Tips Merawat Kucing Persia Untuk Pemula

 

Tips Merawat Kucing Persia Untuk Pemula
credit:[email protected]_cathouse

Tips Merawat Kucing Persia Untuk Pemula - Pandemi COVID19 telah mengharuskan orang untuk berada di dalam rumah saja dan membuat seluruh orang harus memeras otak supaya tidak gampang berasa jemu atau bosan.

Mempunyai hewan piaraan menjadi salah satunya alternatif opsinya. Kucing jadi hewan piaraan yang jadi opsi beberapa orang, selain karena karakternya yang menggemaskan kucing mempunyai bulu-bulu cantik yang memikat siapa saja.

Karena itu, untuk kamu yang ingin memelihara kucing di dalam rumah, berikut panduan dan langkah merawat kucing yang penting kalian perhatikan dan pahami. Khususnya saat kalian memilih memelihara kucing tipe persia. 

Tips Merawat Kucing Persia Untuk Pemula

Kucing persia populer dengan tipe kucing yang mempunyai karakter gendut, tambun, berhidung pesek dan bulu-bulu panjang. Tidak itu saja karakternya yang manja, tenang, halus dan gampang menyesuaikan menjadikannya sebagai pilihan untuk beberapa orang. 

Oleh karenanya untuk kalian yang memilih memelihara kucing tipe persia di dalam rumah. Berikut langkah merawat kucing persia yang penting jadi perhatian, terkhusus untuk kalian seorang pemula.

Persiapkan Kandang Khusus dan Bersihkan Secara Teratur

Saat kalian pilih memelihara kucing tipe persia di dalam rumah, yakinkan telah membeli kandang lebih dulu. Upayakan kandang itu memiliki ukuran sesuai ukuran kucing dan mempunyai sirkulasi udara yang cukup. 

Disamping itu yakinkan kalian telah membersihkan kandang dengan teratur untuk menghindari bermacam penyakit. Kucing persia termasuk kucing long hair jadi jika kita tidak rajin bersihkan kandang akan gampang terkena penyakit dibanding kucing lokal. 

Yakinkan kucing yang kalian piara di dalam rumah telah jinak. Dan upayakan tidak boleh mengeluarkan kucing 1 minggu awal untuk menolong ia menyesuaikan di lingkungan baru.

Siapkan Tempat Makan dan Minum Khusus

Bukan hanya menyediakan kandang, langkah merawat kucing persia di dalam rumah dengan menyediakan tempat minum dan makan khusus. Ini mempunyai tujuan untuk menolong makanan tidak tertinggal dan menjaga kebersihan rumah. 

Saat kalian memilih tempat minum dan makan kucing, upayakan tidak boleh membeli tempat terlampau cengkung karena kucing persia mempunyai lidah yang pendek.

Persiapkan Pasir dan Tempat Pasir Khusus

Untuk merawat kucing tidak cukup hanya memberi makanan dan menyediakan kandang. Kita harus juga mempersiapkan pasir dan tempat pasir khusus sebagai tempat kucing buang hajat. Sediakan tempat khusus untuk kucing buang kotoran akan menolong lingkungan masih tetap pada kondisi bersih. 

Oleh karenanya, saat kalian memakai pasir khusus sebagai tempat buang hajat kucing, upayakan rajin menukarnya satu hari sekali supaya tidak memunculkan bau dan kucing masih tetap berasa nyaman.

Beri Makanan Yang Bergizi

Merawat kucing tipe persia tidak dapat asal-asalan dalam memberi makan. Kalian perlu memberi makanan khusus kucing yang mengandung nutrisi yang cukup supaya bulu-bulunya tidak rontok. 

Kita dapat memberi makanan seperti daging ayam atau ikan yang telah dicacah dan direbus. Opsi yang lain kita dapat memberi makanan kucing buatan pabrik berbentuk kering atau basah yang dipasarkan di beberapa petshop.

Disamping itu, saat kalian pilih memiara anak kucing atau kitten persia, harus diingat beri makanan dalam jumlah gizi yang cukup. Karena anak kucing memerlukan makanan 2x semakin banyak dibanding kucing dewasa.

Mandikan Kucing Satu minggu Sekali

Walaupun kita mengetahui, kucing sanggup untuk membersihkan tubuhnya dengan alami dengan menjilat-jilati badannya, tetapi penting untuk memandikannya tiap satu minggu sekali. 

Upayakan kalian memandikan kucing memakai shampo khusus kucing, selanjutnya keringkan memakai handuk atau hair dryer. Janganlah lupa untuk menyisir bulu-bulu kucing supaya kelihatan rapi dan mengusung bulu-bulu yang telah mati.

Beri Vaksin Secara Periodik

Bukan hanya dari segi kebersihan lingkungan, kita perlu merawat kucing dari sisi imun dengan memberi vaksin secara periodik. Penyuntikan vaksin akan menolong kucing masih tetap sehat dan aman dari gempuran virus atau penyakit. 

Masih kurang sampai disana, pemberian obat cacing perlu dilaksanakan untuk jaga selera makan dan membuat kucing kalian masih tetap pada kondisi gendut.

Membersihkan Tempat Kucing Yang Susah di Jangkau

Bagian-bagian badan kucing kadang susah di jangkau dan jadi sarang bermacam penyakit. Misalkan saja telinga, mulut dan mata. Karena itu, langkah merawat kucing yang jangan kalian lupakan ialah menolongnya bersihkan tempat yang sulit dia capai sendiri. 

Kita bisa menolong membersihkan memakai cotton bud basah. Ini dapat kita kerjakan satu minggu sekali saat usai memandikannya.

Itu dia langkah merawat kucing persia untuk pemula yang penting kalian pahami. Janganlah lupa untuk selalu mengajak kucing bermain atau melatih dia dengan melakukan aktivitas setiap hari seperti buang kotoran atau pipis. 

Disamping itu, kalian harus juga berlaku tegas pada sikap kucing yang jelek seperti menggigit atau mencakar. Ucapkan "tidak boleh" selanjutnya seka kepalanya untuk menolongnya pahami secara perlahan-lahan jika sikap itu tidak baik. 

Jika Anda memelihara kucing di dalam rumah maka penting untuk selalu menjaga kebersihan kandang atau mengontrol kesehatannya secara periodik untuk mengawasinya agar tetap sehat dan menggemaskan.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama