5 Tips Belanja Online

 

5 Tips Belanja Online

5 Tips Belanja Online - Makin banyak orang sibuk, makin banyak orang yang menginginkan segala sesuatu yang praktis, termasuk dalam urusan berbelanja baju atau pakaian.

Saat ini, banyak sekali toko online pakaian yang menawarkan berbagai produk untuk orang-orang sibuk seperti mereka. Namun, ini bukan berarti berbelanja di toko online hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang sibuk saja. Siapa pun Anda, berbelanja online tidak ada salahnya jika dilakukan secara benar.

Nah, bagi Anda yang ingin membeli sesuatu atau mungkin masih takut berbelanja secara online, berikut ini berikut beberapa tips belanja online  yang dapat Anda lakukan sebelum melakukan transaksi.

1.  Cari Tahu Identitas Penjual

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek identitas penjual. Di sini, Anda tidak perlu meminta kartu tanda pengenal penjual, seperti KTP atau SIM.

Yang Anda butuhkan adalah informasi identitas penjual di dunia maya, seperti alamat situs/blog, facebook, twitter, YM, dan yang tidak kalah penting adalah nomor telepon yang bisa dihubungi.

Selain itu, Anda bisa melakukan pengecekan melalui mesin pencari. Jika beruntung, Anda bisa menemukan review dari pelanggan lain yang pernah bertransaksi dengan toko online tersebut sehingga Anda bisa mengambil simpulan sendiri setelah membacanya.

2.  Bandingkan Harga

Berbelanja di depan komputer bukan berarti kita tidak bisa leluasa memilih seperti ketika kita berbelanja di toko atau mall. Tenang, toko online sekarang sudah tidak terhitung lagi jumlahnya sehingga kita bisa membandingkan harga satu toko dengan toko lainnya.

3.  Berkomunikasi dengan Penjual

Jangan langsung terburu-buru mentransfer uang tanpa melakukan komunikasi terlebih dahulu kepada penjualnya. Lakukan komunikasi, baik melalui chatting, komentar, SMS, atau telepon mengenai produk yang akan Anda beli.

Dari komunikasi tersebut, selain bisa mengetahui informasi produk secara lengkap, sebagai ajang untuk mengetahui seberapa care penjual kepada pelanggan. Penjual yang baik akan melayani calon konsumennya secara baik dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan kita secara jelas.

4.  Kesepakatan

Jangan lupakan poin yang satu ini jika sudah melirik produk yang ingin Anda beli. Periksa dan baca secara saksama aturan yang biasanya diberikan penjual, seperti jaminan kualitas barang, ukuran barang, cara pengiriman, dan sebagainya. Cari tahu juga bagaimana jika barang itu tidak sesuai dengan yang diiklankan. Apakah ada garansi atau tidak?

Semua ini dilakukan demi kebaikan antara penjual dan pembeli sehingga tidak ada yang dijadikan kambing hitam jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di kemudian hari.

5.  Simpan Bukti Pembayaran

Setelah setuju untuk membeli barang, tentunya Anda akan segera mentransfer sejumlah uang kepada penjual. Setelah melakukan transfer, jangan lupa menyimpan bukti pembayaran Anda. 

Kemudian, beritahu kepada penjual bahwa Anda sudah mentransfer kepadanya. Ini dilakukan agar barang pesanan segera dikirim ke alamat Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat berbelanja pakaian atau baju di internet. Selamat berbelanja!

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama