Tips Berbelanja Agar Dompet Tidak Kebobolan

Tips Berbelanja Agar Dompet Tidak Kebobolan

Tips Berbelanja Agar Dompet Tidak Kebobolan - Akhir minggu, bulan, atau tahun adalah waktu yang asyik buat belanja. Terutama sekali adalah di akhir tahun. Karena di saat inilah biasanya banyak toko yang mengadakan cuci gudang dengan diskon besar-besaran.

Namun, jangan sampai karena “laper mata”, dompet Anda jadi kebobolan. Anda harus mempunyai Tips Berbelanja yang ampuh untuk menanggulangi hal-hal demikian. Kenapa harus ampuh? Karena diskon barang yang ditawarkan di toko-toko biasanya membuat Anda ngiler.

Berikut adalah tips berbelanja yang ampuh agar dompet Anda tidak kebobolan, antara lain:

1. Hitung Keuangan Anda Saat Ini

Mungkin Anda mempunyai tabungan dalam jumlah banyak di bank, tapi uang yang sudah ada di sana jangan diambil kalau hanya untuk berbelanja. Gunakan uang yang ada di tangan saat ini.

Hitung keperluan bulan ini dan hitung juga uang Anda. Jika memang sekarang ini diniatkan sebagai waktu Anda untuk memuaskan hobi dalam berbelanja, tetap anggarkan dahulu untuk keperluan rutin bulanan Anda.

2. Buat Daftar Rencana Belanja

Tips berbelanja yang satu ini tentu sudah sangat umum. Sebelum berangkat, tulis dahulu barang-barang yang akan Anda beli. Urutkan dari yang paling dibutuhkan dan mendesak. Buatlah perkiraan harganya, kemudian jumlahkan.

Nah, apakah totalnya masih rasional dengan anggaran belanja Anda? Jika ternyata lebih, Anda bisa menuliskan barang-barang yang Anda inginkan. Tapi jika malah kurang, hilangkan terlebih dahulu daftar barang terbawah.

3. Cari Tempat Belanja Termurah

Tempat belanja yang cukup murah adalah pasar tradisional. Tapi kebanyakan pasar tradisional tidak memberikan kenyamanan dalam berbelanja, terutama adalah kepadatannya. Anda bisa tersenggol bahkan tergenjet oleh pembeli lain yang berjubel.

Anda bisa berbelanja di mal jika tidak suka belanja di pasar tradisional. Dan sekarang, mall telah menjamur di mana-mana. Nah, pilihlah mall mana yang toko-tokonya terkenal dengan harga lebih murah. Jika tidak sempat membandingkan, Anda bisa bertanya kepada beberapa teman.

4. Jangan Bawa Kartu Kredit

Tips berbelanja selanjutnya adalah bahwa Anda dianjurkan untuk tidak membawa kartu kredit. Bawalah uang kas saja. Membawa kartu kredit menggoda Anda untuk belanja semaunya. Asal kepengin, barang Anda ambil. Hindari kemungkinan seperti itu. Bawalah uang kas secukupnya dan ingatlah pada daftar belanja yang sudah dibuat.

5. Beli Barang Sesuai Daftar

Pegang daftar belanja Anda di tangan. Cari dahulu barang yang ada di urutan teratas. Coret bila barang tersebut sudah diambil. Kemudian carilah barang diurutan berikutnya.

Anda bisa saja membeli barang tidak sesuai urutan, tapi jangan ambil barang di luar daftar. Jangan tergoda jika menemukan barang dengan diskon besar, jika barang tersebut tidak ada dalam daftar.

Bila semua barang yang ada di daftar sudah terambil, hitung semua totalnya. Anda bisa menghitungnya sendiri jika tidak repot, karena barang biasanya sudah dilabeli dengan harga. Tetapi repot, Anda bisa menghitungkanya kepada kasir sambil membayar.

Anda akan mengetahui berapa total uang yang telah dibelanjakan. Jika ternyata uang kas Anda masih lebih, maka baru diperbolehkan mencari barang lain di luar rencana. Tapi pastikan bahwa barang tersebut berguna bagi Anda. Juga pastikan, Anda hanya memakai uang sisa.

Nah, semoga tips berbelanja di atas benar-benar bisa Anda terapkan. Mudah-mudahan dompet Anda tidak jebol setiap Anda melakukan kegiatan belanja.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama