3 Tips Memilih Velg Mobil

 

3 Tips Memilih Velg Mobil

3 Tips Memilih Velg Mobil - Dalam artikel ini saya ingin membagikan info teraktual mengenai tips memilih velg mobil yang benar.

Velg pada sebuah mobil ibarat sepatu di kaki manusia yang berfungsi sebagai alat pijak ke permukaan jalan, dan jika ukurannya kurang tepat akan dapat mengganggu kenyamanan saat berjalan. 

Itulah sebabnya, jika Anda memutuskan untuk mengganti velg standar dengan model aftermarket, janganlah terburu nafsu saat melihat model yang ditawarkan, akan tetapi pahami terlebih dahulu spesifikasi, keuntungan dan kerugiannya terlebih dahulu.

"Kebanyakan konsumen awam melihat velg berdasarkan motif, jika dia suka maka dia bayar. Tapi berbeda jika calon pembeli datang dari pecinta modifikasi mobil yang sedikit banyak mengerti soal velg, kebanyakan mereka lebih bijaksana dalam memilih," kata Santo selaku front office dari Permaisuri Ban di Jl. Mahakam I, No.5, Jaksel.

Di bawah ini kita akan membahas satu per satu tips memilih velg mobil dengan benar, antara lain:

1). Perhatikan Spesifikasi Velg

Tiap velg mobil memiliki ukuran PCD (Pitch Centre Diameter) yang berlainan, dimana ukuran PCD velg ditetapkan dari jarak antara lubang baut satu dengan yang lainnya dan dapat dilihat pada spesifikasi yang tertera di velg seperti jika pada velg tertulis 4X100, itu berarti velg terdiri dari 4 hole dengan PCD 100 mm.

Perhatikan juga offset yang merupakan ukuran jarak antara bagian dalam tengah velg dengan permukaan mounting (dudukan) velg pada kaki-kaki mobil.

"Gambaran umum yang mudah dimengerti, offset merupakan ukuran keluar atau masuknya velg dari fender atau spatbor mobil," kata Santo.

Ukuran offset menentukan jarak keluar atau masuknya bibir luar velg dari fender mobil, karena dipengaruhi ketebalan lingkaran tengah pada bagian dalam velg yang akan bersinggungan dengan permukaan mounting velg mobil.

Semakin kecil nilai offset, bibir luar velg semakin keluar dari fender dan sebaliknya, semakin besar nilai offset bagian depan velg akan semakin ke dalam fender.

Anda juga harus memperhatikan ukuran diameter dan lebar velg sebab setiap mobil memiliki ukuran velg maksimal dan itulah sebabnya jika Anda memutuskan untuk mengganti velg dengan ukuran lebih besar dari sebelumnya, peningkatan ukuran velg yang ditoleransi adalah sebanyak 3 tahap atau dikenal dengan istilah up size +3. Lebar velg juga harus disesuaikan dengan batas maksimal mobil

2). Perhatikan Aterial Velg

Velg aftermarket biasanya memiliki material yang beraneka macam dan lazimnya terbuat dari jenis logam ringan seperti billet steel, forged alloy ataupun magnesium dan velg dari bahan tersebut memiliki berat utuh yang lebih ringan dibandingkan dengan velg standar yang umumnya terbuat dari material baja (lebih berat).

Dengan mengaplikaskkan velg yang lebih ringan pada mobil Anda, Anda dapat mengurangi bobot keseluruhan mobil tanpa mengesampingkan daya tahan velg itu sendiri. Dan dengan keseluruhan nilai berat mobil yang berkurang, otomatis berpengaruh juga pada kerja mesin yang tidak terlalu berat dalam memutar roda.

Beberapa contoh merk velg mobil aftermarket misalnya Enkei, Speedline, TRD, Mugen dan Weld Racing yang tersedia mulai dari ukuran 14 hingga 19 inci dengan harga bervariasi mulai dari Rp 5 jutaan ke atas per set.

3). Perhatikan Model Velg

Memilih model velg juga merupakan hal yang penting dan tak dapat dipungkiri, model suatu velg dapat meningkatkan keanggunan dan gaya mobil Anda. Itulah sebabnya Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan serta selera dan Anda dapat memilih aliran off road, touring, sporty look atau elegance.

Saat ini di pasar aftermarket tersedia berbagai pilihan model velg mulai dari yang berbentuk satu bagian (one piece) hingga tiga bagian (three pieces), namun kedua jenis velg tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Model one piece biasanya lebih tahan lama karena modelnya hadir dalam bentuk utuh, namun model tersebut biasanya memiliki bobot lebih berat dan tidak banyak pilihan motif. 

Sedangkan model three pieces unggul dalam hal komponen pengganti, dimana bila salah satu bagian velg rusak, bagian tersebut dapat diganti dengan yang baru atau dengan kata lain, Anda tidak perlu repot mengganti seluruh roda. 

Selain itu velg model 3 potong tersebut terkenal memiliki bobot ringan sehingga dapat mendukung kinerja mobil, namun model three pieces tersebut memiliki kelemahan, yaitu tidak sekokoh model one piece.

Beberapa contoh velg keluaran Eropa yang ditawarkan dengan konsep three piece diantaranya AMG, Carlsson ataupun Project Kahn dan sebagai alternatif lainnya tersedia merek DPE, Vellano maupun HRE yang merupakan produk buatan Amerika Serikat.

Biasanya velg model 3 bagian tersebut memiliki ukuran relatif besar mulai dari R 19 hingga R 22 inci dengan kisaran harga yang ditawarkan mulai dari Rp 60 jutaan ke atas (4 pieces).

Model one pieces lebih banyak pilihan merek dan motifnya, seperti K-Speed, Pegassus, BBS, Enkei, Lorinser ataupun 5 Zigen dan untuk ukuran R 16 hingga R 18 inci harganya berkisar Rp 3 jutaan sampai Rp 5 jutaan rupiah.

Demikianlah 3 tips memilih velg mobil yang benar, semoga bermanfaat dan berguna untuk Anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama