Tips Menyimpan Ayam Fresh di Kulkas Agar Awet

 

Tips Menyimpan Ayam Fresh di Kulkas Agar Awet

Tips Menyimpan Ayam Fresh di Kulkas Agar Awet - Ketika kita tidak dapat sering pergi ke pasar untuk membeli bahan makanan, maka kita harus membeli dengan jumlah lumayan banyak untuk disimpan sebagai stok. Salah satunya yang umumnya kita membeli untuk stok ialah daging ayam.

Bagaimanakah cara kita memilih dan mempersiapkan ayam itu untuk kita taruh sebagai stok? Berikut ini adalah tips-tipsnya :

Langkah Memilih Ayam Fresh di Pasar

1. Ayam paling fresh yang dapat kita peroleh berada di pasar tradisionil, di mana kita dapat memilih ayam hidup seperti keinginan kita dan dipotong waktu itu juga. Minta sekalian dibersihkan bulu-bulunya dan dipotong sama sesuai ukuran yang kita perlukan, misalkan potong 8 atau potong 6.

2. Tetapi jika membeli ayam hidup sedikit susah, karena itu kita dapat memilih ayam yang telah dipotong dan dibungkus. 

Pilih ayam yang memiliki warna pink fresh dan masih berasa kenyal saat ditekan, dan tidak tercium berbau kurang lezat sedikitpun. Jauhi ayam yang warna pucat kehijauan atau kebiruan, apa lagi jika sudah tercium berbau kurang sedap.

Langkah Mempersiapkan Ayam Untuk disimpan

1. Ayam yang baru saja dibeli jika belum hendak dimasak maka harus segera dibersihkan atau diproses, dan ditaruh terlebih dulu didalam kulkas. Tidak boleh menempatkan ayam mentah pada suhu ruangan. 

Apabila Anda masih tidak dapat memprosesnya dalam kurun waktu 2 hari, taruh ayam mentah dalam freezer, tidak boleh dalam chiller. Ayam beku yang dibungkus tertutup tahan sepanjang setahun dalam freezer.

2. Untuk membersihkan dan menghilangkan bau pada ayam, gosok semua permukaan ayam dengan garam. Janganlah lupa untuk menggosok sisi dalam rongga perutnya. Seharusnya pakai garam kasar, tetapi jika tidak ada pakai garam apa saja yang berada di dapur. 

Menggosokan garam ke semua bagian ayam selain untuk menghilangkan bau kurang sedap, juga akan menghilangkan lendir dan susunan kulit mati. 

Khusus untuk ayam negeri yang dibeli telah dalam potongan, remas-remas bersama air jeruk nipis yang dicampur garam untuk membersihkan dan menghilangkan lendirnya.

3. Ayam yang telah beku jika ingin diproses, seharusnya di turunkan dari freezer ke chiller, supaya ayam beku tak perlu dilunakkan di luar ruang kelamaan. 

Untuk ayam utuh perlu waktu 24 jam untuk melunak dalam chiller. Sementara potongan ayam perlu minimum 3 jam untuk melunak dalam chiller.

4. Bila sedang tergesa-gesa harus melunakkan ayam beku, rendam ayam beku di di air dingin dan yakinkan ayam beku tersebut ada dalam bungkus yang rapat hingga air rendaman tidak bersentuhan dengan ayam beku.

5. Dan janganlah lupa selalu untuk membersihkan semua peralatan dapur yang bersentuhan langsung dengan ayam, dan semprot meja dapur sesudah bersentuhan dengan ayam memakai desinfektan alami yakni kombinasi cuka dan air dengan perbedaan 1:1 untuk menghindar kontaminasi bakteri dan kuman yang kemungkinan berada di ayam yang baru kita beli.

Itulah  Tips Menyimpan Ayam Fresh di Kulkas Agar Awet. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama