Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami

 

Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami

Bagaimana cara memutihkan kulit wajah? Kulit bagian wajah adalah daerah terpenting bagi kaum perempuan, maka wajar jika kulit wajah selalu mendapat perawatan berlebih. 

Biasanya, perempuan akan mencari segala cara memutihkan kulit wajah dan juga mencari obat dari berbagai merek untuk memutikan kulit wajahnya.

Tidak semua merek obat yang dijual di pasaran baik untuk digunakan. Bahkan, BPOM beberapa waktu lalu, pernah memberikan informasi untuk produk kecantikan yang berbahaya bagi kulit. 

Sayangnya tidak semua masyarakat tahu akan hal ini, sehingga penjual pun masih bebas berjualan selama BPOM tidak tahu.

Guna mencegah hal-hal yang tidak diingkan sebaiknya Anda harus selektif dalam memilih produk kecantikan, khususnya jika diperuntukkan kulit wajah. 

Banyak sekali cara memutihkan wajah dengan menggunkan bahan-bahan dari alam sekitar dan sudah terjamin khasiatnya serta tidak mengandung zat berbahaya bagi kulit.

Memang tidak dapat dipungkiri perempuan yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia ini mungkin akan terlihat makin kusam dan hitam jika kulitnya tidak dilindungi atau dirawat. Tapi, perlu diingat bahwa memang warna kulit dasar orang pribumi adalah sawo matang, tidak putih, dan tidak hitam.

Namun, berdasarkan survei di pasaran, orang-orang Indonesia asli pun juga ingin memiliki kulit wajah dan badan yang putih. Mereka selalu berlomba-lomba untuk merawat kulit mereka sampai menjadi putih, salah satunya mungkin dengan memakai suntik vitamin C atau melakukan perawatn kulit yang bisa menghabiskan uang jutaan rupiah.

Tapi, apakah semua pengeluaran dapat memenuhi keinginan Anda? Ada sebagian orang yang sudah memakai obat kecantikan ini dan itu namun hasilnya belum maksimal, bahkan kadang juga merusak kulit. 

Nah, kalau sudah begini, apa yang bisa kita lakukan? Tentunya, yang paling aman adalah gunakan produk-produk pemutih wajah yang berasal dari alam saja.

Seperti yang kita ketahui jika menggunkan produk kecantikan dengan bahan dasar kimia, kadang ada yang memasukkan mercuri dengan takaran berlebihan. Mercuri ini adalah zat yang sangat berbahaya bagi kulit. 

 memang kulit wajah akan lekas putih tetapi bahaya kanker kulit sudah mengancam di depan mata.

Oleh karena itu, jika ingin memutihkan kulit wajah, sebaikanya memakai cara memutihkan wajah secara herbal atau alami saja. 

Tahukah anda bahaya apa saja yang dapat ditumbulkan akibat penggunaan zat mercuri ini? salah satunya adalah menyebabkan gangguan saraf, sebab sekecil apa pun zat ini masuk ke dalam tubuh, tetap akan menjadi racun.

Bahaya lainnya adalah memperlambat pertumbuhan janin, wajah juga akan menjadi lebih rusak, merusak lapisan kulit bawah, menyebabkan kerusakan pada ginjal, dan menyebabkan penyakit kanker, mulai kanker kulit, kanker payudara, kanker leher ramin, serta beberapa jenis kanker lainnya.

Bahan Pemutih Kulit Wajah Alami

Kulit putih memang dipandang perempuan Indonesia sebagai simbol kecantikan, sehingga perawatan model apa pun akan dilakukan oleh kaum hawa untuk membuat kulit mereka tampak putih. 

Bagi mereka yang ingin kulitnya putih, sebaiknya mencoba cara-cara alami terlebih dulu. Berikut adalah contoh-contoh dari bahan-bahan alam sekitar yang dapat digunakan untuk memutihkan kulit.

1. Tomat

Cara memutihkan wajah salah satunya bisa menggunakan buah tomat, karena tomat banyak mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Lalu, bagaimana cara menggunakan buah-buahan ini untuk masker wajah? 

Caranya sangat gampang, sediakan tomat segar secukupnya, bisa yang berukuran agak besar lalu parut tomat tersebut. kemudian tambahkan 2 - 3 tetes perasan air lemon. Jangan lupa tambahkan pula beberapa tetes air mawar. Selanjutnya aduk sampai rata.

Jika sudah siap, oleskan hasil parutan tadi pada wajah dan leher dengan kuas, lalu diamkan kira-kira 15 menit.

Setelah itu, baru cucilah muka dengan bersih. Sebaiknya, lakukan untuk memakai masker tomat minimal seminggu sekali. Cara seperti ini akan lebih hemat dan tentunya aman dari bahaya mercury.

2. Kentang

Bahan lain yang bisa dipakai untuk masker pemutih kulit wajah adalah kentang, salah satunya adalah dengan menggunakan jus kentang. 

Manfaatnya ternyata mampu mempercantik kulit. Namun, jika ingin dipakai untuk maskes, caranya adalah parutlah satu buah kentang, kemudian hasil parutannya tambah dengan satu sendok teh madu. 

Aduk dan campur hingga rata, lalu oleskan pada kulit wajah serta leher. Seperti biasa, diamkan kira-kira 20 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih. Hampir semua jenis kulit bisa memakai masker kentang ini.

3. Pepaya

Manfaat pepaya sebenarnya sangat banyak, baik pepaya berwarna hijau maupun yang orange. Keduanya sama-sama memiliki khasiat untuk mencerahkan kulit supaya tampak cantik. 

Perlu diketahui juga bahwasanya pepaya hijau banyak mengandung enzim papain yang bagus untuk memutihkan kulit.

Cara membuat maskernya cukup gampang. Ambil satu sendok makan pepaya yang masih hijau atau mangkal (agak mentah) kemudian haluskan dan tambahkan satu sendok pepaya yang sudah masak. 

Campur keduanya hingga rata. Barulah oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Jika ingin mendapatkan hasil optimal, lakukan masker pepaya ini setiap hari.

4. Jeruk Nipis dan Putih Telur

Telur selain enak dimakan, ternyata bagian putihnya juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah, tetapi hasilnya akan lebih baik jika dicampur dengan perasan jeruk nipis. 

Jadi, jika ingin memperbaiki warna kulit, gunakan masker putih telur ditambah perasan jeruk nipis, oleskan pada wajah dan leher, dan biarkan hingga mengering sendiri. 

Tunggu hingga 5-10 menit kemudian basuhlah wajah dengan air dingin. Namun, hasil dari masker ini baru terlihat setelah seminggu dipakai secara rutin.

5. Lada Manis atau Papikra

Manfaat papikra ternyata cukup banyak, tidak hanya sebagai bahan masakan, tetapi dapat digunakan untuk facial kulit wajah dan mampu meningkatkan sirkulasi aliran darah pada wajah. 

Caranya adalah hancurkan papikra merah atau hijau yang sesuai selera, kemudian hancurkan dengan cara diblender.

Lalu, oleskan pada kulit wajah dan leher serta diamkan beberapa menit kira-kira 15 menit cukup. Setelah itu, bilas atau bersihkan dengan air dingin. Jika menggunakan krim-krim alami seperti ini, sel-sel kulit akan jauh lebih sehat dan tentunya wajah semakin putih alami.

6. Almond

Perempuan Indonesia mempunyai kulit sawo matang, tetapi menurut sebagian perempuan, warna kulit tersebut masih kurang putih. Jika demikian, cara alami untuk memutihkan kulit adalah dengan menggunakan almond. Caranya adalah setiap pagi rendam 4 - 5 biji almond dan kunyit dalam susu cair.

Kemudian pada malam harinya, keluarkan kunyit tersebut dan haluskan dengan almond yang tadi sudah direndam dengan susu, hingga berbentuk pasta. 

Oleskan campuran ketiga bahan tersebut pada wajah dan leher serta diamkan hingga semalaman. Barulah pada pagi harinya bilas dengan air dingin. Apabila ingin mendapatkan hasil optimal, gunakan masker ini dua minggu sekali.

7. Yogurt

Cara membuat masker dari yogurt adalah campur yogurt dengan sedikit madu, lalu oleskan pada wajah dan leher. Diamkan selama 10 menit dan bilaslah dengan air. Masker yogurt memiliki manfaat untuk menjaga kelembaban dan bisa menghaluskan kulit wajah juga memutihkan.

8. Chamomile

Pada umumnya, chamomile dimanfaatkan untuk teh, tetapi bunga ini juga bisa menjadikan kulit wajah cerah secara alami. Selain itu, bunga ini juga memiliki banyak kandungan yang bisa mengatasi bengkak pada mata. 

Cara menggunakannya gampang. Cukup celupkan kantong teh bunga chamomile dalam air panas, biarkan sampai dingin lalu tempelkan kantong teh tersebut pada mata. Sebaiknya, lakukan selama dua minggu berturut untuk mendapatkan hasil yang bagus.

9. Minyak Alpukat

Minyak alpukat tidak dipakai untuk masker, melainkan untuk membantu Anda yang biasanya tak sempat mencuci muka sebelum tidur karena terlalu capek seharian beraktivitas. 

Pemakaian minyak alpukat ini mampu menghilangkan sisa-sisa riasan yang menempel pada wajah. Caranya oleskan saja minyak alpukat pada wajah. Jika masih ada minyak yang tertinggal di wajah, Anda cukup menyerapnya dengan tisu.

10. Susu

Bahan alami yang bisa dipakai untuk memutihkan wajah adalah susu. Cara memutihkan wajah dengan susu sangat gampang. Anda bisa membasuh muka dengan susu atau tuang beberapa tetes susu pada kain pencuci muka. 

Gosoklah kain itu ke wajah dengan lembut. Secara otomatis, susu akan menghilangkan sel-sel kulit telah mati yang menutup wajah, sehingga kulit akan tampak lebih cerah dan bintik-bintik hitam pada wajah dapat berkurang.

Nah, itulah cara memutihkan kulit wajah secara alami. Selamat mencoba dan dapatkan kulit wajah yang putih alami.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama