Cara Beli Emas di Antam

 

Cara Beli Emas di Antam

Mengenal Lebih Jauh Siapa Itu PT.Antam dan Cara Beli Emas

Apakah ingin tahu cara beli emas di Antam ? Kehidupan memberikan proses komplit yang dijalani manusia dan di dalam semua proses tersebut manusia akan selalu ditantang untuk berjuang mengisi kehidupannya sendiri. 

Perjuangan itu adalah wujud manifestasi masa depan yang dimiliki manusia untuk bertahan atau akan tergerus oleh perputaran waktu dan tantangan. 

Salah satu cara yang bisa digunakan  manusia untuk bertahan adalah dengan memikirkan sebuah investasi jangka panjang yang setidaknya bisa menjamin adanya sedikit kekuatan untuk sekadar bertahan. Investasi emas menjadi salah satu pilihan.

Dalam artikel singkat ini kami akan menjelaskan bagaimana cara beli emas di Antam sebagai salah satu pilihan investasi masa depan. Persaingan global yang makin menantang, diyakini akan terus terjadi. 

Masing-masing negara akan menjamin suatu stok kebutuhan yang mencukupi untuk seluruh rakyatnya guna mengantisipasi tantangan dunia ke depan. Masing-masing negara memersiapkan segala upaya, bahkan tak jarang berujung pada eskalasi politik dan keamanan yang ekstrim. 

Dibutuhkan satu pemikiran yang tepat untuk untuk mempertahankan kekuatan materi, termasuk kekuatan investasi.

Salah satu jenis investasi yang mempunyai prospek besar adalah investasi di pertambangan. Model investasi ini adalah dengan mengupayakan pencarian dan pendapatan keuangan negara melalui hasil pertambangan. 

Berbagai jenis hasil tambang kemudian dikelola secara profesinal hingga menghasilkan sesuatu yang bernilai jual.

Dari beberapa perusahaan yang menjadi badan usaha milik negara yang mengurusi urusan pertambangan salah satunya adalah PT.Antam. 

Perusahaan ini bergerak dalam bidang eksplorasi sumber daya alam dalam bidang pertambangan. Juga memegang kendali terhadap pengolahan serta pemasaran hasil sumber daya pertambangan di Indonesia. 

Berikut profil lengkap PT.Antam.

A. PT Antam

Tahun 1968, PT.Antam resmi didirikan dan menjadi salah BUMN yang bergerak dalam bidang pertambangan nasional. 

Antam sendiri sebelum didirikan, merupakan bagian-bagian yang terdiri dari perusahaan-perusahaan kecil pertambangan nasional yang pada saat itu masih mengandalkan hasil produksi komoditas tunggal. 

Untuk mengefektifkan eksplorasi hasil tambang nasional, dilakukanlah merjer yang menggabungkan beberapa perusahaan komoditas tunggal tadi menjadi satu perusahaan besar yang kemudian diberi nama PT.Antam.

Sebagai perusahaan pertambangan, Antam bertanggung jawab bukan hanya sekadar mengeksplorasi hasil tambang. Namun juga menjamin adanya suatu sistem terpusat yang mampu mengembangkan segala sektor ekonomi melalui pertambangan. 

Untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal, selain memasarkan produksi tambang nasional, Antam juga berinisiatif membentuk afiliasi dengan perusahaan-perusahaan internasional dengan tujuan mendapatkan keuntungan lebih dari dari cadangan tambang yang tersedia. 

Ada beberapa komoditas tambang yang dihasilkan oleh PT.Antam yaitu:

1. Bijih Nikel

Salah satu produk tambang yang dihasilkan oleh Antam adalah bijih nikel yang terdiri dari nikel saprolit dan limonit.

2. Feronikel

Jenis hasil tambang ini merupakan salah satu produk utama dari Antam. Feronikel meruapakan hasil produksi tambang yang terbuat dari bijih nikel saprolit. Yakni, nikel dengan kadar yang tinggi dan diproduksi melalui proses pyrometalurgi. 

Bentuk feronikel adalah beruapa batangan dan butiran. PT.Antam memproduksi feronikel untuk kebutuhan bahan baku produksi baja nirkarat.

3. Perak

Salah salah produksi utama PT.Antam lainnya adalah logam mulia yang berwarna putih dengan tekstur lunak mengilap yang acap sekali dijadikan perhiasan, bahan untuk pembuatan mata uang serta perkakas rumah tangga bernilai tinggi yang disebut perak. 

Perak merupakan logam bebas yang tercampur dengan bahan tambang lainnya seperti emas dan berbagai macam mineral.

4. Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia

Untuk menghasilkan logam mulia berkualitas dunia, PT.Antam melakukan pengolahan dan pemurnian logam mulia. Pengolahan dan pemurnian logam mulia ini telah mendapatkan akreditasi dari LBMA atau London Bullion Market Association. Penjualannya mencakup penjualan dalam negeri dan internasional.

5. Bauksit

Merupakan sumber bijih utama yang digunakan untuk memroduksi aluminium. Melalui pengembangan proyek-proyek aluminia, diharapkan nilai bauksit dapat lebih ditingkatkan ke depannya.

6. Batubara

Sebagai salah satu produk pertambangan yang jumlahnya melipah ruah di Indonesia, batubara merupakan salah satu produk Antam yang memiliki pasar penjualan yang luas. 

Karena manfaatnya yang beragam, batubara produksi Antam terus digenjot kuantitas dan kualitasnya sehingga makin besar keuntungan yang akan dicapai melalui penjualannya, baik di pasar dalam negeri maupun luar negeri.

7. Emas

Boleh dikatakan inilah produksi tambang prima yang dimiliki oleh Antam. Emas merupakan salah satu jenis logam yang tahan akan karat. Penggunaannya sendiri lebih banyak diperuntukkan sebagai perhiasan. 

Harga emas terus mengalami fluktuasi dengan kondisi perekonomian dunia. Menjadi salah pilihan investasi yang dipilih oleh banyak orang. Saat ini, Antam memproduksi 5 ton emas per tahun.

B. Visi Dan Misi PT. Antam

Sebagai sebuah perusahaan besar milik negara yang diharapkan mampu menghasilkan pendapatan bagi negara, PT. Antam memiliki visi penting. 

PT.Antam akan berusaha menjadi korporasi global yang memiliki basis usaha di bidang pertambangan dengan tetap melakukan terobosan yang dapat menumbuhkembangkan perusahaan agar tetap menjadi perusahaan yang sehat dan memiliki kualitas yang seseuai standar dunia.

Adapun misi-misi PT.Antam adalah sebagai berikut:

1. Menjadikan Antam sebagai perusahaan tambang global dengan membangun dan menerapkan praktik terbaik kelas dunia

2. Menerapkan keunggulan baik dari sistem produksi, teknologi yang terbarukan, serta hemat dalam biaya produksi.

3. Mengolah cadangan tambang sehingga menjadi produk yang lebih kompetitif.

4. Membangun suatu bentuk bisnis yang lebih profesional di bidang tambang, untuk memaksimalkan nilai saham.

5. Meningkatkan kompetensi, berupa keahlian yang terus berkembang yang mampu ditunjukkan oleh semua pegawai. Di samping juga menjamin terciptanya budaya organisasi kerja yang tinggi demi kesejahteraan pegawai.

6. PT.Antam akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat sebagai wujud kepedulian akan terciptanya standar kesejahteraan masyarakat yang lebih baik.

C. Cara Beli Emas Di Antam

Sebagai suatu bentuk investasi yang efektif, emas menjadi pilihan yang paling banyak dipilih saat ini oleh masyarakat untuk menanamkan modalnya. 

Bagi Anda yang berkeinginan untuk membeli emas batangan logam mulia langsung dari PT.Antam, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, Antara lain:

1. Cara beli emas di Antam yang pertama adalah harus datang ke PT.Antam terlebih dahulu

Namun unit produksi di PT.Antam tidak melayani pembelian langsung oleh masyarakat umum. Untuk melakukan pembelian Anda datang saja ke unit pemasaran PT.Antam atau Unit pengolahan Logam Mulia Antam.

2. Setelah sampai di tempat tersebut, ikuti prosedur selanjutnya

3. Antre

Hal ini dilakukan karena animo masyarakat untuk membeli emas batangan terus meningkat, karena terlalu banyak, prosedur antrianpun dilakukan. 

Setelah sampai di tempat Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia, Anda diharuskan melakukan pencatatan dan pengambilan nomor antrean. 

Tunggulah hingga nomor Anda dipanggil. Di sini KTP akan ditahan sementara oleh pihak keamanan dan akan diserahkan kembali apabila transaksi penjualan telah selesai dilakukan.

4. Setelah nomor antrean Anda dipanggil, selanjutnya akan diarahkan menuju loket nomor 2

Pada loket inilah kita akan melakukan transaksi pembelian logam mulia, dalam hal ini yang akan Anda beli adalah emas.

5. Prosedur selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk melakukan pembayaran pada bagian kasir di loket nomor 5.

6. Validasi

Setelah melakukan pembayaran, kasir nomor 5 akan menvalidasi pembayaran Anda.

7. Selanjutnya menyerahkan bukti pembayaran

Bukti pembayaran yang telah divalidasi diserahkan ke loket nomor 6.

8. Antrean untuk pengambilan barang

Setelah meyerahkan bukti pembayaran yang telah divalidasi, Anda diharuskan mengantre lagi untuk menunggu giliran penyerahan barang. Pengambilan emas yang telah dibeli dilakukan di loket no 7.

9. Proses transaksi telah selesai dilakukan

Nah, sebelum memutuskan harus beli emas di Antam ada baiknya Anda memelajari langkah-langkah dan cara beli emas di Antam. Agar bisa memersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama