Tips dan langkah Membersihkan Botol Susu Bayi Secara Aman

 

Tips dan langkah Membersihkan Botol Susu Bayi Secara Aman

Untuk ibu yang perlu bekerja di luar rumah, peristiwa memberi ASI langsung ke buah kesayangan kemungkinan susah dilaksanakan. Supaya buah kesayangan kita masih tetap mendapat konsumsi gizi, kita bisa memberi ASI perah lewat botol susu atau memberi susu formulasi sebagai pengiring ASI. 

Karena itu wajib untuk kita ketahui langkah membersihkan botol susu bayi supaya menahan bayi diserang bermacam tipe infeksi pencernaan. 

Berikut langkah gampang yang dapat kita kerjakan di dalam rumah untuk membersihkan botol susu bayi secara aman.

Langkah Membersihkan Botol Susu Bayi

Saat sebelum kita mensterilkan botol susu bayi, karena itu penting untuk membersihkan botol susu itu lebih dulu. Adapun beberapa langkah dan langkah membersihkan botol susu bayi adalah sebagai berikut:

1. Bersihkan tangan lebih dulu

Saat kita akan membersihkan botol susu bayi tanpa memakai mesin pembersih, upayakan tangan pada kondisi bersih. Yakinkan kita telah membersihkan tangan memakai sabun sepanjang lebih kurang 20 detik.

2. Pisah semua bagian botol susu

Saat sebelum kita membersihkan botol susu, pisah lebih dahulu botol, dot, katup botol dan tutup botol. Ini perlu dikerjakan karena jika tidak dilepaskan semua bagiannya, kemungkinan ada tersisa susu yang terendap dan pada akhirnya memunculkan kerak di bagial tutup botol. 

Sesudah dilepaskan semua, baru dicuci sama air bersih yang mengucur.

3. Persiapkan baskom berisi air hangat dan sabun

Langkah untuk membersihkan botol susu bayi, kita harus mempersiapkan baskom berisi air hangat dan sabun. Seharusnya tidak boleh menempatkan botol susu bayi di wastafel atau di sink saat proses membersihkan, ini mempunyai tujuan untuk menghindar risiko botol tercemar dengan bakteri yang ada di atas sink atau wastafel.

4. Membersihkan botol susu memakai sikat khusus

Sesudah kita memendam botol susu memakai air hangat dan sabun, penting untuk membersihkan memakai sikat khusus. Janganlah lupa untuk membersihkan botol susu itu sampai ke dasarnya. 

Selanjutnya taruh sikat botol di tempat yang terpisah dengan perlengkapan dapur supaya terbebas dari cipratan minyak atau kotoran.

5. Pastikanlah kamu mencuci botol susu tanpa sabun yang ketinggalan

Poin utama yang lain yang jangan kamu lupakan saat membersihkan botol susu ialah yakinkan tidak ada sabun yang ketinggalan. Kamu dapat memeriksanya dengan pastikan ulangi jika dapat keluarkan air dari dot itu. 

Perlu kamu mengerti, bila ada tersisa sabun yang ada pada dot akan membuat susu bisa lebih cepat mengental dan menyebabkan keracunan sabun yang tidak tersengaja. Seharusnya beli sabun khusus untuk membersihkan botol susu bayi. 

Jika tidak mungkin, cairkan sabun bersihkan piring yang umum dipakai sama air bersih supaya saat dibasuh bisa lebih cepat bersih dan tidak ada yang ketinggalan.

6. Keringkan botol susu saat sebelum memakainya

Sesudah kamu membersihkan botol susu itu, upayakan mengeringkannya sisi luarnya memakai handuk bersih yang bebas dari debu atau kotoran. Pada bagian dalam dikeringkan dengan menjemur botol di tatakan khusus botol susu supaya tersisa air menetes dan jadi kering sendirinya.

Itu ia langkah membersihkan botol susu yang aman untuk bayi kita. Selainnya hal di atas, kamu perlu mensterilkan botol susu bayi saat sebelum memakainya. Ditambah sepanjang 12 bulan awal sesudah dia lahir. Kita bisa mensterilkan botol susu bayi atau dot bayi dengan mendidihkan, memakai bahan kimia atau steam. 

Berikut langkah mensterilkan botol susu bayi yang dapat kamu kerjakan untuk mematikan bakteri dengan meningkatkan temperatur dan dapat dilaksanakan di dalam rumah.

Langkah Mensterilkan Botol Susu Bayi

Mensterilkan dengan steam

Langkah mensterilkan botol susu bayi yang pertama dapat kamu kerjakan ialah dengan steam.

Beberapa langkahnya sebagai berikut ini:

1. Yakinkan kita telah membersihkan botol susu atau dot bayi lebih dulu,

2. Yakinkan status dot atau botol susu kebalik saat disterilkan,

3. Tambah air pada steriliser, lalu hidupkan

4. Diamkan botol susu pada kondisi steril

5. Baru jika ingin dipakai ambilah botol susu dari dalam steriliser

Mensterilkan dengan mendidihkan

Selainnya dengan memakai steam kita dapat mensterilkan botol susu bayi dengan mendidihkannya.

Beberapa langkahnya sebagai berikut ini:

1. Tempatkan botol susu dan dot bayi yang telah dibersihkan sampai bersih ke panci,

2. Tambah air hingga botol susu dan dot bayi tergenang,

3. Didihkan air dan rebus sepanjang lebih kurang 5 menit

4. Matikan kompor dan diamkan botol susu dan dot bayi di atasnya sampai air jadi dingin

5. Bersihkan tangan lebih dulu saat sebelum kamu menggenggam dot atau botol susu bayi

6. Mengambil perlengkapan dari di panci dan buang air yang masih ada. Bila kamu tidak mau memakai langsung, keringkan lebih dulu botol dan dot bayi. 

Lantas tempatkan botol susu atau dot bayi dalam tempat bersih yang tertutup rapat. Botol susu dapat dipakai langsung tak perlu disterilkan atau direbus kembali.

Sesudah ketahui langkah membersihkan botol susu bayi atau sterilisasinya, penting untuk kita untuk ketahui pertanda kita harus menukar dot itu. 

Kita harus menukar dot atau botol susu bayi saat:

1. Ada sisi yang rengat atau bocor

2. Terjadi pengubahan warna pada puting atau botol itu

3. Penipisan atau ada robek di bagian puting dot. Ini memiliki arti puting dot kurang kuat dan harus selekasnya ditukar.

Memakai botol susu untuk bayi akan menolong kita saat lagi ada jauh dari sang buah kesayangan. Tetapi yakinkan botol atau dot dibikin bersih secara betul supaya terbebas dari penyakit pencernaan. 

Dan janganlah lupa tentukan botol susu yang aman serta nyaman untuk anak kita.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama