Cara Membersihkan Layar Laptop

Cara Membersihkan Layar Laptop

Cara Membersihkan Layar Laptop - Bagaimana cara membersihkan layar laptop? Biasanya ada pengguna barang elektronik yang malas merawat barangnya sendiri. 

Sebenarnya mudah untuk merawat barang-barang elektronik sekarang ini, seperti HP (handphone), laptop, ipad dan lain-lain. Anda cukup membersihkan beberapa bagian dari barang tersebut.

Kenapa perlu dibersihkan? Karena jika ada bagian yang penting, tetapi tidak dirawat dengan baik akan berakibat kerusakan yang cukup memakan biaya saat melakukan service di kemudian hari.

Kali ini kita membahas bagaimana cara membersihkan layar laptop dengan rapi dan tidak memakan waktu lama. Banyak yang mengatakan sebaiknya layar laptop menggunakan protektor yang terbuat dari plastik, seperti halnya dengan layar HP dan layar ipad Anda.

Teknologi semakin canggih, pengguna mengoperasikannya dengan menyentuh layar, touchscreen. Maka dari itu harus dilindungi oleh proteksi layar yang antigores, tetapi untuk laptop beda kasus. Jika Anda salah memilih proteksi, maka akan fatal ke depannya.

Mengapa? Karena pelindung itu tidak bisa bertahan melekat pada layar, maka layar laptop akan lengket dan berbekas yang hampir tidak bisa hilang sepenuhnya jika kita membersihkannya.

Selain itu, jika pelindung tersebut memiliki kualitas buruk, layar laptop akan terlihat seperti gumpalan-gumpalan air sehingga Anda tidak melihat jelas layar laptop saat bekerja atau mengoperasikan suatu aplikasi.

Hal itu sangat menganggu sekali, dan juga membuat debu-debu halus susah untuk dibersihkan jika sudah menempel di pelindung laptop tersebut. 

Jadi, bijaklah untuk memilih layar pelindung untuk laptop Anda karena ini mengenai kegunaan yang seharusnya tidak menimbulkan masalah baru saat digunakan.

Cara membersihkan layar laptop sebenarnya mudah dan tidak terlalu banyak menggunakan tools special untuk merawatnya, ada beberapa hal yang harus dihindari saat memakai laptop Anda agar terhindar dari kerusakan pada monitor. 

Berikut ini hal yang tidak boleh dilakukan:

1. Ceroboh Menaruh Benda di Atas Keyboard Laptop

Biasanya pengguna laptop saat mengoperasionalkannya, lupa manaruh pensil atau barang lain di atas keyboard laptop, setelah itu karena keadaan lupa dan dalam situasi terburu-buru, Anda menutup laptop dengan cepat tanpa melihat benda yang ada di atas keyboard.

Lalu, terjadilah keretakan pada layar laptop atau bintik kecil karena benturan pada benda yang Anda taruh di atas keyboard tersebut.

Untuk memperbaikinya, butuh biaya yang lumayan mahal. Maka dari itu diusahakan sesibuk apapun, Anda harus melihat kondisi laptop terlebih dahulu, apakah aman atau tidak untuk dilipat dan menaruhnya ke dalam tas Anda.

2. Makan Sambil Bermain Laptop

Hindari juga melakukan hal semacam ini, jika Anda masih sayang dengan barang elektronik Anda. Karena pada saat anda makan, lalu menggunakan laptop Anda secara beriringan, maka Anda harus siap menghadapi masalah seperti berikut ini.

a. Keyboard berminyak

b. Huruf dalam keyboard memudar.

c. Fungsi keyboard menurun bahkan tidak berfungsi.

d. Layar monitor kotor, terlebih kalau menggunakan pelindung layar. Jika ada debu menempel pada saat minyak menyebar di layar laptop Anda, maka debu itu akan susah dihilangkan dan terus menempel.

e. Kerusakan pada sistem motherboard laptop. Ini terjadi jika minyak tersebut tembus ke elemen dasar mesin laptop Anda, karena bahan cair selalu mudah untuk bisa masuk kedalam komponen elektronik, apalagi sejenis cairan.

3. Main Laptop Touchscreen Saat Hujan

Jika Anda memiliki laptop touchscreen, seperti pada merek Asus tipe Q200E yang berukuran 11.6 inc atau merek lain yang sejenisnya, maka disarankan untuk menghindari gejala alam, yaitu hujan. Betapa pun pentingnya Anda ingin menggunakannya, tetapi tidak ada jaminan bahwa perangkat laptop touchscreen itu bisa bekerja saat kondisi seperti itu.

Anda juga harus memakai pelindung lain, seperti menggunakan plastik atau bahan apapun yang bisa menahan rembesan hujan di tas bawaan Anda.

Sayang sekali jika rembesan hujan bisa sampai pada laptop kesayangan Anda, kerusakan yang terjadi bisa fatal dan juga bisa mematikan semua sistem perangkat laptop anda. Cara jitu untuk kondisi itu adalah memiliki garansi laptop Anda yang masih aktif.

Itulah beberapa hal yang harus kita hindari saat ingin merawat kondisi laptop Anda.  Namun, cara membersihkan layar laptop akan lebih mudah memang apabila menggunakan pelindung layar yang berkualitas baik.

Jadi, Anda harus memilih produk yang mahal sekalian untuk pelindung ini, seperti kata pepatah pedagang, “semakin mahal pada suatu produk semakin baik kualitasnya, percayalah itu”.

Pelindung juga tidak harus layar saja, tetapi yang lebih utama kita harus melindungi keyboard dan cover depan laptop Anda agar tidak tergores oleh benda-benda tajam saat membawanya.

Kedua pelindung itu cukup penting untuk Anda miliki. Bagi yang tidak memiliki biaya atau tidak ingin menggunakan layar laptop Anda dengan pelindung, maka ada cara lain untuk melindungi layar Anda dari kotoran, yaitu sebagai berikut.

  • Sapu tangan 100% katun asli atau tisu wajah rekomendasi gunakan merek premier tisu.
  • Busa halus atau spoon.
  • Pembersih kaca cair (jangan yang mengandung deterjen atau yang dapat menghasilkan buih-buih pada pembersih tersebut).

Langkah pertama, semprotkan pembersih kaca cair ke dalam busa halus, lalu sedikit peras agar tidak terlalu basah. Lalu, oleskan pada layar laptop Anda. 

Oleskan secara teratur tidak usah buru-buru melakukannya. Pastikan cairannya tidak menetes ke keyboard, gunakan kain untuk menutup keyboard, mencegah cairan itu menetes ke dalam keyboard.

Langkah kedua, Anda gunakan sapu tangan atau tisu untuk mengelap semua bagian layar laptop secara teratur. Setelah itu, tunggu jangan ditutup laptop Anda segera sebab layar laptop harus dalam keadaan kering.

Anda juga bisa membersihkan keyboard Anda dengan cara tadi, perbedaannya Anda menggunakan sapu tangan yang telah disemprot cairan pembersih, jangan terlalu banyak cukup basah saja. Lalu, oleskan semua huruf keyboard yang menurut Anda harus diberisihkan. Cara ini berlaku sama dengan body laptop Anda.

Mudahkan? Cara ini adalah cara paling termudah untuk merawat laptop Anda di rumah. Lebih baik lagi, Anda tidak menggunakan laptop saat Anda sedang ada di muka umum atau duduk di cafe yang berada di luar, sambil menggunakan laptop.

Disarankan juga, jika ada keperluaan yang mengharuskan menggunakan laptop Anda di cafe, maka pastikan minuman Anda sudah diberikan jarak antara laptop dan minuman yang Anda pesan.

Adapun kasus lain, misalnya Anda ingin makan menu yang disajikan dalam cafe tersebut, sebaiknya makanlah dulu sajiannya. Lagi pula tidak baik apabila saat sedang makan, Anda mengoperasionalkan laptop secara bersamaan.

Begitulah cara membersihkan layar laptop Anda dengan rapi dan murah. Di samping itu, Anda bisa memilih proteksi apa saja yang terbaik untuk Anda gunakan. Merawat itu lebih baik daripada memperbaiki bukan? 

Jadi, semoga informasi dalam artikel yang berjudul Cara Membersihkan Layar Laptop ini bermanfaat untuk Anda. 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama