Cara Belajar Efektif

 

Cara Belajar Efektif

Cara Belajar Efektif - Ada banyak cara belajar efektif yang bisa diterapkan. Walaupun setiap cara belajar efektif tersebut tidak bisa sama untuk setiap orangnya. Masing-masing orang terutama para pelajar memiliki cara belajar efektif yang berbeda-beda. 

Ada banyak hal pula yang mempengaruhi cara belajar seseorang. Karena itu, ketika kita, sebagai orang tua terutama, tidak bisa sembarangan dalam menentukan cara belajar efektif bagi anak-anak kita.

Kita harus melihat terlebih dahulu berbagai hal dari anak-anak kita tersebut. Satu cara belajar tidak akan dapat diberlakukan pada beberapa anak sekaligus. 

Mengapa demikian? Hingga saat ini belum ditemukan dua orang atau lebih memiliki cara belajar efektif yang sama persis. Hal ini dikarenakan setiap pribadi memiliki keunikan dan caranya sendiri dalam menyerap sesuatu yang baru termasuk menyerap ilmu pengetahuan dari belajar tersebut. 

Kepribadian tersebutlah yang menentukan bagaimana seseorang tersebut menerima dan menyerap manfaat dari kegiatan belajar yang dilakukannya.

Ada seseorang yang cara belajar efektifnya adalah dengan mendengarkan musik. Ada lagi orang yang cara belajarnya harus sambil menuliskan apa yang sedang dipelajarinya. 

Di lain pihak ada orang yang baru akan mengerti atas apa yang dibacanya jika membaca bacaan tersebut dengan bersuara keras seperti orang berdeklamasi. Masih ada banyak lagi cara belajar efektif yang diterapkan oleh masing-masing yang pastinya akan sangat berbeda dengan yang diterapkan oleh orang lain.

Beberapa Cara Belajar Efektif

Berikut ini beberapa cara belajar efektif yang biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang dan mungkin salah satunya bisa kita adaptasi menjadi cara belajar efektif kita. Cara belajar efektif ini biasanya bisa kita terapkan dan bisa langsung kita praktikkan sendiri atau bersama dengan beberapa orang teman. 

Cara belajar efektif tersebut, yaitu:

1. Cara Belajar Efektif dengan Membuat Intisari/Rangkuman

Membuat rangkuman atau intisari dari setiap pelajaran yang kita dapatkan adalah cara belajar efektif yang paling mudah untuk kita lakukan sendiri. 

Dengan membuat intisari atau rangkuman ini, kita akan dapat langsung mempelajari inti utama dari setiap materi yang kita pelajari tersebut. Selain itu, intisari atau rangkuman ini akan dapat membuat kita menjadi lebih mudah mengingat setiap pelajaran yang sudah kita pelajari.

Ketika saat ada ulangan atau ujian atau saat kita harus mengingat materi pelajaran ini, maka kita akan dapat dengan mudah menemukannya dan mengingatnya kembali.

Cara belajar efektif dengan membuat rangkuman ini sudah banyak diajarkan di sekolah-sekolah dasar untuk memudahkan para muridnya dalam mempelajari berbagai materi. 

Kebanyakan buku materi sekolah menguraikan satu bagian/materi dengan panjang lebar. Untuk itu, dengan membuat rangkuman maka bagian yang terpenting sajalah yang akan langsung dapat diingat.

2. Cara Belajar Efektif dengan Membuat Peta Pikiran

Cara belajar efektif yang berikutnya adalah dengan cara membuat peta pikiran. Dalam beberapa tahun belakangan ini, pembuatan peta pikiran disebut-sebut sebagai suatu cara belajar efektif yang baru dan menghasilkan banyak manfaat yang bagus dalam mengingat pelajaran atau hal-hal penting lainnya di dalam kehidupan.

Membuat peta pikiran ini tidak saja dapat dipraktikkan pada cara belajar efektif bagi para pelajar dan mahasiswa, namun bagi masyarakat umum pun dapat dipraktikkan untuk melatih daya ingat agar semakin tajam dan semakin mudah dalam mengingat segala sesuatu. 

Membuat peta pikiran hampir sama seperti membuat rangkuman atau intisari yang sudah diuraikan di atas. Namun, peta pikiran ini menerapkan sistem gambar, kata-kata penting dan pewarnaan yang nyaris mirip seperti peta.

Materi utama disajikan di bagian tengah, sedangkan bagian-bagian penting yang berhubungan dengan materi utama diuraikan menjadi kata-kata penting di sekitarnya. 

Bagi sebagian orang yang belum terbiasa, cara belajar efektif dengan menggunakan peta pikiran ini cukup sulit. Namun bagi yang sudah terbiasa maka cara belajar efektif yang langsung tepat sasaran dan memiliki daya ingat cukup lama adalah dengan peta pikiran ini.

3. Cara Belajar Efektif dengan Melalui Latihan Soal

Cara belajar efektif berikutnya yang bisa kita lakukan adalah dengan belajar melalui berbagai latihan soal yang ada. 

Biasanya, latihan-latihan soal, baik yang tersedia di dalam buku paket atau di dalam buku lain yang merupakan buku kumpulan soal-soal, merupakan suatu cara pendalaman materi. Dengan latihan soal-soal ini, maka kemampuan penerimaan seseorang akan materi tersebut dapat diukur.

Jika banyak soal yang dikerjakan tersebut salah, maka dapat dianggap bahwa cara belajar efektif untuk orang tersebut masih harus dilakukan karena mereka masih belum dapat mengerjakan dan mengerti soal-soal tersebut dengan hasil yang baik. 

Tetapi, jika dari latihan soal-soal tersebut diketahui bahwa sudah banyak soal-soal yang bisa dijawab dan dimengerti dengan benar, maka cara belajar efektif yang sudah diterapkan ternyata berhasil dengan baik.

4. Cara Belajar Efektif dengan Menggunakan Pertanyaan

Cara belajar efektif yang satu ini hampir sama dengan cara belajar efektif dengan menggunakan pertanyaan. 

Tetapi, cara belajar efektif dengan menggunakan pertanyaan ini maksudnya adalah dengan meminta bantuan dari orang lain untuk melakukan tanya jawab kepada kita. Mereka bertanya dan kita langsung memberikan jawaban dengan kata-kata dan pengertian kita.

Cara belajar efektif yang satu ini sering diterapkan oleh para orang tua kepada anak-anaknya. Biasanya para orang tua akan menilai apakah anaknya sudah mampu mengingat semua materi yang dipelajarinya dengan cara melemparkan berbagai pertanyaan menyangkut materi yang sedang dipelajari anaknya. 

Jika tidak ada orang lain yang membantu kita untuk melakukan tanya jawab, cara belajar efektif yang bisa diterapkan adalah kita menuliskan terlebih dahulu semua pertanyaan dari materi yang sudah ada.

Kemudian, tanpa menggunakan panduan buku paket atau buku materi, kita berusaha menjawab sendiri seluruh pertanyaan yang sudah kita tulis tadi. 

Dari seberapa banyak jawaban yang benar itulah kita bisa mengetahui apakah kita sudah menguasai materi yang kita pelajari ini atau belum.

5. Cara Belajar Efektif dengan Mengembangkan Materi Yang Ada

Mengembangkan materi yang sudah ada juga merupakan cara belajar efektif yang cukup manjur untuk diterapkan baik oleh para pelajar, para mahasiswa maupun oleh masyarakat umum. 

Cara belajar efektif dengan mengembangkan materi ini adalah suatu cara di mana kita berusaha memperlebar wawasan kita terhadap materi yang sedang kita pelajari.

Contohnya, ketika kita sedang mempelajari tentang hewan berkaki empat. Maka kita dapat menyebutkan semua hal yang berhubungan dengan hewan berkaki empat ini. 

Ciri-ciri hewan berkaki empat, makanannya, cara hidupnya, penggolongan jenisnya dan cara berkembang biak hingga cara perawatannya. 

Dari mengembangkan materi ini maka kita akan mampu mengingat lebih banyak lagi dari yang seharusnya sehingga tanpa kita sadari kita akan semakin mengingat materi utamanya yaitu tentang hewan berkaki empat tadi.

Cara belajar efektif yang satu ini juga sudah banyak diterapkan di bangku-bangku sekolah. Penerapan cara belajar efektif yang satu ini akan menjadi semakin efektif jika diterapkan atau digunakan bersamaan dengan penggunaan peta pikiran. 

Masih ada banyak cara belajar efektif lainnya yang bisa kita coba. Setelah melakukan berbagai cara belajar efektif tersebut. 

Tentukanlah salah satu dari cara belajar efektif itu yang paling sesuai dengan kepribadian dan kemampuan kita. Cara belajar efektif yang tepat akan membawa pengaruh dan hasil yang tepat pula bagi kita.

Selain itu, cara belajar efektif yang baik adalah cara belajar yang dilakukan secara rutin dan berkesinambungan. Cara belajar yang menggunakan sistem kebut semalam yang biasanya digunakan hanya saat hendak menghadapi ulangan atau ujian bukanlah cara belajar efektif yang baik. 

Sangat jarang cara belajar kebut semalam itu dapat menghasilkan nilai atau hasil yang baik. Malah kadang kala, karena kelelahan harus bergadang semalaman, saat ulangan atau ujian, kita tidak bisa mengingat satu pun apa yang sudah kita pelajari di malam sebelumnya.

Karena itulah, cara belajar efektif harus mulai diterapkan sedini mungkin dan menjadikannya sebuah kebiasaan baik yang dilakukan secara rutin dan berkesinambungan.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama