dan lutut dengan merata. Diamkan selama 10 menit. Sesudah kering, bilas dengan air susu.

Minyak kelapa

Minyak kelapa selain bisa digunakan sebagai bahan untuk memasak, bisa juga dimanfaatkan sebagai pemutih dan penghalus siku dan lutut. Penggunaannya cukup mudah, hanya tinggal mengoleskannya, kemudian lakukan pemijatan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Setelah selesai, bilas dengan air sampai bersih.

Garam dan Lemon

Garam halus dan campuran air lemon adalah bahan alami yang bisa membuat bagian siku dan lutut menjadi lebih cerah. Butiran-butiran garam menjadi butiran scrub yang terbuat dari kandungan yang alami dan jus lemon. Bagian ini bisa membuat kulit lebih putih dan cerah.

Caranya dengan menggabungkan bubuk garam halus dengan air perasan lemon. Untuk takaran atau komposisinya bisa disesuaikan sampai terbentuk scrub yang enak dan nyaman digunakan. 

Caranya adalah dengan mengoleskan bagain siku dan lutut dengan perlahan, lakukan selama 10 sampai 15 menit. Jika sudah selesai, bersihkan dengan air hangat kemudian lanjutkan dengan air dingin.

Perawatan pada Waktu Mandi

Kulit siku dan lutut menebal dan hitam memang menjadi masalah yang menyebalkan, adapun cara menghilangkannya bisa pada waktu mandi dan sesudahnya.

Pada waktu mandi, setelah selesai memakai sabun, dan membilasnya dengan air, bagian siku dan lutut dibasahi kembali, kemudian gosok dengan cara perlahan dengan menggunakan batu apung atau dengan menggunakan spons. Cara ini bisa mengangkat sel kulit ari yang sudah mati.

Perawatan Sesudah Mandi

Setelah selesai mandi, olesi bagian siku dan lutut menggunakan body lotion atau jika ingin menggunakan bahan yang lebih alami bisa menggunakan minyak zaitun. Perawatan kulit ini bisa dilakukan setiap hari sesudah mandi, agar kulit bagian siku dan lutut lebih lembab dan tidak kasar.

Memiliki bagian siku dan lutut yang putih dengan warna yang sama/merata dengan bagian kulit lainnya, tentu akan membuat lebih percaya diri. 

Cara memutihkan siku dan lutut tersebut bisa Anda gunakan juga untuk memutihkan dan mencerahkan bagian tubuh yang lain.

Bagaimana dengan Anda? Apakah siku dan lutut Anda hitam dan gelap? Semoga informasi dalam artikel yang berjudul Bahan dan Cara Memutihkan Siku dan Lutut ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama