Tips Agar Badan Tidak Cepat Sakit

Tips Agar Badan Tidak Cepat Sakit

Tips agar badan tidak cepat sakit sangat diperlukan saat cuaca tak bersahabat terutama ketika musim hujan lebat, peralihan cuaca kemarau dan panas atau sebaliknya.

Kesehatan adalah harta paling utama dan takdapat diukur oleh kekayaan sebab saat sakit semua kenikmatan hidup bagai terenggut. 

Tidur tak nyenyak, makan takenak apalagi jika menderita sakit parah yang membutuhkan uang jutaan rupiah untuk biaya rawat inap, obat, tabung oksigen, perawatan khusus di ICU hingga biaya operasi. Harta yang dikumpulkan bertahun-tahun bisa habis dalam sekejap.

Tolok ukur kesehatan meliputi kesehatan tubuh dan kesehatan jiwa. Seseorang yang raganya tampak sehat namun memiliki kelainan jiwa tidak dapat disebut sebagai orang yang sehat. 

Dan orang yang raganya sakit-sakitan seringkali memengaruhi kesehatan jiwanya. Jadi, definisi sehat adalah ia yang sehat jiwa sekaligus raga.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Kesehatan

Kesehatan dipengaruhi oleh beberapa hal, faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan adalah sebagai berikut:

a. Genetis

Seseorang yang membawa riwayat kesehatan buruk sejak lahir maka sepanjang umurnya akan menderita penyakit yang sama, misalnya seseorang yang lahir dengan katup jantung bocor maka seumur hidup akan mengalami gangguan pada jantungnya. 

Faktor keturunan juga berpengaruh pada kesehatan, seseorang dengan riwayat keturunan penderita diabetes dan hipertensi akan berisiko tinggi menderita penyakit yang sama.

b. Gaya Hidup

Terlalu sering mengonsumsi makanan junk food, rokok, minuman beralkohol, kurang makan serat dan sayuran dapat menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit.

c. Lingkungan

Kebersihan lingkungan sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup seseorang, sebab kuman, bakteri dan virus hidup secara optimal pada lingkungan yang kotor dan sanitasi yang buruk.

d. Faktor X

Yang tergolong faktor X adalah faktor dari luar tubuh yang tidak terprediksi sebelumnya, misalnya polusi udara, radiasi nuklir atau tegangan listrik, faktor-faktor ini dapat menyebabkan penduduk sekitar menderita gangguan kesehatan secara berkepanjangan.

Tips Menjaga Kesehatan

Mengingat menderita sakit merupakan suatu kerugian besar selama hidup, menjaga kesehatan merupakan hal utamsa agar badan tidak cepat sakit. 

Beberapa tips menjaga kebugaran tubuh berikut ini dapat dijadikan pertimbangan untuk tercapainya kesehatan jiwa raga dan hidup yang berkualitas:

1. Menjaga Pola Makan Seimbang

Kebutuhan hidup akan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral sebaiknya tercukupi menurut kebutuhan sesuai usia dan aktivitas keseharian. Anak dalam usia pertumbuhan tentu membutuhkan total kalori lebih besar daripada manusia dewasa.

Kekurangan karbohidrat, vitamin dan mineral akan menyebabkan tubuh tidak bertumbuh kembang sempurna dan mudah terserang penyakit. 

Kelebihan mengonsumsi kalori dan karbohidrat menyebabkan sisa metabolisme tertumpuk menjadi lemak jahat dan menimbulkan obesitas yang menjadi salah satu sebab tubuh mudah terserang penyakit.

2. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga adalah salah satu faktor yang dapat membantu menjaga stamina tubuh. Dengan rajin berolahraga, otot tubuh akan berkembang sempurna. 

Jantung, paru-paru berfungsi secara optimal, peredaran darah serta metabolisme tubuh berjalan lancar sehingga absorpsi oksigen, zat-zat makanan dan transportasinya ke seluruh tubuh berjalan tanpa gangguan.

Olahraga yang dilakukan sebaiknya mempertimbangkan faktor usia dan riwayat penyakit bawaan yang mungkin diderita. 

Semakin bertambah usia hendaknya melakukan olahraga ringan, seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung bawaan sebaiknya menghindari olahraga berat yang membuat jantung bekerja lebih keras.

3. Pola Tidur Cukup

Begadang adalah salah satu faktor yang menyebabkan pertahanan tubuh menurun secara drastis. Sebagai raga yang terdiri atas sel-sel alami, tubuh bukanlah robot yang nyaris mampu bekerja tanpa beristirahat.

Dalam penelitian terbukti bahwa sel-sel tubuh melakukan istirahat dan regenerasi ketika tubuh dalam keadaan tidur nyenyak. Itulah sebabnya seseorang yang sering begadang akan mudah terserang penyakit, kulit tubuhnya pun kusam karena adanya gangguan terhadap regenerasi sel-sel kulit tubuh.

4. Detoksifikasi

Detoksifikasi adalah proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. Detoksifikasi secara alami dapat dilakukan dengan mengonsumsi beberapa bahan alami yang dapat berfungsi sebagai penawar racun atau membantu metabolisme organ tubuh hati yang bertugas menawarkan racun, membuang hal-hal asing dari dalam tubuh. 

Mengonsumsi vitamin C secara teratur, bawang putih, bahan makanan organik dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit dan tidak mudah sakit.

5. Memilih Diet yang Tepat

Kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab tubuh rawan terserang penyakit, dari penyakit gangguan pencernaan hingga penyakit lebih serius seperti hipertensi, kolesterol, diabetes hingga gangguan jantung. 

Mengurangi berat badan dengan cara melakukan diet tidak dapat dilakukan sembarangan, tidak semua orang dapat melakukan diet yang dilakukan orang lain.

Diet ala Deddy Corbuzier misalnya, OCD jika dilakukan oleh orang yang memiliki riwayat tekanan darah rendah akan sangat berbahaya. 

Diet drastis tanpa makan selama beberapa jam tersebut dapat menyebabkan tekanan darah menurun secara cepat sehingga membahayakan keselamatan. Diet yang tepat adalah mengurangi konsumsi karbohidrat dan lemak serta mengkonsumsi makanan dalam jumlah kalori yang terukur.

6. Berpikir Positif

Kesehatan raga dipengaruhi juga oleh kesehatan jiwa. Berpikir positif akan membantu jiwa senantiasa berada dalam keadaan bahagia, stress menyebabkan tubuh mudah sakit namun bahagia mendorong raga untuk selalu bugar. 

Berpikir positif dapat dikembangkan mulai dari rasa percaya diri, mencintai diri sendiri apa adanya, menjauhi prasangka negatif bagi orang sekitarnya, serta menikmati hidup, karir, keluarga dan orang-orang terdekat dan pekerjaan membantu terwujudnya pemikiran yang positif.

7. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Khasiat air putih bagi tubuh sangat besar, 70 persen bagian tubuh terdiri atas cairan, kekurangan cairan menyebabkan dehidrasi sehingga tubuh mudah terserang penyakit, lemah, letih hingga mengakibatkan kematian.

8. Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur adalah sumber vitamin dan mineral alami bagi tubuh. Vitamin merupakan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas sehingga membantu memperkuat sistem imunitas agar badan tidak cepat sakit.

Secara alami tubuh membutuhkan makanan selingan di antara waktu makan utama. Dianjurkan untuk mengonsumsi buah sebagai cemilan menggantikan makanan ringan berkalori tinggi seperti keripik, kentang goreng atau snack yang mengandung lemak.

9. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Mengingat salah satu faktor yang mendukung kehidupan kuman, bakteri dan virus adalah lingkungan kotor maka menjaga kebersihan lingkungan dapat mengurangi risiko terserang penyakit. 

Debu, serbuk halus seringkali menyebabkan bersin, alergi, dan gangguan saluran pernafasan. Jika kebersihan lingkungan terjaga ancaman terhadap gangguan pernafasan secara otomatis akan berkurang.

10. Mengonsumsi Multivitamin

Pada saat daya tahan tubuh terasa semakin menurun, mengonsumsi multivitamin dosis tinggi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, namun perlu diwaspadai agar tidak menjadikan konsumsi multivitamin sebagai ketergantungan. 

Sumber vitamin alami seperti buah dan sayur masih membawa manfaat lebih baik bagi tubuh. Selain itu kelebihan vitamin hanya akan terbuang melalui sisa metabolisme.

Selain sepuluh tips tersebut di atas, membiasakan diri untuk mengikuti panggilan alami secara teratur membantu agar badan tidak cepat sakit, misalnya ketika merasa lelah maka harus cepat beristirahat, mengambil jeda di sela kesibukan bekerja, tidak menunda ketika waktunya ekskresi dan tepat waktu saat beribadah.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama