Tips dan Cara Mengobati Luka Bakar

Tips dan Cara Mengobati Luka Bakar

Luka bakar adalah luka yang terjadi pada jaringan tubuh yang diakibatkan oleh panas api, sengatan listrik ataupun reaksi dari cairan bahan kimia. Luka bakar berdasarkan tingkat kerusakan jaringannya dibagi menjadi 3 kategori, yaitu:

1. Luka bakar tingkat I

Luka bakar tingkat 1 yaitu luka bakar dengan kategori paling ringan. Gejalanya berupa rasa nyeri atau panas, berwarna kemerahan, sensitif terhadap sentuhan tetapi kulit tidak sampai melepuh.

2. Luka bakar tingkat II

Gejala luka bakar tingkat II sedikit lebih parah, yaitu kulit melepuh, berwarna kemerahan atau keputihan yang berisi cairan berwarna putih dan jernih.

Jika cairan dalam kulit tersebut keluar maka akan menimbulkan rasa perih.

3. Luka bakar tingkat III

Luka bakar tingkat III adalah luka bakar dengan kategori paling parah. Luka bakar pada kategori ini mengakibatkan luka yang lebih serius bahkan dapat mengakibatkan jaringan kulit menjadi mati.

Pertolongan pertama dan cara mengobati luka bakar adalah sebagai berikut:

Tanaman Lidah buaya sangat baik untuk mengurangi rasa panas karena mengandung antiseptic dan anti biotic yang dapat menyebabkan efek penyembuhan dengan cepat. 

Kalau tidak ada lidah buaya, pakailah air es atau air bersih.

Setelah panas hilang biarkan begitu saja. Biarkan tubuh anda menyembuhkannya sediri.

Jangan memecahkan cairan  luka bakar yang melepuh

Jangan oleskan odol, kecap, minyak atau salep

Untuk luka bakar yang parah segera bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih intensif

Itulah ulasan artikel tentang tips dan cara mengobati luka bakar, semoga ulasan singkat ini dapat membatu dan menjadi referensi untuk Anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama